Efek Samping berbahaya dari penggunaan Kosmetik!

Efek samping dari kosmetik ternyata tidak hanya berbahaya untuk kulit saja, melainkan juga berbahaya untuk kesehatan tubuh yang lainnya. Riasan atau kosmetik yang digunakan pada mata misalnya, riasan tersebut dapat merugikan mata jika kosmetik tersebut sudah kadaluwarsa bahkan jika kosmetik tersebut digunakan dengan cara yang tidak bersih.

Tidak ada yang lebih baik daripada produk kecantikan yang efektif dan mudah digunakan. Disisi lain, tidak ada yang lebih buruk daripada produk kecantikan yang membuang-buang waktu dan uang. Berikut adalah bahaya yang ditimbulkan kosmetik.

1. Menyebabkan Kanker

Efek samping yang paling mengancam penggunaan kosmetik yang berlebihan adalah kanker kulit. Lipstik mengandung aluminium yang dapat menyebabkan anemia jangka panjang dan bahkan dapat menyebabkan intoleransi glukosa. Banyak produk yang mengandung bahan kimia seperti zinc oxide dan barium sulfat yang beracun dan dapat mengakibatkan kegagalan organ, terutama ginjal dan hati.

Kosmetik seperti pelembab tubuh dapat mengganggu konten tiroid tubuh. Paraben, pengawet yang digunakan dalam kosmetik telah dikaitkan dalam penelitian untuk penyebab kanker.

2. Menyebabkan Penyakit Paru

Bahan kimia yang digunakan dalam kosmetik sering terhirup, terutama dari wewangian atau bubuk farfum yang dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan paru-paru. Make-up tebal juga sering memicu kondisi paru-paru bila terhirup. Bahan-bahan kimia dalam bedak, seperti silikat bedak dapat menyebabkan alergi dan infeksi paru-paru.

Kosmetik berdasarkan bubuk yang terhirup dapat tersaring dalam jaringan paru-paru kita, bubuk bedak tersebut juga dapat melakukan perjalanan melalui sistem reproduksi kita, dan menyebabkan kerusakan jaringan paru-paru.

3. Kerusakan Organ Reproduksi

Kosmetik tertentu seperti sabun mandi, atau minyak dapat mempengaruhi organ-organ reproduksi dan bahkan menyebabkan kemandulan. Bedak, jika dihirup dapat melakukan perjalanan ke sistem reproduksi anda sehingga dapat mempengaruhi siklus menstruasi dan menyebabkan ketidakseimbangan pada jaringan yang lainnya.

Chemicals seperti phthalates dan paraben, yang digunakan secara luas dalam kosmetik sudah menjadi masalah umum terkait sistem reproduksi wanita yang dapat mengganggu hormon reproduksi, berisiko untuk sistem reproduksi dan gangguan tiroid. Kosmetik seperti sabun mandi dapat menyebabkan infeksi vagina atau kanker bahkan dapat menjadi pemicu timbulnya penyakit kanker ovarium jika dibawa dalam kontak langsung dengan organ-organ anda.

4. Alergi Kulit

Kosmetik seperti deodoran dan antiperspirant mengandung alkohol dan dapat menyebabkan kemerahan, iritasi, dan gatal-gatal yang akhirnya dapat menyebabkan pigmentasi kulit. Deodoran juga dapat menutup kelenjar keringat dan menyebabkan kondisi seperti dermatitis kontak dan alergi.

Reaksi alergi terhadap krim atau tabir surya dapat menyebabkan perubahan warna permanen pada kulit atau bahkan kerusakan parah. Dari ruam pada kulit, peradangan pada kulit, akibat dari kosmetik yang salah dan tidak kompatibel dengan jenis kulit anda yang dapat memiliki dampak yang mendalam seperti kulit yang panas dan terasa seperti terbakar.

5. Keracunan Timbal

Ketika anda menggunakan lipstik maka secara tidak langsung anda sudah keracunan timbal. Lipstik terbuat dari beberapa konten yang sangat berbahaya termasuk timah dan minyak mineral. Penggunaan lipstik dapat menyebabkan beberapa kemungkinan kerusakan otak, kelainan yang terjadi pada perilaku, peningkatan tekanan darah, pendengaran, gangguan penglihatan dan kerusakan saraf . Meskipun pada sebagian lipstik terdapat kandungan timbal yang aman.

6. Kerontokan Rambut

Shampoo, conditioner, gel dan serum memang dapat membuat rambut anda terlihat sempurna. Namun, hal tersebut hanya bersifat sementara karena dalam jangka panjang penggunaan bahan-bahan tersebut akan memiliki dampak yang serius pada rambut.

Seperti menyebabkan rambut rontok, ketombe berlebihan, penipisan rambut atau kemerahan dari kulit kepala. Hairsprays bahkan lebih berbahaya karena dapat menyebabkan kerusakan kulit kepala dan perubahan warna permanen pada rambut. Pewarna rambut adalah racun yang memiliki reaksi alergi yang dapat menyebabkan rambut dan kulit kepala seperti terbakar, kemerahan, kulit kepala gatal, kesulitan bernafas dan pembengkakan wajah.

Untuk mencegah kerontokan pada rambut anda, anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang tidak akan menimbulkan reaksi buruk pada rambut. Karena jika anda menggunakan bahan-bahan yang mengandung zat kimia di dalamnya, dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti kanker, kegagalan reproduksi, kerusakan paru-paru, dan penyakit berbahaya lainnya.

7. Menyebabkan Penuaan

Bahan kimia yang digunakan dalam makeup berkontribusi pada penuaan kulit anda karena kulit wajah akan berubah kering sehingga tidak ada minyak alami dan vitamin penting serta mineral yang hadir dalam kulit anda. Hal ini menyebabkan kulit anda kehilangan kelembapan dan tekstur yang alami, sehingga mulai mengembangkan keriput dan patch kering.

Penggunaan berkepanjangan makeup akan membuat kulit anda terlihat lebih tua daripada yang sebenarnya. Selain itu juga, anda hampir tidak mungkin untuk mendapatkan cahaya muda kembali. Sebenarnya jika anda pencinta kopi, anda bisa menggunakan kopi untuk menjaga kecantikan kulit anda.

Cukup dengan mengkonsumsi kopi maka anda akan mendapatkan manfaat pada kecantikan wajah anda, dapatkan juga manfaat kopi untuk kecantikan bagian tubuh lainnya.

8. Menyebabkan kulit berminyak

Beberapa bubuk bedak cenderung mengeringkan kulit anda sehingga membuatnya terlihat bersisik, kusam dan pucat. Kosmetik tersebut juga dapat menyebabkan retak dan kerutan halus di kulit anda, yang mana kerutan tersebut dapat menyebabkan infeksi untuk berkembang.

Makeup berbasis minyak dapat menyebabkan kulit wajah anda menjadi menggumpal dan memiliki lipatan, terutama di sekitar kelopak mata anda. Kosmetik seperti ini akan meninggalkan deposit minyak yang akan menghasilkan kulit menjadi berminyak dan tebal. Untuk mengatasi kulit kering atau kulit berminyak dalam hal ini, anda harus melakukan pembersihan dan pelembab yang tepat.

Selain itu, untuk melindungi wajah anda dari berbagai bahaya kosmetik, anda juga bisa menggunakan ramuan alami untuk kecantikan kulit sehingga anda akan mendapatkan dua keuntungan. Pertama, anda terhindar dari efek samping berbahaya yang di timbulkan kosmetik dan yang kedua anda juga dapat memiliki kulit mulus secara alami tanpa ada bahan campuran dari kimia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *