Hal-hal Aneh Terkait dengan Serangan Jantung

Ketika kita berbicara tentang serangan jantung, manusia biasanya akan menyalahkan makanan yang berminyak, diet yang salah, dan hidup yang sering berpindah-pindah dari tempat satu ke tempat yang lainnya. Meski diet dan gaya hidup memainkan peranan dalam serangan jantung, namun ada faktor yang kurang umum yang dapat menyebabkan timbulnya serangan jantung yang dapat menimbulkan komplikasi akibat penyakit jantung tersebut. Apa anda akan percaya dengan apa yang anda baca? Mungkin ada akan tertawa, atau merasa aneh dengan apa yang akan dibahas di artikel ini. Berikut adalah beberapa hal aneh yang terkait dengan serangan jantung.

1. Lingkungan Anda

Sebuah studi pada tahun 2001, The New England Journal of Medicine menemukan bahwa seseorang yang hidup di lingkungan berpenghasilan rendah 3 kali lebih mungkin untuk memiliki penyakit jantung dibandingkan dengan seseorang yang hidup di lingkungan berpenghasilan yang tinggi.

Pernyataan tersebut dibenarkan karena di lingkungan berpenghasilan rendah akan jauh lebih banyak racun sehingga racun yang terpapar di lingkungan tersebut akan lebih mudah untuk kita hirup dan mengendap di paru-paru kemudian mengalir melalui darah yang akan menuju ke jantung sehingga dapat menyebabkan timbulnya penyakit jantung.

Jika dibandingkan dengan negara yang memiliki lingkungan hidup dengan penghasilan yang tinggi dan memiliki udara yang sejuk karena banyak pepohonan hijau yang dapat menyehatkan paru-paru anda terutama jika anda menghirupnya pada waktu pagi hari ketika anda bangun tidur. Selain itu, para peneliti juga melihat bahwa seseorang dengan usia 45 sampai 65 tahun hidup dengan serang jantung selama 9 tahun lamanya di empat negara.

Salah satu dokter juga mengutarakan pendapatnya, yaitu Dr Malissa J. Wood, co seorang direktur program kesehatan perempuan di Massachusetts General Hospital Heart Center mengatakan bahwa ” Ini sangat benar dan merupakan sesuatu yang anda tidak bisa berbuat banyak selain melakukan perubahan dimana anda harus tinggal atau menghabiskan waktu di lingkungan dan tempat-tempat yang tidak begitu beracun”.

2. Kemarahan

Apakah anda tidak percaya bahwa “kemarahan” dapat mengakibatkan timbulnya penyakit jantung? Berita pada tahun 2015 menunjukkan bahwa kemarahan dapat meningkatkan risiko serangan jantung pada waktu 2 jam berikutnya sebanyak 8,5 kali setelah mereka marah.

Hal tersebut diterbitkan dalam Jurnal Perawatan Kardiovaskular Akut, dan berdasarkan penelitian yang dilakukan di Sidney, dimana 313 pasien yang menderita serangan jantung diwawancarai dan hasilnya kebanyakan dari mereka yang menyebabkan serangan jantung adalah kemarahan.

Sebenarnya banyak sekali penelitian yang dilakukan dalam topik kecil ini dengan metode yang berbeda-beda. Secara teoritis kadar kemarahan yang lebih tinggi dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan perubahan psikologis seperti detak jantung yang lebih tinggi atau tekanan darah tinggi.

3. Kebisingan

Sebuah studi yang diterbitkan dalam European Heart Journal  pada bulan Juni tahun 2015 melihat efek dari tingkat kebisingan jalan pada penyakit kardiovaskular dan risiko stroke di Inggris. Studi tersebut menemukan bahwa tingkat kebisingan yang tinggi memiliki keterkaitan dengan risiko serangan jantung.

Kemudian, pada studi sebelumnya yaitu studi Denmark yang diterbitkan pada tahun 2012 juga mengatakan bahwa polusi udara dan kebisingan yang terjadi di jalan raya memiliki pengaruh buruk pada kesehatan jantung. WHO juga telah membuktikan bahwa kebisingan memiliki keterkaitan dengan serangan jantung karena disebabkan oleh adanya peningkatan tekanan darah dan tingkat hormon stress dan gangguan tidur yang diakibatkan dari kebisingan.

WHO juga telah menyatakan bahwa pengaruh dari kebisingan pada risiko serangan jantung tidak begitu besar dan tidak menyarankan untuk pindah rumah pada seseorang yang tinggal di tempat tepat berada di pinggiran jalan. Intinya kita sudah tahu bahwa polusi udara dari lalu lintas dapat membuat kondisi jantung yang baik menjadi lebih buruk dan dapat menimbulkan terjadinya serangan jantung, bukti telah menunjukkan bahwa dengan mengurangi polusi udara lebih penting untuk kesehatan jantung daripada mengurangi kebisingan.

4. Penyakit gusi

Hubungan antara penyakit gusi dan serangan jantung pertama kali diusulkan pada tahun 1960-an. Sebuah tinjauan studi yang diterbitkan dalam Journal of Dental Research pada tahun 2010 menunjukkan bahwa penyakit gusi memiliki peran pada penyebab serangan jantung. Jika dibandingkan dengan faktor lain individu yang memiliki penyakit gusi lebih mungkin untuk menderita serangan jantung.

Penelitian lain telah menunjukkan bahwa ada tanda-tanda tertentu dari peradangan yang terkait dengan serangan jantung dan meningkatnya pembuluh darah setelah anda melakukan pengobatan untuk penyakit gusi yang anda alami. Studi ini belum ditindak lanjuti sehingga anda tidak perlu terlalu khawatir karena jantung anda akan terpengaruh.

Namun hal yang perlu anda catat adalah sekitar 40% orang dewasa di dunia memiliki serangan jantung yang diakibatkan dari adanya penyakit gusi, untuk itu anda di sarankan untuk melakukan check-up rutin dengan dokter gigi dan mengikuti saran mereka pada kebersihan mulut. Merokok merupakan faktor risiko utama untuk anda memiliki penyakit gusi dan penyakit kardiovaskular sehingga ada alasan untuk anda berhenti mengkonsumsi rokok. Rokok bukan hanya berbahaya untuk manusia tetapi rokok juga memiliki bahaya pada hewan peliharaan anda di rumah.

Bagaimana dengan keempat faktor tersebut? Terdengar aneh bukan? Namun, percaya atau tidak, hal-hal tersebut memang dapat menjadi penyebab timbulnya serangan jantung.

Kemudian, apa solusi terbaik untuk mengatasi hal-hal tersebut? Anda dapat mengkonsumsi suplemen Jian Xin capsule dan makanan sehat untuk jantung adalah pilihan yang sangat tepat. Anda dapat mengkombinasikan keduanya. Ingat, jantung adalah salah satu organ yang paling peting dalam tubuh manusia!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *