Fakta gizi dan Manfaat Kesehatan dari Biji Labu

Biji labu adalah salah satu benih yang biasanya di panggang kemudian di konsumsi. Biji labu merupakan bahan yang umum dalam masakan meksiko yang sering di makan sebagai cemilan yang sehat. Berikut ini adalah fakta gizi dan manfaat kesehatan dari biji labu yang perlu anda ketahui.

Manfaat Kesehatan dari Biji Labu

1. Menurunkan kolesterol

Ini adalah fakta, bahwa biji labu dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Mengkonsumsi biji labu secara rutin dapat membantu anda untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh anda. Dalam sebuah studi juga telah di jelaskan bahwa di dalam biji labu terdapat kandungan obat alternatif untuk menurunkan kolesterol jahat sehingga tubuh manusia tidak lagi memproduksi terlalu banyak kolesterol jahat.

Cara untuk mengkonsumsi biji labu juga sangat mudah, anda cukup mengkonsumsi 2 sampai 4 sendok makan biji labu yang sudah di panggang kering setiap hari untuk membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh anda. Pastikan untuk tidak menambahkan garam tambahan pada biji labu yang anda panggang.

2. Mengatasi Artrhitis

Minyak yang terdapat dalam biji labu memiliki efek anti inflamasi yang dapat mengobati arthiritis. Terutama pada penderita Osteoarthiritis dan Rheumatoid arthritis. Minyak yang di hasilkan dari biji labu tersebut bisa anda oleskan kebagian badan yang mengalami nyeri sehingga rasa nyeri yang anda alami dapat berkurang tanpa efek samping sedikitpun.

Pada penelitian yang di lakukan tahun 1995 yang di terbitkan dalam Journal Pharmacology Research mengatakan bahwa biji labu ditemukan sama efektifnya dengan Indometasin yaitu obat anti inflamasi dalam mengobati arthritis.

3. Meningkatkan kesehatan kandung kemih dan Prostat

Biji labu mendukung kesehatan dan fungsi kandung kemih serta dapat memerangi gejala penyakit yang berhubungan dengan kandung kemih. Selain itu biji labu juga dapat membantu mengobati pembesaran prostat yang sering di kenal dengan Benign prostatic Hyperplasia.

Biji labu memiliki senyawa yang di kenal sebagai pitosterol yang membantu mengecilkan pembesaran prostat. Kandungan yang tinggi dalam biji labu dapat meningkatkan kesehatan prostat, meningkatkan aliran saluran kemih, dang mengurangi frekuensi kencing pada malam hari.

4. Melindungi Tulang

Sumber yang kaya akan magnesium merupakan ciri dari biji labu, karena biji labu begitu banyak memiliki kandungan magnesium di dalamnya yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan tulang dan menghindari anda untuk terkena penyakit Osteoporosis. Pada tahun 2005 sebuah studi mengatakan bahwa terdapat hubungan antara asupan magnesium yang tinggi dengan kepadatan mineral tulang yang lebih tinggi.

Pernyataan tersebut di kemukakan pada Journal Of American Geriartics Society. Kemudian kandungan fosfor yang terdapat pada biji labu merupakan pelindung tulang untuk menghindari penyakit osteoporosis. Mengkonsumsi 1 cangkir biji labu yang sudah di bubukan dan di campur dengan air dapat mengurangi anda atau bahkan menghindari anda dari penyakit osteoporosis.

5. Mencegah insomnia

Kandungan triptofan dan asam amino yang terdapat dalam biji labu telah di gunakan untuk mengobati insomnia kronis. Tubuh dapat mengubah triptofan yang terdapat dalam biji labu menjadi Serotonin. Dengan begitu hormon dalam tubuh akan merasa lebih baik dan akan membuat anda tertidur pulas.

Mengkonsumsi triptofan dari biji labu sebanding dengan triptofan yang di perlukan tubuh untuk memproduksi melatonin dalam tubuh. Oleh sebab itu, jika anda menderita insomnia mungkin akan lebih baik jika anda mengkonsumsi beberapa butir biji labu yang sudah di panggang atau sepotong kecil “labu” nya, hal tersebut mungkin bermanfaat untuk anda agar anda mendapatkan tidur yang pulas pada malam hari, ketahui juga penyebab dari insomnia itu sendiri supaya anda tidak salah mengambil tindakan.

6. Menjaga kehamilan

Diperkirakan bahwa 80% perempuan di seluruh dunia memiliki asupan zinc yang tidak cukup pada tubuhnya. Hal tersebut terjadi karena di picu oleh rendahnya tingkat seng yang mengubah tingkat sirkulasi dari beberapa hormon yang terkait dengan awal persalinan. Kandungan seng yang terdapat dalam biji labu dapat membantu anda untuk mengatasi hal tersebut, kandungan seng dalam biji labu juga sangat penting untuk fungsi kekebalan tubuh normal dan pencegahan infeksi rahim.

Dimana jika infeksi rahim terjadi maka anda kemungkinan besar akan memiliki kelahiran bayi yang prematur. Anda juga dapat mencari bagaimana cara untuk menjaga kehamilan agar anda bisa terhindar dari hal-hal yang dapat membahayakan anda, karena bukan satu faktor saja yang dapat menimbulkan suatu penyakit namun masih banyak lagi faktor yang lainnya.

7. Menjaga kesehatan jantung

Melalui proses yang mungkin melibatkan produksi oksida nitrat, minyak biji labu menunjukkan efek anti-hipertensi dan kardio protektif. Artinya, biji labu dapat melindungi anda dari penyakit jantung atau serangan jantung. Biji labu juga dapat mengurangi tekanan darah tinggi pada wanita menopause. Pernyataan tersebut di benarkan oleh para peneliti yang dipublikasikan di Klimakterik The Journal of International Menopause.

8. Membantu pasien kanker

“Tidak ada obat untuk kanker” Apa tanggapan anda untuk pernyataan tersebut? Mungkin anda akan merasa sedih jika anda mendengar pernyataan tersebut apalagi jika anda seorang penderita kanker. Namun minyak yang terdapat dalam biji labu telah terbukti dalam beberapa penelitian untuk mendukung kesehatan pasien penderita kanker atau dapat juga menurunkan risiko penyakit kanker.

Biji labu merupakan salah satu benih sayuran yang terbukti dapat mengurangi faktor risiko kanker payudara pada wanita pasca menopause. Kandungan minyak yang terdapat dalam biji labu menjadikan minyak tersebut sebagai obat yang dapat mengurangi efek karinogen tertentu, yang menjadikan minyak biji labu tersebut sebagai pengobatan alami anti kanker.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *