Fakta berbahaya konsumsi ikan salmon untuk kesehatan

Mungkin anda sering mendengar berbagai manfaat dari ikan yang satu ini, namun anda juga harus tahu dampak buruk yang sangat berbahaya yang di timbulkan ikan salmon tersebut. Memang ikan salmon memiliki kandungan yang baik untuk tubuh seperti lemak omega-3, vitamin A, B, dan B12. Tetapi, perlu anda ketahui juga apapun yang di konsumsi secara berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan anda. Berikut adalah beberapa dampak yang berbahaya yang terdapat dalam ikan salmon bagi kesehatan manusia.

Zat logam merkuri

Ikan salmon berbahaya untuk di konsumsi karena di dalam tubuh ikan salmon juga terdapat zat logam merkuri dan polychlorinated biphenyls yang dapat memicu terjadinya penyakit kanker pada manusia, kemudian juga bisa menghambat pertumbuhan janin pada ibu hamil. Untuk itu, jika anda ingin mengkonsumsi ikan salmon, anda juga harus mencari tahu bahayanya, karena tidak semua ikan laut itu memiliki dampak yang baik bagi tubuh manusia.Dan hal ini terjadi karena adanya pencemaran lingkungan di area tempat hidupnya ikan salmon yang mengakibatkan tersaringnya merkuri pada tubuh ikan ini.

Racun

Apakah anda ingin tubuh anda di penuhi dengan racun? ikan salmon juga memiliki kandungan kimia yang tinggi seperti arsenik, merkuri, PCB, DDT, dan dioxin. Meski ikan salmon baik untuk tubuh tetapi ikan salmon juga memiliki dampak yang cukup buruk untuk tubuh. Residu kimia yang ditemukan dalam daging salmon bisa sebanyak 9 juta kali dari air di mana mereka tinggal, apalagi jika air tersebut tercemar. Racun PCB adalah racun yang paling berbahaya bagi kesehatan karena dapat menyebabkan penyakit pada sistem saraf dan memberikan kontribusi untuk berbagai penyakit luar, seperti lupa dan vertigo, termasuk kanker, kemandulan, dan masalah seksual lainnya.

Kutu laut

Ikan salmon fakta nya memiliki kandungan kutu laut dalam tubuhnya, terutama pada bagian tulang wajah ikan tersebut. Salmon juga secara rutin selalu mempertahankan luka pada tubuhnya, dan itu kondisi yang umum pada ikan salmon. Untuk itu jika ikan salmon ini terluka kemudian kita mengkonsumsi nya, itu sama saja dengan memasukkan racun pada tubuh kita.

Kerusakan otak

Ketika ibu hamil mengkonsumsi ikan salmon, maka mereka baru saja memasukkan racun untuk janin yang di kandungnya, karena mengkonsumsi ikan salmon saat hamil akan merusak otak bayi yang ada di dalam kandungan. Sebuah studi juga telah membuktikan bahwa ibu hamil yang sering mengkonsumsi ikan salmon, maka bayi yang di lahirkan nya sering sekali telat berbicara, berjalan, mengembangkan keterampilan motorik, serta memiliki daya ingat yang lemah. Harvard School of Public Health menemukan bahwa mengkonsumsi ikan salmon dapat menyebabkan gangguan permanen fungsi otak pada anak-anak, baik di dalam rahim dan saat mereka tumbuh.

Merusak kesehatan

Ikan salmon adalah ikan yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit kanker dan bisa membuat anda sakit parah. Di amerika serikat memperkirakan bahwa 800.000 orang akan terkena kanker seumur hidup karena terlalu sering mengkonsumsi ikan salmon. Daging ikan salmon juga mengandung kadar kolesterol tinggi yang bisa merusak dan menyumbat arteri serta membunuh kandungan lemak baik dalam tubuh. Ikan salmon juga dapat meningkatkan risiko terkena diabetes dan obesitas.

Penelitian telah membuktikan bahwa lemak yang terdapat pada ikan salmon dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh manusia yang dapat memicu terjadinya penyakit usus besar, dan tulang ikan salmon dapat memicu terjadinya penyakit osteoporosis dan batu ginjal. Sebuah studi di Amerika Serikat mengatakan bahwa anak-anak, wanita usia subur, ibu hamil, dan ibu menyusui harus menghindari ikan salmon jika mereka khawatir dengan gangguan kesehatan seperti penurunan IQ dan efek kognitif dan perilaku lainnya.

Sodium berbahaya

Ikan salmon mengandung yodium yang sangat berbahaya untuk tubuh jika di konsumsi. Jika tubuh manusia mengandung yodium yang tinggi maka akan meningkatkan tekanan darah dan risiko terkena penyakit stroke. Apalagi jika anda memiliki penyakit ginjal yang kronis, maka hal tersebut dapat memperburuk keadaan anda.

Bahan kimia

Selain dari yodium, ikan salmon juga mengandung bahan kimia dalam dagingnya. Apalagi jika anda mengkonsumsi ikan salmon asap, itu akan membuat anda menelan hidrokarbon aromatik polisiklik, yaitu bahan kimia yang dapat meningkatkan risiko kanker. Hidrokarbon aromatik polisiklik dapat menjadi faktor predisposisi dalam penyebab kanker payudara, menurut sebuah artikel di Lingkungan dan Molekuler Mutagenesis” pada tahun 2002.

Bakteri Listeria monocytogenes

Salmon yang di olah sebagai salmon asap memiliki bakteri yang dapat meningkatkan risiko infeksi fatal. Para peneliti dalam studi di “International Journal of Food Microbiology”  melaporkan bahwa bakteri Listeria monocytogenes dapat tumbuh pada ikan salmon, dan itu lebih bahaya dari kandungan yang terdapat dalam rokok.  Listeriosis, adalah istilah yang digunakan untuk infeksi yang disebabkan oleh bakteri Listeria monocytogenes, yang ditandai dengan diare, demam tinggi, nyeri otot dan kejang-kejang dan memengaruhi perempuan terutama perempuan hamil, bayi baru lahir, orang dewasa yang lebih tua dan orang dewasa dengan sistem kekebalan yang lemah. Infeksi menyebabkan kematian pada sekitar 16% dari mereka yang mengalami sakit parah. Bahkan ketika salmon asap disimpan di lemari es anda, bakteri Listeria monocytogenes akan terus tumbuh.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *