Gejala,penyebab,dan pengobatan asam lambung

Asam lambung adalah penyakit yang terjadi dibagian lambung dengan tingkat keasaman yang tinggi sehingga melebihi batas normal yang disebabkan oleh bakteri, alkohol, dan kafein yang berlebihan sehingga lapisan perut menjadi bengkak.

Pembekakan itu sendiri terjadi ketika lapisan perut anda lebih sedikit menghasilkan asam, pepsin dan lendir pelindung untuk melindungi lapisan perut tersebut. Lapisan perut atau mukosa ini mengandung kelenjar yang dapat memproduksi asam lambung dan enzim yang di sebut pepsin.

Asam lambung yang rusak akan membelah protein dan merusak pepsin, karena asam didalam perut akan mampu merusak lapisan perut anda sehingga lapisan perut akan mengeluarkan lendir untuk melindungi dirinya sendiri. Asam lambung yang kronis akan menyebabkan anda menjadi mudah kenyang meski pun anda hanya memakan makanan dalam beberapa suap saja. Asam lambung kronis akan terasa nyeri dan menyebabkan wajah menjadi pucat.

Faktor penyebab asam lambung

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab asam lambung :

  1. Penggunaan obat obatan dalam waktu jangka panjang. Karena penggunaan obat obatan yang mengandung zat zat kimia di dalamnya dapat menyebabkan lambung anda menjadi rusak seperti aspirin dan ibuprofen.
  2. Mengkonsumsi alkohol dan kafein secara berlebihan
  3. Infeksi virus dalam kekebalan tubuh yang lemah
  4. Memiliki penyakit tertentu seperti gagal ginjal
  5. Adanya bakteri Helicobacter pylori, yang menyebabkan peradangan pada perut

Jika anda mengkonsumsi kopi,makanan yang berlemak, makanan yang asam serta berminyak maka anda akan berisiko lebih tinggi untuk terkena penyakit asam lambung kronis ini. Ketika anda mengalami stres, secara tidak langsung anda telah meningkatkan kadar asam yang terdapat di dalam perut.

Asam lambung sendiri memiliki beberapa fungsi yang sangat penting bagi tubuh anda,beberapa diantaranya adalah :

  • Menstabilkan kandungan gula dalam lambung
  • Mematikan bakteri yang masuk ke lambung
  • Membantu pembentukan protein enzim pencernaan pada lambung anda

Gejala dari asam lambung

Beberapa gejala dari asam lambung mirip dengan penyakit maag, namun naiknya asam lambung tidak sama dengan penyakit maag. Berikut ini adalah gejala-gejala yang di timbulkan oleh asam lambung :

1. Nyeri perut bagian atas

Salah satu gejala dari asam lambung yang mirip dengan gejala penyakit magg adalah rasa nyeri di bagian perut ini terjadi karena asam lambung yang naik dan di sebabkan oleh makanan makanan tertentu, dan makanan yang dapat menyebabkan asam lambung naik adalah makanan yang bersifat asam seperti nangka muda,cuka dan mangga muda.

2. Perut kembung

Hal ini terjadi karena adanya rasa perih di perut secara berlebihan sehingga menyebabkan perut menjadi kembung dan mual dan seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya,perut kembung ini juga akan terjadi jika anda mengkonsumsi makanan yang bersifat asam.

3. Muntah

Muntah yang terjadi saat asam lambung naik ini berbeda dengan muntah seperti biasanya, muntah muntah ini terjadi karena mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar asam yang sangat tinggi dan ini akan berbahaya karena dapat menyebabkan asam lambung naik.

4. Sendawa

Ketika anda bersendawa ini adalah gejala berkelanjutan dari asam lambung naik karena sendawa ini akan muncul secara berulang-ulang dalam jangka waktu yang tidak di tentukan di mana ketika asam lambung anda naik dan belum teratasi.

5. Kehilangan selera makan

Terkadang gejala lain yang muncul dari asam lambung adalah kehilangan selera makan,ini di sebabkan karena perut terasa pahit untuk memakan makanan, mulut yang pahit ini akan terjadi ketika asam lambung naik dan ini di sebabkan oleh zat asam yang akan menimbulkan rasa pahit di mulut sehingga kita akan kehilangan selera makan.

Cara mencegah asam lambung naik

Selain beberapa gejala di atas, hal yang harus anda ketahui adalah bagaimana cara untuk mencegah asam lambung menjadi naik, dan berikut adalah beberapa cara untuk mencegah agar asam lambung anda tidak naik.

  1. Mengurangi konsumsi alkohol dan kafein dan disarankan juga untuk membaca bahaya dari penggunaan alkohol dan kafein secara berlebihan.
  2. Mengkonsumsi makanan yang dapat menurunkan asam lambung anda seperti sayur dan buah. wortel,brokoli,kunyit,kacang hijau dan susu kambing adalah jenis makanan yang baik untuk menjaga asam lambung dan menurunkan asam lambung anda.
  3. Mengurangi konsumsi dari makanan yang mengandung kadar asam yang tinggi karena ini dapat menyebabkan perut menjadi nyeri dan muntah, jika anda sudah muntah seperti ini yang akan terjadi adalah asam lambung anda akan naik.
  4. Berhenti mengkonsumsi minuman yang bersoda,karena selain dapat menyebabkan naiknya asam lambung minuman soda juga dapat merusak ginjal anda yang di sebabkan dari pewarna minuman soda itu sendiri.
  5. Berhenti mengkonsumsi makanan pedas karena ini adalah salah satu jenis makanan yang berbahaya untuk penderita asam lambung, karena dapat menyebabkan rapuhnya lapisan lambung sehingga lambung menjadi terluka.

Makanan sehat untuk penderita asam lambung

Beberapa jenis makanan di bawah ini adalah makanan yang baik dan sangat di anjurkan untuk penderita asam lambung,diantaranya adalah :

  • Beras. Beras adalah salah satu jenis makanan sehat yang sangat penting untuk penderita asam lambung, selain aman untuk di konsumsi dalam waktu jangka panjang beras juga dapat bermanfaat untuk menambah energi di dalam tubuh anda karena kandungan karbohidrat yang terdapat di dalamnya.
  •  Daun cincau. Daun cincau sangat berguna untuk menyembuhkan asam lambung karena dari beberapa penelitian yang dilakukan bahwa daun cincau mengandung senyawa dimentil kurin-1 dimetoidida, yaitu zat yang bermanfaat untuk menurunkan dan menyembuhkan asam lambung.
  • Jahe. jahe dapat dijadikan salah satu obat untuk mengobati asam lambung. Karena salah satu gejala dari asam lambung yaitu perut kembung dan jahe dapat menghangatkan tubuh sehingga kembung dan rasa nyeri di perut dapat berkurang.
  •  Buah pepaya. Kandungan papain atau enzim propeolitik yang terdapat di dalamnya menjadikan buah ini sebagai salah satu cara untuk menyembuhkan asam lambung karena dapat berfungsi untuk menurunkan asam lambung.
  • Kencur. Selain bermanfaat sebagai bumbu dapur kencur juga memiliki khasiat untuk menurunkan asam lambung, karena mengandung asam sinamic yang baik untuk lambung anda.

Jangan menganggap penyakit ini sebagai penyakit yang mudah di sembuhkan oleh obat, karena meski pun anda telah meminum obat asam lambung, obat itu tidak 100% dapat menyembuhkannya terlebih sekarang banyak obat-obatan yang mengandung bahan-bahan kimia. Anda dapat mencoba menggunakan QNC JELLY GAMAT untuk mengatasi asam lambung yang diderita. Ini adalah nutrisi yang aman, ampuh serta terbuat dari bahan-bahan alami sehingga tidak menimbulkan efek samping. Perlu anda ketahui bahwa penyakit memiliki gejala, penyebab dan cara pengobatan yang berbeda juga.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *