Jenis Makanan Penyebab Asam Urat

Asam urat merupakan jenis dari arthritis yang dihasilkan dari peningkatan asam urat dalam sendi, biasanya sering terjadi pada jempol kaki, lutut atau tangan.

Kelebihan asam urat dapat terjadi karena tubuh membuat terlalu banyak asam urat dan tidak efisien untuk menyingkirkannya. Disamping untuk mengambil obat agar dapat mengontrol asam urat, anda juga dapat mengubah diet anda untuk mencegah timbulnya asam urat. Berikut dibawah ini adalah makanan yang dapat menyebabkan asam urat.

Daging merah

Makanan daging sering dikaitkan dengan asam urat. Untuk menjaga kadar asam urat dibawah kontrol maka anda harus membatasi jumlah daging merah dan menghindari daging jeroan. Menurut University of Maryland Medical Center, daging mengandung tingkat tinggi protein yang dapat dipecah untuk meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Kebanyakan daging yang tinggi protein harus dibatasi 4 sampai 6 ons daging dalam satu harinya.

Ikan

Ikan memiliki hubungan dengan peningkatan asam urat. Oleh sebab itu anda harus membatasi asupan ikan termasuk ikan sarden dan ikan teri agar anda dapat mencegah pembentukan asam urat. Ikan mengandung kadar protein yang sangat tinggi dan akan dipecah menjadi asam urat pada saat dicerna.

Menurut Medline plus minyak yang terdapat dalam ikan juga meningkatkan risiko untuk asam urat. Bukan hanya ikan sarden dan ikan teri yang harus anda hindari melainkan dengan ikan salmon juga. Sebab ikan salmon dapat menyebabkan serangan akut pada penderita asam urat. Bahaya ikan salmon juga tidak hanya berlaku bagi penderita asam urat melainkan juga dapat membahayakan kesehatan tubuh lainnya.

Makanan berlemak

Medline plus menyatakan bahwa anda harus menghindari makanan berlemak agar dapat terhindar dari serangan asam urat. Jika anda tidak mengkonsumsi makanan berlemak sama sekali maka anda secara tidak langsung telah menurunkan risiko asam urat. Hindari makanan berlemak seperti gorengan, makanan manis dan makanan ringan berlemak lainnya yang dapat memicu terjadinya serangan asam urat.

Selain dapat mencegah terjadinya serangan asam urat, jika anda menghindari makanan berlemak maka anda juga telah mengontrol berat badan anda. Meski mengendalikan berat badan tidak bisa menyembuhkan asam urat setidaknya anda sudah mengurangi dan membantu mencegah asam urat.

Menurut University of Maryland Medical Center, mengganti karbohidrat sederhana yang ditemukan dalam nasi putih, pasta putih, roti putih, dan gula dengan karbohidrat kompleks seperti nasi merah, dan roti gandum serta sereal, maka anda dapat mencegah peningkatan secara tiba-tiba pada kadar gula darah anda, yang mana hal tersebut dapat membantu anda untuk mencegah penambahan berat badan dan perkembangan dari kondisi medis lainnya seperti diabetes dan asam urat.

Alkohol

Mengkonsumsi alkohol adalah salah satu cara yang dapat memicu terjadinya asam urat. Penelitian telah menunjukan bahwa alkohol secara khusus sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Satu studi yang diikuti oleh 47.000 orang selama 12 tahun telah menemukan bahwa 12% dari mereka mengembangkan asam urat.

Selain itu, metabolisme alkohol dalam tubuh juga dianggap dapat meningkatkan produksi asam urat dan alkohol juga memberikan kontribusi bagi tubuh untuk terkena dehidrasi. Alkohol juga dikaitkan dengan peningkatan risiko serangan asam urat secara berulang.

Pengaruh alkohol terhadap kadar asam urat dalam tubuh memang tidak begitu dipahami, tetapi jika anda seseorang yang sering mengkonsumsi alkohol, maka berbicara dengan dokter adalah pilihan yang tepat untuk anda.

Kerang

Kerang merupakan salah satu hidangan laut yang banyak disukai orang-orang. Tetapi, bagaimana bagi mereka yang memiliki asam urat? Menurut Lona Sandon yang merupakan asisten dari Profesor Nutrisi Klinis di University of Texas Southwestern Medical Center di Dallas mengatakan bahwa mengurangi makanan hewani dan daging merupakan salah satu pilihan bijak yang dapat anda lakukan untuk dapat terhindar dari meningkatnya kadar asam urat dalam tubuh. Selain itu, makanan hewani ini juga mengandung purin yang sangat tinggi yang dapat terurai menjadi asam urat dalam tubuh manusia.

Minuman manis

Anda wajib untuk menghindari minuman yang dimaniskan dengan sirup jagung yang tinggi fruktosa. Sebuah studi telah menunjukan bahwa pria yang mengkonsumsi minuman tinggi fruktosa dapat berisiko lebih tinggi untuk memiliki serangan asam urat.

Pada tahun 2010 tim peneliti telah melaporkan bahwa meminum minuman yang tinggi dengan sirup jagung fruktosa setiap hari lebih berisiko tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi sama sekali. Selain anda dapat berisiko tinggi untuk terkena asam urat, mengkonsumsi minuman manis juga dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh anda yang pada akhirnya dapat menimbulkan penyakit diabetes.

Jika anda mengalami serangan asam urat secara berulang, maka anda dapat menggunakan pengobatan asam urat secara tradisional sehingga asam urat anda tidak akan kambuh lagi. Kemudian makanan apa yang harus dikonsumsi bagi mereka yang menderita asam urat? Apakah ada makanan baik yang dapat dikonsumsi oleh penderita asam urat? Ya, tentu saja.

Jika ada makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat, maka ada pula makanan yang baik bagi penderita asam urat. Anda dapat mencari informasinya dari berbagai sumber yang anda percaya atau anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter anda untuk mempertimbangkan makanan apa saja yang dapat anda konsumsi agar tidak meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *