Jenis makanan yang harus di konsumsi pasca melahirkan

Setelah kelahiran sang buah hati, Anda tentu ingin memberikan cinta dan rasa peduli dengan cara merawatnya dengan baik. Selain itu, Anda sebagai seorang ibu juga perlu asupan makanan sehat agar dapat menghasilkan produksi asi yang berkualitas. Berikut ini adalah jenis makanan yang harus di konsumsi pasca melahirkan. Adapun manfaat lainnya termasuk pengendalian berat badan dan mencegah kenaikan berat baan berlebih setelah melahirkan.

Daftar makanan yang harus di konsumsi pasca melahirkan

Konsumsi kacang-kacangan

Pada umumnya kacang-kacangan rendah lemak, kolesterol dan kaya akan folat kalium, magnesium dan zat besi. Selain itu, kacang-kacangan juga merupakan sumber utama dari protein yang berkontribusi dalam pertumbuhan serta mengaktifkan berbagai sistem dalam tubuh. Anda bisa mengkonsumsi berbagai jenis kacang-kacangan seperti mengkonsumsi salad dengan makanan penutupnya kacang kedelai. Atau anda juga bisa mengkonsumsi susu kedelai sebagai tambahannya.

Buah dan sayur

Sayur dan buah yang sehat dapat membuat tubuh menjadi kuat. Buah dan sayuran mengandung nutrisi seperti vitamin C, beta karoten, antioksidan, mineral dan serat. Selain itu, buah-buahan dan sayuran sangat rendah lemak sehingga apabila di konsumsi dapat membantu menurunkan berat badan secara tidak langsung. Jadi, setelah melahirkan anda bisa mengkonsumsi buah dan sayur selain baik untuk ibu, baik juga untuk anak yang baru lahir.

Beras merah

Jika anda ingin segera menurunkan berat badan setelah melahirkan, pastikan untuk mengurangi asupan karbohidrat. Anda bisa mengkonsumsi beras merah atau roti gandum untuk menurunkan badan dan tetap menjaga tingkat energi, sehingga anda tidak mudah merasa lesu dan kekurangan stok ASI.

Makan telur

Kuning telur merupakan sumber alami dari vitamin D, yang mana ini adalah nutrisi penting untuk menjaga tulang anda dan tulang bayi dalam masa pertumbuhannya agar tetap kuat. Selain itu, dengan mengkonsumsi terlur, kebutuhan protein harian anda akan tercukupi.

Buah jeruk

Selain bergizi dan mudah ditemukan, jeruk juga sangat penting bagi ibu yang baru saja melahirkan. Sebab, pasca melahirkan wanita membutuhkan vitamin C dengan dosis tinggi bahkan lebih banyak dibandingkan dengan ibu hamil. Anda bisa mengkonsumsi buahnya langsung atau bisa juga dibuat menjadi segelas jus segar.

Daging tanpa lemak

Sebagai ibu baru, anda membutuhkan makanan untuk meningkatkan energi, jadi tidak ada salahnya untuk mencoba mengkonsumsi daging sapi tanpa lemak yang kaya akan zat besi. Sehingga anda tidak perlu khawatir ketika menyusui. Karena dalam daging tanpa lemak juga terdapat protein tambahan dan vitmain B12 yang bagus untuk perkembangan bayi baru lahir.

Nikmati keju

Jenis makanan yang harus di konsumsi pasca melahirkan selanjutnya adalah keju. Salah satu produk susu ini kaya akan kalsium yang baik di konsumsi serta dinikmati terutama bagi ibu yang sedang menyusui si buah hati. Jadi, anda tidak harus bingung memikirkan jenis makanan seperti apa yang akan di konsumsi pasca melahirkan.

Biji bunga matahari

Biji bunga matahari atau yang dikenal dengan kuaci diketahui mengandung asam folat yang sangat baik apabila di konsumsi oleh wanita yang baru saja melahirkan. Anda bisa mengkonsumsi biji bunga matahari sebelum menyusui karena makanan yang satu ini bisa meningkatkan produksi ASI.

Makan ikan

Ikan tuna dan ikan salmon dipercaya mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk pertumbuhan otak bayi. Para peneliti juga menyebutkan bahwa ibu yang baru melahirkan dan menyusui harus mengkonsumsi setidaknya dua porsi ikan per minggu.

Konsumsi bayam dan bit merah

Bayam kaya akan besi, kalsium, vitamin K dan vitamin A. Semua nutrisi ini sangat baik untuk para ibu yang baru melahirkan.  Sama halnya dengan bayam, Bit merah juga merupakan salah satu sayuran yang baik di konsumsi pada periode postnatal. Sayuran ini sangat kaya akan zat besi dan beta-karoten yang dibutuhkan tubuh wanita.

Beras cokelat

Sesekali cobalah untuk mengganti konsumsi nasi dengan nasi cokelat. Karbohidrat yang terkandung di dalamnya memastikan bahwa tingkat energi Anda tetap terjaga dan mampu meningkatkan kualitas ASI. Makanan jenis lainnya yaitu blueberry. Blueberry kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang mampu memenuhi produksi ASI anda.

QnC Jelly Gamat

Jenis makanan terkahir yang bagus untuk ibu yang baru melahirkan ialah QnC Jelly Gamat. Terbuat dari ekstrak teripang emas asli dan jika menyinggung soal manfaat, QnC Jelly Gamat sangat bagus untuk ibu hamil. Kandungan nutrisinya sangat lengkap, bagus untuk bayi, sehingga bagi ibu yang menyusui bayinya, QnC Jelly Gamat sangat direkomendasikan.

QnC Jelly Gamat ini tidak bisa ditemukan di apotek atau di supermarket, apalagi di minimarket. QnC Jelly Gamat hanya tersedia secara online.

Info lebih lengkapnya silahkan lihat disini


Itulah jenis makanan yang harus di konsumsi pasca melahirkan. Ada pun cara mengetahui reaksi bayi terhadap apa yang anda makan apabila bayi mengalami gejala seperti eksim pada kulit, pusing, kongesti atau hidung tersumbat hingga diare yang disebabkan oleh berbagai faktor. Selain dari tidak cocok dengan produk perawatan yang dipakai, ASI yang diminum juga bisa menjadi penyebabnya.

Untuk memastikan apakah alergi tersebut akibat makanan yang di konsumsi oleh anda atau bukan, ada baiknya anda sebagai ibu yang siap siaga selalu mencatat apa yang dimakan. Karena tingkat kecocokan dari makanan-makanan di atas akan berbeda pada tiap-tiap orangnya. Terima kasih sudah berkunjung – TokoAcepInfo

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *