Gejala dan Penyebab Penyakit Stroke

Stroke merupakan penyebab kematian yang ke-5 dengan hasil 1 orang meninggal setiap 4 menit. Bagi orang-orang yang berkulit hitam stroke merupakan penyebab ke-3 dari kematian. Sekitar 800.000 orang mengalami stroke setiap tahunnya.

Penyakit stroke terjadi karena adanya masalah dengan pasokan darah ke otak manusia. Baik pasokan darah yang tersumbat maupun pecahnya pembuluh darah di otak. Kedua hal tersebut dapat menyebabkan jaringan pada otak mati. Ini adalah suatu kondisi yang sangat darurat dan pengobatannya juga harus dilakukan secepat mungkin.

Gejala penyakit Stroke

Perhatikan tanda-tanda dan gejala jika anda berfikir bahwa orang lain bahkan anda mungkin akan mengalami stroke. Berikut dibawah ini adalah beberapa gejala yang ditimbulkan dari penyakit stroke.

  • Memiliki masalah dengan pemahaman dan berbicara. Mungkin saja anda akan mengalami kebingungan atau bahkan mengalami kesulitan untuk memahami pembicaraan jika anda mengalami stroke.
  • Mengalami kelumpuhan atau mati rasa pada wajah, lengan dan kaki. Anda bisa mengembangkan mati rasa secara tiba-tiba, mengalami kelemahan dan kelumpuhan pada bagian wajah terutama pada sisi tubuh anda.
  • Memiliki masalah dengan penglihatan. Jika anda memiliki masalah dengan satu mata atau bahkan kedua mata anda berarti anda mengalami stroke, terutama jika tiba-tiba visi anda berubah menjadi hitam dan kabur dalam satu atau kedua mata.
  • Mengalami sakit kepala. Sakit kepala yang terjadi secara tiba-tiba bahkan sakit kepala yang begitu berat apalagi jika disertai dengan mual, muntah, pusing atau perubahan kesadaran mungkin saja anda mengalami stroke.
  • Memiliki masalah dengan kaki. Jika pada saat anda sedang berjalan, kemudian anda tersandung secara tiba-tiba atau mengalami pusing secara mendadak sampai kehilangan keseimbangan dan kehilangan koordinasi.

Penyebab penyakit Stroke

Stroke terjadi ketika pasokan darah yang menuju ke otak anda terganggu. Hal tersebut menghalangi otak anda dari nutrisi dan oksigen yang pada akhirnya dapat menyebabkan sel-sel dalam otak anda mati. Stroke juga dapat disebabkan oleh arteri yang tersumbat yang disebut dengan (stroke iskemik), sedangkan jika anda mengalami pecah pembuluh darah maka hal tersebut disebut dengan (stroke hemoragik). Penyebab umum dari stroke sebenarnya berbeda-beda tergantung dengan jenis stroke, karena stroke terbagi menjadi beberapa jenis.

Stroke Iskemik

Sekitar 85% dari stroke adalah stroke iskemik. Stroke iskemik terjadi ketika arteri ke otak anda mengalami penyumbatan sehingga membuat arteri tersebut menjadi sempit. Hal tersebut menyebabkan kurangnya aliran darah. Stroke iskemik terbagi lagi menjadi dua, dan keduanya adalah stroke iskemik yang terjadi paling sering dan umum.

  • Stroke trombolik. Terjadi ketika pembekuan darah terbentuk di salah satu arteri yang memasok darah ke otak. Bekuan tersebut dapat disebabkan akibat adanya endapan lemak atau yang sering dikenal dengan plak yang terbentuk dalam arteri sehingga menyebabkan aliran darah menjadi berkurang (Ateroseklorosis).
  • Stroke emboli. Terjadi ketika bekuan darah lainnya yang terjadi pada otak juga terjadi di dalam hati sehingga menimbulkan terjadinya pembersihan yang menyebabkan aliran darah anda tinggal di otak dengan keadaan pembuluh darah yang sempit di otak.

Stroke Hemoragik

Stroke hemoragik dapat terjadi jika pembuluh darah di otak mengalami kebocoran atau bahkan pecah. Hasil dari pecahnya pembuluh darah tersebut mengakibatkan terjadinya pendarahan di otak sehingga banyak sekali masalah yang timbul dan mempengaruhi pembuluh darah anda. Penyebab umum dari pendarahan adalah pecahnya pembuluh darah kusut secara tidak normal dan memiliki dinding pembuluh darah yang tipis pada saat lahir. Jenis dari stroke hemoragik adalah berikut ini.

  • Pendarahan Intraserebral. Dalam pendarhaan ini pembuluh darah di otak pecah dan tumpah ke dalam jaringan otak di sekitarnya. Pada akhirnya hal tersebut dapat merusak sel-sel otak. Tekanan darah tinggi dan trauma dapat menyebabkan terjadinya pendarahan intraserebral.
  • Pendarahan subrachnoid. Dalam pendarahan subrachnoid, arteri yang terdapat pada permukaan otak pecah dan tumpahan dari pecahnya arteri tersebut menyebar ke dalam ruang antara permukaan otak dan tengkorak anda. Umumnya disebabkan oleh berry yang terbentuk pada arteri kecil yang dikenal sebagai aneurisma.

Komplikasi penyakit Stroke

  • Kelumpuhan atau hilangnya gerakan otot. Anda mungkin saja akan mengalami kelumpuhan di satu sisi tubuh atau bahkan anda akan mengalami kehilangan kendali dari otot-otot tertentu. Seperti yang sering terjadi pada salah satu sisi wajah atau lengan anda.
  • Kesulitan berbicara atau menelan. Stroke dapat menyebabkan anda memiliki lebih sedikit kontrol atas otot-otot di mulut dan bergerak menuju tenggorokan. Sehingga anda akan mengalami kesulitan untuk berbicara dengan jelas dan mungkin juga anda akan mengalami kesulitan dengan bahasa.
  • Kehilangan memori atau kesulitan berfikir. Banyak orang yang telah mengalami stroke dan menyebabkan mereka menjadi kehilangan memori. Beberapa juga akan mengalami kesulitan ketika berfikir.
  • Masalah emosional. Orang-orang yang telah mengalami stroke mungkin akan lebih banyak memiliki kesulitan pada pengendalian emosi mereka, atau bahkan mereka akan mengalami depresi dan dapat mengembangkan depresi mereka menjadi suatu depresi yang begitu kronis.
  • Rasa sakit. Seorang penderita stroke sangat mungkin sekali untuk memiliki rasa sakit, mati rasa, atau sensasi aneh yang lainnya dibagian tubuh mereka yang terkena serangan stroke. Misalnya saja jika stroke menyebabkan anda kehilangan perasaan pada bagian lengan kiri, maka anda dapat mengembangkan sensasi kesemutan yang tidak nyaman di lengan kiri tersebut. Untuk menghilangkan rasa sakit, anda bisa mencoba pengobatan stroke secara tradisional.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *