Gejala, penyebab dan bahaya dari kolesterol tinggi

Penyakit kolesterol atau hiperkolesterolmia adalah penyakit yang di akibatkan oleh kolesterol yang berlebih di dalam darah yang melampaui batas normal.

Sedangkan kolesterol itu sendiri adalah senyawa lemak lilin yang sebagian besar di produksi di hati dan sebagian nya lagi di dapatkan dari makanan.

ebenarnya kolesterol sendiri sangat di butuhkan oleh tubuh untuk membangun sel-sel baru agar tubuh bisa berfungsi secara normal, dan membantu tubuh untuk memproduksi vitamin D, asam empedu untuk mencerna lemak serta sejumlah hormon. Namun, ketika di dalam darah kolesterol di bawa oleh protein,kolesterol tersebut terbagi menjadi kolesterol baik, dan kolesterol jahat untuk tubuh kita.

Penyebab dari kolesterol tinggi

  • Kebiasaan kita mengkonsumsi makanan yang tidak sehat
  • Tidak mau melakukan olahraga, kebiasaan anda yang tidak mau melakukan olahraga dapat memicu timbulnya kolesterol jahat dalam tubuh.
  • Merokok. Di dalam rokok terkandung zat kimia yang di sebut akreloin, zat kimia tersebut bisa menghentikan kolesterol yang baik dalam tubuh untuk mengangkut lemak yang tertimbun dari tubuh menuju ke hati atau di buang.
  • Melakukan diet yang salah sehingga memicu terjadinya kolesterol tinggi
  • Berat badan yang berlebihan
  • Terlalu banyak mengkonsumsi minuman keras

Gejala dari kolesterol tinggi

  1. Rasa nyeri pada leher. Jika anda mengalami rasa nyeri di leher secara tiba-tiba maka bisa di katakan bahwa kolesterol anda tinggi.
  2. Muka berwarna merah. Kulit wajah anda akan berubah warna saat kolesterol anda tinggi, warna merah pada wajah itu seperti orang yang alergi, untuk itu supaya wajah anda tidak berwarna merah, anda harus selalu menjaga kesehatan.
  3. Terjadi kram pada kaki. Ini terjadi karena adanya ketegangan pada otot.
  4. Sakit kepala. Hal tersebut terjadi jika anda kurang tidur, terlalu banyak kegiatan, atau ada faktor dari penyakit lain yang anda derita.
  5. Kesemutan. Biasanya kesemutan yang terjadi di tangan, kaki dan kepala.

Obat alami untuk menyembuhkan kolesterol tinggi

1. Sarang semut

Sarang semut ini berasal dari papua yang mengandung tokoferol dan flavonoid di dalamnya, ini sangat bagus untuk mengatasi kolesterol yang tinggi karena berfungsi sebagai anti-oksidan untuk mengencerkan darah yang terdapat di jantung.

2. Daun sukun

Daun sukun ini sangat mudah untuk di dapatkan di lingkungan sekitar rumah, daun sukun sendiri telah diteliti oleh beberapa pakar kesehatan yang bisa mengobati kolesterol yang tinggi.

3. Buah Alpukat

Alpukat mengandung asam oleat, lemak yang baik, serta kandungan serat pangan yang berfungsi untuk membantu pembnetukan kolesterol yang baik untuk tubuh.

4. Bawang putih

Menurut penelitian yang telah di lakukan, sekitar 900mg kandungan yang terdapat di dalam bawang putih bisa menurunkan kolesterol,tekanan darah serta pembekuan darah. Bawang putih juga bisa menghentikan penyumbatan yang dapat memicu terjadinya penempelan kolesterol pada dinding arteri.

5. Kacang Kedelai

Mengkonsumsi kacang kedelai dan memakan makanan yang terbuat dariĀ  kacang kedelai, seperti tahu dan susu kedelai, dapat membantu anda untuk menurunkan kolesterol. Analisis menunjukkan bahwa memakan 25gram protein kedelai per hari (10 ons tahu atau 2 1/2 cangkir susu kedelai) dapat menurunkan 5% sampai 6% kolesterol jahat.

6. Bawang merah

Bawang merah mengandung senyawa flavonoid yang bekerja sebagai antioksidan dan menurunkan kadar kolesterol, dan gula darah. Anda cukup menyediakan 20gram bawang merah segar kemudian bawang merah tersebut diiris tipis-tipis, lalu di makan bersama nasi, lakukan kegiatan tersebut selama 3kali sehari untuk hasil yang terbaik.

7. Buncis

Buncis merupakan salah satu jenis sayur kacang-kacangan yang mengandung serat pangan di dalamnya, buncis juga di percaya dapat menurunkan kolesterol secara alami karena kemampuannya yang dapat mengusir kolesterol jahat di dalam tubuh juga bisa mencegah naiknya gula darah.

8. Beras merah

Beras merah bisa menjadi salah satu cara anda untuk menurunkan berat badan anda jika anda memiliki berat badan yang berlebih, sehingga jika berat badan anda tidak melampaui batas normal maka kolesterol pun secara otomatis akan turun, ini semacam diet sehat untuk membunuh kolesterol jahat yang terdapat di dalam tubuh.

9. Delima

Buah delima dapat menurunkan kolesterol anda secara alami tanpa menggunakan obat-obatan atau bahan kimia yang lainnya. Karena kandungan yang terdapat di dalam buah delima mampu mengurangi kolesterol yang menempel di dinding arteri serta meningkatkan nitrat yang terdapat di dalam badan kita.

10. Olahraga yang teratur

Selain anda bisa menurunkan berat badan menggunakan beras merah, anda juga menurunkan berat badan anda dengan cara yang sangat sederhana ini, yaitu olahraga. Selain olahraga berfungsi untuk menurunkan berat badan, olahraga juga bisa menjaga kebugaran serta kesehatan tubuh kita.

11. Menghindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi

Anda juga bisa menurunkan kolesterol dengan cara tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar kolesterol tinggi, seperti gorengan, jeroan, kerang, mentega, telur puyuh serta kepiting. Ini adalah cara untuk menurunkan kolesterol jahat yang terdapat di dalam darah.

12. Buah dan sayur yang kaya anti oksidan

Anda juga harus mengkonsumsi buah dan sayur yang masih segar untuk membantu menurunkan kolesterol, sayuran yang baik untuk menurunkan kolesterol yaitu blueberry, strawberry, jambu biji, ubi jalar dan wortel. Selain bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, buah dan sayur tersebut juga sangat baik dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

13. Yoghurt

Yoghurt babas lemak sangat baik untuk menurunkan kolesterol yang tinggi karena yoghurt mengandung kalsium, protein serta mikroorganisme lactobacillus yang baik untuk tubuh.

Bahaya dari kolesterol yang tinggi

Jika anda sudah memiliki kolesterol yang tinggi, kemudian anda membiarkannya, maka hal buruk yang akan terjadi yaitu komplikasi. Selain dari komplikasi, kolesterol yang tinggi juga dapat membahayakan tubuh. Meski sebenarnya kolesterol tidak selalu berdampak buruk bagi tubuh kita.

Kolesterol yang tinggi juga bisa memengaruhi terjadinya penyumbatan pembuluh darah di jantung serta penyumbatan di pembuluh darah pada otak yang dapat menimbulkan terjadinya penyakit stroke. Jumlah kolesterol yang normal untuk tubuh manusia yaitu sekitar 3,6 mmol/liter sampai 7,8 mmol/liter. Jika kolesterol anda lebih dari 6 mmol maka anda akan berisiko tinggi terkena penyakit arteri.

Bahaya yang lainnya adalah :

  • Terjadi pengerasan atau penyempitan pembuluh arteri
  • Berisiko tinggi terkena penyakit jantung koroner
  • Terjadi pembekuan hingga pembuluh darah pecah
  • Memiliki daerah yang berwarna kuning di kulit
  • Dada akan sering terasa nyeri yang di sebabkan oleh otot yang kejang

Sebaiknya jika anda ingin terhindar dari kolesterol yang tinggi, saya sarankan untuk melakukan olahraga supaya kolesterol anda tetap rendah, dan konsumsi makanan yang sehat kaya akan gizi dan rendah lemak. Karena makin tinggi kolesterol jahat yang terdapat di dalam tubuh kita, tidak menutup kemungkinan timbulnya berbagai penyakit pada tubuh anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *