Fakta Menarik yang Harus Kamu Ketahui tentang Osteoporis

Ketika anda mengalami suatu penyakit, tentu akan ada fakta yang harus anda ketahui tentang penyakit tersebut. Mengapa demikian? Hal tersebut dianggap penting supaya anda mengetahui hal yang belum anda ketahui mengenai penyakit yang anda derita. Seperti halnya penyakit Osteoporosis ini, selain ada cara membangun tulang untuk menghindari Osteoporosis, ada juga fakta menarik yang harus anda ketahui tentang penyakit Osteoporosis. Penasaran dengan faktanya? baca artikel ini sampai selesai maka anda akan mengetahui fakta tentang Osteoporosis.

Fakta menarik tentang Osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit tulang. Osteoporis itu sendiri memiliki arti “tulang keropos”. Orang-orang yang menderita penyakit Osteoporis akan membuat jaringan tulang yang lebih sedikit dari orang yang normal pada umumnya. Jika anda menderita penyakit Osteoporosis maka tidak akan menutup kemungkinan anda juga akan terkena komplikasi yang di sebabkan oleh penyakit Osteoporosis.

1. Osteoporosis meningkatkan risiko patah Tulang

Orang dengan penyakit Osteoporosis lebih mungkin untuk mengalami patah tulang. Sebuah studi juga menunjukkan bahwa wanita memiliki kemungkinan besar untuk mengalami patah tulang saat terkena Osteoporosis dan biasanya terjadi di pinggul, tulang belakang, atau bahkan di pergelangan tangan.

2. Wanita lebih mungkin mengembangkan Osteoporosis

Pria memiliki kepadatan tulang yang lebih besar di bandingkan dengan wanita, artinya wanita lebih rentan mendapatkan Osteoporosis daripada laki-laki di kemudian hari. Dengan faktor usia, tulang pada wanita akan secara bertahap untuk mengembangkan penyakit Osteoporosis yang dapat menyebabkan tulang menjadi keropos dengan berjalannya waktu. Selain itu, wanita memiliki massa tulang yang kurang jika dibandingkan massa tulang yang dimiliki oleh pria.

3. Kalsium dan Vitamin D adalah kunci kepadatan Tulang

Ketika manusia mengalami kekurangan asupan vitamin D dan kalsium yang tidak seimbang, maka secara perlahan tulang akan mulai keropos dan tidak akan dipercaya lagi kepadatannya. Karena kepadatan tulang manusia bergantung pada kalsium dan vitamin D. Tubuh manusia memerlukan penyerapan kalsium sekitar 500 mg kalsium dalam satu harinya. Selain itu anda juga membutuhkan vitamin D  yang membantu penyerapan kalsium. Asupan vitamin D pada orang dewasa yang sehat adalah sekitar 1.000 mg, namun jika anda hidup di wilayah yang tidak ada banyak sinar matahari mungkin anda memerlukan 2.000 mg asupan kalsium pada tubuh anda karena dapat berisiko tinggi untuk mengalami penyakit Osteoporosis.

4. Osteoporosis dapat menyebabkan kematian

The National Osteoporosis Foundation memperkirakan bahwa sekitar 24% dari sekitar 300.000 orang yang mengalami patah tulang setiap tahun meninggal dalam waktu satu tahun. Banyak orang lain menderita depresi yang sangat serius dan menarik diri dari masyarakat karena mereka begitu sedih ketika mendengar bahwa mereka memiliki patah dan keropos pada tulang. Patah tulang pinggul adalah salah satu konsekuensi paling serius dari Osteoporosis yang dapat menyebabkan kematian.

5. Menyebabkan hilangnya massa Tulang

Massa tulang akan menjadi ganda pada saat kelahiran dan pada saat usia dua tahun kemudian akan menjadi ganda lagi ketika manusia sudah berusia sepuluh tahun dan penggandaan itu akan terus meningkat sampai manusia mengalami pubertas dan sampai manusia berusia 30 tahun. Ketika manusia memiliki penyakit Osteoporosis pada saat massa penggandaan tulang sudah mencapai tingkatan yang maksimum, maka jaringan tulang akan hilang dan jaringan tulang yang hilang tersebut akan digantikan selama remodeling tulang yang dapat mengakibatkan hilangnya 5 sampai 10% massa tulang dalam kehidupan secara bertahap.

6. Osteoporosis dapat terjadi pada wanita Menopause

Satu studi telah menunjukkan bahwa Osteoporosis dapat terjadi pada wanita menopause. Ketika wanita yang mengalami menopause mengkonsumsi alkohol mungkin tidak akan mendapatkan kepadatan massa tulang sekitar 5 sampai 10% lebih tinggi dari wanita pasca menopause yang tidak mengkonsumsi alkohol. Artinya, wanita menopause yang sering mengkonsumsi alkohol dapat menyebabkan keropos pada tulang. Ini terjadi karena alkohol dapat menghambat hormon reabsorpasi tulang pada wanita menopause.

7. Osteoporosis memiliki keterkaitan dengan Diabetes

Para ilmuwan percaya bahwa ada hubungan antara kadar gula yang tinggi dalam darah penderita diabetes dan Osteoporosis. Diabetes yang tidak terkontrol, dalam jangka panjang dapat menyebabkan peningkatan yang signifikan lebih tinggi dari Osteoporosis pada pria dan wanita yang menderita penyakit diabetes.

8. Osteoporosis dapat disebabkan dari lemak perut

Wanita dan laki-laki yang memiliki lemak perut akan lebih mungkin dan berisiko tinggi untuk mengembangkan Osteoporosis. Selama bertahun-tahun masyarakat telah meyakini bahwa obesitas pada wanita lebih berisiko rendah untuk terkena Osteoporosis di bandingkan dengan wanita yang memiliki lemak perut yang dapat menyebabkan hilangnya massa tulang. Sebuah studi menyatakan bahwa memiliki lemak perut yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada kesehatan tulang. Selain itu, obesitas pada pria dapat menyebabkan penurunan kekuatan dan keropos pada tulang. Miriam Bredella, MD, ahli radiologi di Rumah Sakit Umum Massachusetts dan profesor radiologi di Harvard Medical School di Boston mengatakan bahwa ” Sangat penting bagi kaum pria untuk menyadari bahwa kelebihan lemak perut tidak hanya menimbulkan faktor risiko untuk penyakit jantung dan diabetes, kelebihan lemak perut juga merupakan faktor risiko keropos tulang”. Bagaimana? Masih mau memiliki lemak di perut? Atau anda bingung bagaimana cara menghilangkan lemak di perut? Olahraga mungkin akan membantu anda!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *