Gejala,Penyebab dan Faktor Risiko Anemia

Anemia merupakan suatu kondisi medis yang terjadi akibat kurangnya Hemoglobin (sel darah merah) dalam darah. Seseorang dikatakan memiliki penyakit anemia jika konsentrasi Hemoglobin (Hb) pada laki-laki kurang dari 13,5 G/DL dan Hematokrit kurang dari 41%. Sedangkan jika pada perempuan, konsentrasi Hemoglobin kurang dari 11,5 G/DL atau Hematokrit kurang dari 36%.

Gejala Penyakit Anemia

Penderita anemia dapat menunjukan berbagai gejala akibat dari kurangnya kandungan Hemoglobin dalam darah, dan berikut adalah gejala umum yang sering muncul pada penderita anemia.

  • Kulit berubah menjadi pucat
  • Denyut jantung yang tidak teratur
  • Sesak napas
  • Sakit kepala
  • Sakit dada
  • Pusing

Sebenarnya ada lebih dari 400 jenis anemia yang dikenal saat ini, dan dibagi menjadi 3 kelompok utama, seperti:

  1. Anemia yang disebabkan oleh kehilangan darah
  2. Anemia yang disebabkan oleh produksi sel darah merah yang rusak
  3. Anemia yang disebabkan oleh penghancuran sel darah merah

Berikut dibawah ini adalah penyebab dari anemia yang harus anda ketahui. Sebab anemia tidak memiliki penyebab yang tunggal seperti pada kebanyakan jenis penyakit umum yang lainnya.

Penyebab Penyakit Anemia

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa penyakit anemia tidak memiliki penyebab yang tunggal, banyak sekali yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit anemia pada tubuh manusia. Berikut penyebab yang patut untuk anda ketahui.

  • Anemia disebabkan oleh kehilangan darah

Ini adalah jenis yang paling umum dari penyakit anemia. Dalam kondisi ini, gangguan terjadi disebabkan oleh kurangnya zat besi yang mana hal ini paling sering disebabkan oleh hilangnya darah. Disini, kehilangan darah dapat menjadi hasil dari adanya suatu penyakit lain dalam tubuh seperti tumor, kanker dan magg.

  • Anemia disebabkan oleh produksi sel darah merah yang rusak

Sumsum tulang merupakan jaringan terpenting untuk menciptakan sel darah merah. Sel induk yang dihasilkan dari sumsum tulang dapat berkembang menjadi sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit. Berikut adalah macam-macam anemia yang disebabkan oleh rusaknya produksi sel darah merah.

  1. Anemia sel sabit. Terjadi akibat sel darah merah yang cacat sehingga dapat memecah sel darah normal secara cepat.
  2. Anemia defisiensi besi. Tidak cukupnya sel darah merah yang diproduksi karena tidak adanya zat besi.
  3. Masalah sumsum tulang dan sel induk. Terjadi ketika ada sedikit atau bahkan sama sekali tidak ada sel-sel induk.
  4. Anemia gizi. Vitamin B12 dan folat merupakan hal terpenting untuk memproduksi sel darah merah.
  • Anemia disebabkan oleh Penghancuran sel darah merah

Sel darah merah biasanya memiliki masa hidup 120 hari dalam aliran darah. Salah satu jenis anemia yang masuk kedalam kategori ini adalah anemia hemolitik autoimun. Dimana sistem kekebalan tubuh keliru mengidentifikasi sel darah merah. Anemia ini juga bisa terjadi karena berbagai masalah seperti:

  1. Hipertensi parah
  2. Obat-obatan tertentu
  3. Adanya infeksi
  4. Cangkokan pembuluh darah atau katup jantung
  5. Pembesaran limpa
  6. Serangan autoimun

Faktor risiko Penyakit Anemia

Anemia bisa terjadi pada orang dari segala umur, baik perempuan maupun laki-laki. Secara umum, risiko anemia dapat meningkat dan berikut adalah faktor risikonya.

  1. Wanita hamil
  2. Memiliki resep obat-obatan tertentu
  3. Konsumsi makanan yang tidak memiliki kandungan vitamin alami
  4. Bayi prematur
  5. Faktor keluarga (genetika)
  6. Memiliki gangguan usus atau kondisi medis lainnya
  7. Wanita dalam usia subur (masih menstruasi)

Apakah ada cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyakit anemia? Ada! Apa itu? Jenis pengobatan seperti apa yang aman dan efektif untuk mengatasi anemia? Berikut adalah jawabannya.

Suplemen untuk Anemia yang disarankan

Banyak jenis obat-obatan yang dapat mengatasi penyakit anemia. Tetapi, biasanya sering menimbulkan ketergantungan dan efek samping. Di artikel ini, ada suplemen herbal yang disarankan untuk mengatasi penyakit anemia. Tentunya tidak menimbulkan ketergantungan, sebab itu alasannya mengapa suplemen ini disarankan.

Spirulina Plus Tablet merupakan suplemen herbal yang mengandung berbagai macam zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Seperti asam amino esensial, protein, asam lemak tak jenuh, klorofil, vitamin, karetenoid, protein ganggang, besi dan seng.

Suplemen herbal ini juga terbuat dari 100% Spirulina platensis halus yang merupakan sumber terbaik dari nutrisi yang berasal dari alam. Spirulina termasuk kedalam jenis tumbuhan air bersel atau satu kategori dengan Cyanobacteria atau mikroalga, yang memiliki bentuk menyerupai spiral.

Spirulina sendiri sudah ada di bumi ini sejak 3.5 milyar tahun yang lalu.  Bahkan penduduk jaman dahulu seperti suku Aztec kuno yang ada di Mexico sudah mengkonsumsi spirulina. Berikut adalah sekilas manfaat dari Spirulina yang dapat anda miliki.

Manfaat Spirulina Plus Tablet

  1. Menambah kekebalan tubuh.
  2. Meningkatkan kekuatan tubuh melawan radiasi.
  3. Membantu penderita diabetes.
  4. Mencegah penyakit pembuluh darah dan jantung.
  5. Merawat kecantikan dan sebagai anti-aging.
  6. Memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi (melawan mal-nutrisi).

Spirulina Plus Tablet juga sangat tinggi dengan zat besi bio-tersedia yang bermanfaat untuk penderita anemia, kehamilan serta penurunan risiko untuk mengatasi sembelit. Jika anda ingin melakukan pemesanan untuk Spirulina Plus Tablet, anda bisa mengikuti format dibawah ini


Format Pemesanan Spirulina Plus Tablet

Untuk melakukan pemesanan anda cukup mengirimkan sms dengan mengikuti format seperti dibawah ini

SPT-INF : Jumlah pemesanan : Nama lengkap : Alamat lengkap : No.Hp anda

Contoh :

SPT-INF : 2 Botol : Wulandari : Kp.Kawalu Jl. Gunung Puteri Kota Tasikmalaya :083827331XXX

Kirim ke : 0821 1960 2100

Atau anda juga bisa berkonsultasi melalui nomor 0821 1960 3637

Jangan lupa untuk mencantumkan format pemesanan SPT-INF. Jika anda tidak mencantumkan format tersebut maka pemesanan akan ditolak, hal tersebut bertujuan untuk memperjelas pemesanan.


Itu hanya sebagian kecil manfaat saja, sebenarnya masih banyak lagi beragam manfaat yang bisa anda dapatkan jika anda mengkonsumsi Spirulina Plus Tablet. Manfaat itu tidak akan dapat dirasakan jika anda tidak mencoba. Mencoba sesuatu yang baru juga bukanlah hal yang buruk.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *