Gejala Perikarditis Yang Harus Di waspadai

Perikarditis merupGejala Perikarditis Yang Harus Di waspadaiakan penyakit pada jantung yang disebabkan karena adanya peradangan pada perikardium atau lapisan pelindung jantung. Di dalam jantung terdapat dua lapisan perikardium yaitu perikardium viseral (lapisan bagian dalam) dan parietal (lapisan bagian luar). Dari kedua lapisan perikardium tersebut di dalamnya berisi cairan perikardium, cairan tersebut sangat berguna untuk menghindari gesekan dari kedua perikardium tersebut saat jantung bergerak memompa darah.

Fungsi perikardium itu sendiri adalah untuk melekatkan jantung pada rongga dada, penahan pembengkakan jantung dan untuk melindungi jantung dari infeksi juga dari pukulan eksternal. Selain itu perikardium juga berfungsi untuk mempertahankan posisi jantung, menjaga fleksibilitas pergerakan jantung, memberi pelumasan, penangkal nyeri saat jantung berkontraksi dan menahan pembesaran berlebih saat jantung terisi darah dalam jumlah yang melebihi kapasitasnya. Perikardium berbentuk tipis, kuat juga elastis, dia melapisi jantung seperti sarung tangan karet yang sering digunakan dokter saat melakukan operasi.

Namun bagaimana jika perikardium jantung mengalami infeksi ? Perikardium yang terinfeksi akan menyebabkan masalah bagi jantung. Ketika seseorang mengalami perikarditis ( peradangan pada perikardium yang terinfeksi), maka perikardium akan membengkak. Peradangan ini dapat menyebabkan luka dan penebalan pada perikardium yang kemudian menekan jantung, sehingga jantung dapat mengerut (pericarditis konstriktif). Jika jantung mengerut, maka dia tidak bisa lagi menerima darah yang harus dia pompa, dan aliran darah yang di pompa jantung menjadi sedikit (cardiac tamponade). Kondisi ini akan memberikan tekanan pada jantung, jika hal ini terus dibiarkan maka akan menyebabkan kematian bagi penderitanya.

Gejala Perikarditis Jantung

  • Kesulitan bernafas seperti sesak nafas
  • Kelelahan yang tidak biasanya
  • Merasa tidak sehat
  • Batuk kering atau tanpa sebab
  • Jantung berdebar cepat dan tidak normal (aritmia)
  • Nyeri dada yang menyebar ke leher dan pundak
  • Pegal-pegal
  • Gemuk, bukan karena lemak yang menumpuk tapi karena penumpukan cairan (edema)
  • Merasa gelisah
  • Tekanan darah rendah (hipoksemia)
  • Merasakan sakit apabila mengambil nafas dalam-dalam
  • Pusing dan pingsan
  • Demam dengan suhu tinggi apabila pericarditis disebabkan oleh infeksi
  • Pembengkakan ekstremitas terutama perut dan kaki karena danya penumpukan cairan (efusi pleura)

Jika hal itu terjadi maka sebaiknya anda segera menangani kasus anda sebelum penyakit anda makin parah. Karena jika perikarditis tidak segera di tangani, akan menyebabkan komplikasi yang serius.

Penyebab Perikarditis Jantung

  • Mikoorganisme seperti bakteri, virus, jamur. Mereka akan menginfeksi apapun saat mereka berada di dalam tubuh kita. Mereka akan menggrogoti organ apa saja yang mereka singgahi sedikit demi sedikit, akibatnya organ dalam tubuh kita rusak dan ini sangat fatal akibatnya jika terus di biarkan. Inilah yang kita sebut dengan kanker, sel kanker juga bisa menjalar dan mengelilingi setiap tempat pada tubuh kita lalu membuat kerusakan dimana-mana (Komplikasi).
  • Cidera, biasanya anak muda jaman sekarang sangat suka berkelahi. Saat seseorang mendapatkan pukulan, jatuh atau terantuk, maka daerah yang kena akan lebam dan menimbulkan bekas biru yang sakit. Jika hal ini mengenai dada, maka bisa menimbulkan lebam pada daerah dada dan yang lebih parah akan menyebabkan luka dalam yang mempengaruhi organ di sekitarnya.
  • Serangan jantung, setelah seseorang mengalami serangan jantung. Reaksi peradangan pada otot jantung yang terjadi setelah serangan jantung diduga menjadi penyebab perikarditis.
  • Operasi jantung, mendengar kata operasi berarti kulit tubuh kita di buka dengan pisau yang tajam. Ketika kulit sudah terbuka daging akan terlihat, lalu organ-organ dalam tubuh kita mulai menampak. Setelah itu, organ kita akan mendapatkan sentuhan menyakitkan oleh sejumlah alat-alat operasi. Terkadang melakukan pembedahan harus ekstra hati-hati karena dapat melukai daerah organ yang sehat.
  • Penyakit autoimun, seperti lupus eritematosus sistemik. Gangguan ini disebabkan oleh sejumlah tentara penjaga keamanan tubuh kita yang kita sebut dengan sistem kekebalan tubuh. Mereka bertugas untuk membunuh bakteri, menyerang penyusup (sel kanker) dan menjaga keamanan tubuh dari pencuri nutrisi. Namun kadang kala saat mereka terlalu aktif menjalankan tugas, akibatnya mereka menyerang daerah kekuasaannya sendiri.
  • Obat-obatan tertentu, termasuk antikoagulan. Obat dengan bahan kimia termasuk obat keras. Umumnya obat keras akan hanya memberikan kebaikan sesaat, setelah itu efek samping akan mulai terasa dan menyebabkan beberapa gangguan kesehatan maupun ganguan mental.
  • Penyebab lain, perikarditis juga bisa disebabkan oleh penyakit lain seperti HIV/AIDS, gagal ginjal, kanker, GERD, emboli paru, TBC, nyeri otot dsb. Dan hal yang harus kita ketahui semua penyakit itu disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat.

Pengobatan Dan Pencegahan Perikarditis Jantung

Menurut lamanya, perikarditis dapat di bagi kedalam 3 jenis, yaitu :

  • Pericarditis akut, bila gejalanya dirasakan kurang dari 6 minggu
  • Pericarditis rekuren, bila gejala yang dirasakan selama 6 minggu sampai 6 bulan
  • Pericarditis kronis, bila gejalanya dirasakan selama lebih dari 6 bulan

Pada dasarnya penyakit perikarditis ringan akan berangsur pulih dengan cepat, dan hanya membutuhkan obat-obatan saja, namun jika penyakit perikarditis ini terus kambuh maka penderitanya akan mendapatkan penanganan khusus seperti rawat inap, berobat jaln dan pemberian obat-obatan seperti aspirin, ibuprofen atau corticosteroid, jika penyebabnya adalah virus. Dokter juga akan mencari tahu apa penyebabnya, jika perikarditis disebabkan oleh kanker, maka penderita akan di anjurkan untuk melakukan kemoterapi guna menghilangkan sel kanker dalam tubuh dan atau organ tertentu dalam tubuh. Dan pembedahan dilakukan jika memang perikardium harus di angkat atau cairan pada perikardium harus dibuang.

Pencegahan Penyakit Perikarditis : Istirahat yang cukup, biasakan hidup sehat, pastikan makanan higienis, banyak minum air putih dan olahraga dengan teratur.

Cukup sekian yang saya sampaikan semoga bermanfaat untuk anda dalam meningkatkan dan mencegah segala kemungkinan penyakit yang bisa datang di masa depan maupun masa sekarang. Terimakasih untuk kunjungan anda ke website kami 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *