Gejala Dan Cara Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Kolesterol merupakan lemak dalam tubuh yang dihasilkan hati dan sebagian besar bersumber dari makanan. Kolesterol sendiri sangat diperlukan tubuh untuk menghasilkan sejumlah hormon, asam empedu, vitamin D, mencerna lemak dan membangun sel-sel tubuh. Kolesterol akan di bawa dalam darah (lipoprotein), lipoprotein dengan kepadatan rendah (LDL) disebut kolesterol jahat dan lipoprotein dengan kepadatan tinggi (HDL) disebut kolesterol baik. LDL bertugas mengangkut kolesterol dari organ hati ke sel-sel yang membutuhkan, dan HDL mengembalikan kolesterol ke dalam hati untuk dihancurkan dan dibuang melalui kotoran.

Kelebihan kolesterol tidak baik bagi kesehatan karena bisa menempel di pembuluh darah dan membuat pembuluh darah tersumbat akibatnya aliran darah menjadi tersendat yang kemudian memicu terjadinya serangan jantung dan stroke. Namun dengan makan yang sehat kita bisa menghindari hal tersebut, seperti oats, sayur, dan buah yang mengandung tinggi serat akan mengikat sebagian lemak dan dibuang bersama BAB, tetapi yang lebih utama adalah pengaturan makanan (diet). Orang yang mempunyai bobot badan yang berat sangat beresiko tinggi terkena stroke dan serangan jantung, karena sudah bisa dipastikan kadar kolesterol yang ada di tubuhnya sangat banyak. Meskipun pada umumnya mereka tidak merasakan gejalanya, tapi jika dilakukan pemeriksaan kadar kolesterol dalam darah mereka sudah melebihi batas normal.

Kolesterol dapat diturunkan tanpa menggunakan obat-obatan, asal kita mau menerapkan pola hidup sehat dan bersedia menguruskan badan demi terhindar dari resiko penyakit jantung dan stroke. Banyak diantara kita yang enggan memeriksakan kondisi kesehatan kita sendiri karena terlalu takut, akibatnya kita tidak mengetahui penyakit apa yang kita derita dan seberapa sehatkah kita. Inilah yang menyebabkan kondisi kesehatan masyarakat kita semakin darurat. Untuk itu kita harus mengetahui ciri-ciri darah kita mengandung banyak kolesterol.

Gejala Tingkat Kadar Kolesterol Tinggi

Setiap penyakit mempunyai gejalanya tersendiri, namun tidak ada gejala yang spesifik mengenai kadar kolesterol tinggi ini, hanya saja beberapa pasien mengalami gejala yang sama, seperti :

  1. Adanya benjolan berwarna merah ( xanthomas )
  2. Kesemutan
  3. Rasa sakit pada sendi
  4. Pusing
  5. Migrain yang sering kambuh
  6. Rasa berat di tengkuk hingga rasa pegal di pundak
  7. Cepat mengantuk
  8. Mudah lelah

Semua itu disebabkan karena kurangnya oksigen yang seharusnya di bawa oleh darah. Jika jalan darah macet maka oksigen pun tidak akan sampai ke syaraf-syaraf dan sel-sel pada organ tubuh kita. Jika kondisi tersebut terus dibiarkan begitu saja maka akan menyebabkan penyakit yang serius seperti kegagalan fungsi ginjal, kerusakan penglihatan dan penyakit jantung koroner yang merupakan pembunuh nomor satu di dunia. Banyak cara untuk menurunkan kadar lemak darah yang tersumbat dalam pembuluh darah. Meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat tergolong sangat mudah, berikut tipsnya :

Cara Menurunkan Kolesterol Berlebih Dalam Darah

  • Konsumsi makanan yang mengandung licopen tinggi seperti tomat dan semangka, licopen merupakan karotenoid yang bertenggun jawab memberikan warna merah pada buah dan atau sayur. Mengkonsumsi jus tomat atau semangka bisa menurunkan kadar kolesterol hingga 10 sampai 17 %.
  • Mengkonsumsi buah mengkudu bisa menurunkan kadar kolesterol juga membersihkan darah anda, sehingga anda akan mendapatkan kulit yang bersih tanpa penyakit.
  • Bawang putih merupakan solusi terbaik untuk obat kolesterol karena mudah di dapat juga bisa ditambahkan ke dalam makanan, bawang putih bisa menurunkan kada kolesterol dalam darah hingga 12%.
  • Daun buah sukun juga bisa dijadikan obat alami bagi LDL karena mengandung anti-imflamasi yang juga berkhasiat menyehatkan jantung dan ginjal.
  • Kulit manggis yang memiliki pigmen berwarna keunguan ternyata dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi juga penyakit diabetes.
  • Mengganti beras putih dengan beras merah, jika anda penderita kolesterol tinggi sebaiknya anda mengganti asupan nasi anda dengan beras merah, selain dapat menurunkan kolesterol juga dapat mengurangi resiko terkena diabetes.
  • Gandum dan oats memiliki serat yang tinggi yang sangat berguna mengajak kolesterol ke saluran pembuangan.
  • Sayuran hijau seperti buncis, bayam, dan kacang-kacangan mempunyai zat penting yang bisa menghancurkan kolesterol jahat.
  • Mengkonsumsi Ikan salmon dan omega-3 sangat baik bagi penurunan lemak darah juga bagi kesehatan lainnya, namun jika anda ingin yang praktis anda bisa mengkonsumsi minyak ikan salmon.

Beberapa makanan yang harus dihindari apabila seseorang mengalami kolesterol tinggi, diantaranya :

  1. Goreng-gorengan, dan mentega
  2. Susu lemak tinggi, sosis atau keju
  3. Gajih sapi, gajih kambing, dan daging sapi berlemak
  4. Kepiting, kerang, udang, belut, siput memiliki kadar kolesterol yang tinggi
  5. Kuning telur, cumi-cumi, telur Puyuh, dan otak sapi
  6. Camilan, karena meskipun hanya camilan, itu juga merupakan penyebab kolesterol naik

Adapun makanan yang baik untuk meningkatkan kolesterol baik :

  • Bubur gandum/oatmeal, gandum/oatmeal mengandung serat tinggi yang dapat mengurangi tingkat kolestrol jahat yang ada dalam tubuh. Serat tinggi juga ditemukan di kacang merah, pisang, apel, pir dan buah prune. Serat ini akan mengurangi penyerapan kolesterol dalam aliran darah sehingga tidak terjadi penumpukan.
  • Yoghurt, makanan ini bebas lemak, dan kaya protein, kalsium, mikroorganisme (Lactoballius sp) yang membantu menurunkan kolesterol tinggi.
  • Coklat adalah bahan pangan untuk camilan, dan mengandung antioksidan serta flavonoid yang berguna untuk menurunkan kolesterol. Coklat juga akan melepaskan stres atau ketegangan tubuh.
  • Kacang kacangan, memakan kacang-kacangan lebih banyak dan mengurangi kentang. Karbohidrat dalam kentang akan menaikkan kadar gula dalam darah. Sementara kacang-kacangan akan memiliki banyak serat dan sedikit meningkatkan kadar gula.
  • Olahraga Teratur aktivitas fisik dapat membantu menurunkan kolesterol. Berolahraga seperti jogging, jalan sehat, bersepeda, dan lainnya akan membantu menurunkan kolesterol jahat.

Cukup mudah kan ? Bahan yang bisa kita jadikan penurun kolesterol jahat masih sangat tersedia di alam, meskipun begitu kita tidak boleh mengabaikan kesehatan. Jangan mentang-mentang obatnya masih banyak, seenaknya aja makan-makanan seperti junk food. Selamat menjalankan tipsnya, terimakasih sudah berkunjung ke wesite kami 🙂

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *