Faktor penyebab timbulnya ruam pada kulit

Ruam adalah perubahan atau inflamasi warna dan tekstur pada kulit. Ruam di kulit biasanya di sebabkan oleh peradangan yang terjadi pada kulit manusia. Ada jenis-jenis ruam yang harus anda ketahui seperti eksim, granuloma annulare, lichen planus, dan pitiriasis rosea.

Penyebab terjadinya Ruam pada Kulit

1. Eksim

Eksim merupakan istilah lain dari peradangan kulit. Eksim dapat menyebabkan timbulnya ruam pada kulit anda dan penyakit eksim ini tidak menular meski bisa terjadi pada anak-anak dan orang dewasa.

2. Dermatitis kontak

Ini adalah penyakit kulit yang dapat menimbulkan terjadinya ruam di kulit anda, penyakit ini di sebabkan oleh zat-zat kimia seperti yang terdapat dalam detergen, sabun mandi, kosmetik, dan produk baru untuk perawatan kulit anda.

3. Infeksi jamur

Meski sebagian jamur sebenarnya tidak berbahaya bagi manusia, namun jamur juga dapat menimbulkan terjadinya ruam pada kulit, ini terjadi karena jamur berkembang biak dan melepaskan spora yang terdapat di dalam jamur.

4. Gatal-gatal

Ruam yang terdapat di kulit akibat dari gatal-gatal ini akan hilang dalam waktu satu hari, namun walau pun bisa hilang dalam sehari, gatal-gatal ini akan terjadi secara berulang-ulang dan menyebabkan kulit lecet dan iritasi.

5. Ruam akibat gigitan serangga

Ketika kita terkena gigitan serangga selain rasa gatal yang di timbulkan, gigitan tersebut akan menimbulkan terbentuknya ruam pada kulit anda, dan itu cukup berbahaya karena bisa menimbulkan penyakit yang lainnya.

Gejala Timbulnya Ruam pada Kulit

Ruam akan timbul pada kulit jika anda memiliki beberapa gejala di bawah ini,meski pun ada ruam yang bisa timbul di kulit tanpa memiliki gejala. Gejala timbulnya ruam pada kulit diantaranya yaitu :

  • Kulit terasa gatal
  • Kulit berubah warna menjadi kemerahan
  • Kulit akan bersisik dan kering
  • Kulit berisi cairan dan melepuh ketika tergores
  • Infeksi kulit yang terluka

Ruam juga bisa terbentuk jika anda memiliki penyakit kawasaki, yaitu penyakit yang dapat menyebabkan inflamasi pada dinding pembuluh darah yang biasanya terjadi pada anak-anak di bawah usia lima tahun. Ruam pada umumnya bisa di sembuhkan jika anda menghindari berbagai penyebab yang dapat menimbulkan alergi, dan iritasi pada kulit dalam waktu yang lama bahkan bisa terjadi berulang kali. Ruam kulit yang di sebabkan oleh kondisi kesehatan anda yang buruk dapat menimbulkan ruam itu tidak akan hilang seumur hidup, dan hal ini sering di sebut dengan psoriasis.

Mencegah Timbulnya Ruam pada Kulit

1. Menghindari kegiatan yang dapat menguras keringat. Karena ruam akan timbul ketika pori-pori kulit yang berfungsi untuk mengeluarkan keringat dari dalam tubuh itu tersumbat. Ketika penyumbatan itu terjadi maka keringat anda tidak akan menguap tetapi akan terjebak di bawah kulit dan dapat menimbulkan ruam pada kulit anda.

2. Menghindari olahraga berat ketika cuaca lembab dan panas. Karena keringat yang di keluarkan oleh tubuh saat berolahraga akan menyebabkan timbulnya ruam pada sekitar bagian-bagian tertentu seperti ketiak.

3. Menghindari pakaian yang terlalu ketat. Karena pakaian yang terlalu pas dengan badan kita akan menyebabkan tubuh terasa panas dan menyebabkan ruam pada kulit.

4. Mengkonsumsi air putih. Selain anda harus menjaga kebersihan diri, anda juga harus banyak minum air putih. Karena air dapat membantu mengembalikan fungsi yang hilang di dalam tubuh dan bisa mencegah anda dari dehidrasi.

5. Menjaga kebersihan lipatan kulit. Karena lipatan kulit yang terkena gesekan dari baju dapat menyebabkan kulit iritasi. Terutama di daerah di mana kulit dapat bergesekan dengan kulit yang lainnya seperti di selangkangan, di bawah lengan, diantara paha, dan diantara jari-jari kaki.

Mengobati Ruam pada Kulit

1. Lidah buaya. Gel yang terdapat di dalam lidah buaya dapat menjaga kelembapan pada kulit anda, selain itu gel dari lidah buaya ini bisa mengurangi rasa gatal yang terdapat di kulit.

2. Jika di kulit anda sudah terdapat ruam, anda bisa mencampurkan bawang putih dengan air cuka. Caranya, tumbuk beberapa sihung bawang putih hingga halus kemudian tambahkan setengah cangkir cuka lalu oleskan campuran tersebut pada ruam yang terdapat di kulit anda, diamkan selama 10 menit dan bilas menggunakan air hangat.

3. Jus lemon, jus lemon sangat baik untuk di konsumsi,karena berkhasiat untuk kesehatan kulit. Caranya, jus lemon dapat di oleskan langsung ke bagian tubuh yang terdapat ruam kulit, ini akan membantu kulit yang terinfeksi dan membunuh kuman.

4.  Di kompres menggunakan air es atau es batu. Caranya,bungkus es batu menggunakan kertas tisu kemudian tempelkan pada bagian yang terdapat ruam, diamkan selama 20 menit. Gunakan kertas tisu yang baru setiap kali pengompresan untuk menghindari penyebaran ruam.

5. Daun kemangi. Daun kemangi merupakan bahan rempah alami untuk mengobati ruam pada kulit. Caranya cukup mudah, anda cukup merebus daun kemangi dengan air bersih hingga mendidih, kemudian tuangkan ke dalam wadah seperti baskom, dan anda bisa secara langsung membalutkan air rebusan tadi menggunakan kain yang bersih pada kulit yang terdapat ruam.

Selain dengan ke-5 bahan tersebut, anda juga bisa menghilangkan ruam di kulit anda secara cepat dengan menggunakan Qnc Jelly Gamat, yang mana Qnc Jelly Gamat merupakan produk herbal yang sudah terbukti khasiatnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *