Gejala, Penyebab dan Pengobatan Lumpuh Otak

Lumpuh otak atau yang dikenal dengan Cerebral palsy merupakan suatu penyakit saraf yang mengganggu atau bahkan mempengaruhi koordinasi dan pergerakan tubuh.

Kondisi ini dapat terjadi diakibatkan karena adanya masalah pada bagian otak besar yang mengendalikan kerja otot-otot. Lumpuh otak merupakan salah satu penyebab dari paling umum dari kelumpuhan kronis yang terjadi pada anak-anak.

Gejala Lumpuh Otak

Tanda dan gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini sangat bervariasi. Gerakan dan koordinasi adalah masalah yang terkait dengan lumpuh otak, beberapa tanda dan gejala adalah berikut ini:

  • Otot kaku dengan refleks yang masih normal atau berlebihan
  • Kurangnya koordinasi otot (Ataksia)
  • Gerakan menggeliat dan lambat
  • Tremor (gerakan yang tidak bisa dikendalikan)
  • Keterlambatan dalam mencapai kemampuan motorik tonggak seperti mendorong pada lengan, duduk sendiri dan merangkak
  • Salah satu sisi tubuh tidak berfungsi, seperti mencapai sesuatu hanya dengan satu tangan atau menyeret ¬†salah satu kaki pada saat merangkak
  • Kesulitan untuk berjalan dan tidak normal seperti berjalan agak jongkok, kaki yang menyilang seperti gunting atau bahkan kaki sampai terbuka lebar-lebar.
  • Terus menerus mengeluarkan air liur
  • Kesulitan untuk menelan makanan
  • Sulit berbicara atau keterlambatan perkembangan bicara
  • Kejang-kejang

Bagian tubuh yang terkena oleh lumpuh otak kemungkinan sangat beragam. Ada yang hanya mengenai satu sisi bagian dari tubuh, hanya bagian kaki saja, hanya tangan saja, atau bahkan sekaligus mengenai kaki dan tangan. Kelainan otak yang berhubungan dengan lumpuh otak juga dapat menyebabkan berbagai masalah neurologis lainnya. Orang-orang dengan cerebral palsy kemungkinan besar juga akan memiliki dampak berikut.

  • Kesulitan untuk melihat dan mendengar
  • Cacat intelektual
  • Kejang-kejang
  • Sentuhan dan rasa nyeri yang tidak normal
  • Mengalami penyakit mulut.
  • Memiliki kondisi kesehatan mental dan jiwa
  • Serta¬†inkontinensia urin

Penyebab Lumpuh Otak

Cerebral palsy disebabkan oleh kelainan atau gangguan dalam perkembangan otak, hal tersebut biasanya terjadi pada saat anak belum dilahirkan. Dalam kebanyakan kasus, pemicu terjadinya lumpuh otak tidak diketahui. Faktor-faktor yang dapat menyebabkan masalah dengan perkembangan otak adalah sebagai berikut.

  1. Mutasi pada gen yang menyebabkan perkembangan otak menjadi tidak normal
  2. Infeksi internal yang mempengaruhi perkembangan janin
  3. Stroke janin. Merupakan suatu kejadian yang disebabkan oleh gangguan suplai darah ke otak yang sedang berkembang
  4. Infeksi bayi yang menyebabkan peradangan di otak atau di sekitar otak
  5. Cedera kepala traumatis untuk wanita yang pernah mengalami kecelakaan bermotor atau jatuh dari motor pada saat bayi masih dalam kandungan
  6. Kekurangan oksigen ke otak (afiksia)

Pengobatan Lumpuh Otak

Diagnosis cerebral palsy adalah salah satu hal terakhir yang dapat anda lakukan. Meskipun sebenarnya tidak ada obat untuk cerebral palsy, tetapi diagnosis dini dan pengobatan progresif secara drastis dapat meningkatkan kualitas hidup untuk semua orang. Beberapa pengobatan terbaik adalah pilihan pengobatan alami, yang juga dikenal sebagai pengobatan komplementer dan alternatif, termasuk minyak ikan, jahe, ginkgo biloba, terapi fisik dan sejumlah bentuk lain dari terapi.

Minyak ikan

Minyak ikan adalah sumber penting dari asam lemak omega-3. Lemak ini dapat membantu saraf dan memulai komunikasi dengan saraf agar lebih efektif dan cepat tanggap. Omega-3 juga dapat membantu dalam perkembangan jaringan otak yang sehat. Anda dapat mengkonsumsi minyak ikan setiap hari.

Jahe

Pilihan lain dari pengobatan untuk cerebral palsy (CP) adalah jahe. Penggunaan jahe dianggap sebagai ramuan peredaran darah yang membantu meningkatkan sirkulasi atau aliran darah. Dengan cara meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, jahe juga dapat meningkatkan kadar oksigen di otak dan meningkatkan ketersediaan nutrisi untuk sel.

Terapi fisik

Terapi fisik merupakan pengobatan yang penting bagi mereka yang menderita lumpuh otak. Terapi fisik dapat menguatkan otot-otot di seluruh tubuh sehingga anda akan lebih bisa untuk mengendalikannya. Sebuah pengobatan yang disebut dengan terapi fisik juga dapat mengembangkan otot-otot yang kurang berfungsi.

Ginkgo biloba

Ginkgo biloba ini sangat penting karena memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi untuk meningkatkan fungsi otak dan sistem saraf pusat. Dosis yang biasa dari tumbuhan ini juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta membantu memperkuat otot. Terapi ini dapat anda kombinasikan dengan perawatan medis yang teratur serta terapi fisik.

Cerebral palsy adalah suatu kondisi yang memerlukan pengobatan, yang mana pengobatan tersebut tidak bisa dikelola sendiri jadi harus tetap ada bimbingan. Mungkin anda dapat mendapatkan bimbingan dari dokter yang anda percaya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *