Jenis penyakit yang sering terjadi pada telinga

Telinga adalah organ tubuh manusia yang memiliki fungsi sebagai alat pendengaran, jika suatu penyakit menghampiri telinga anda, maka yang akan terjadi adalah pendengaran anda akan berkurang atau bahkan anda bisa saja menjadi tuli akibat dari penyakit yang mengganggu telinga tersebut.

Bagian-bagian dari telinga

Telinga memiliki tiga bagian umum yang sangat penting fungsi nya sebagai alat pendengaran :

1. Telinga bagian luar

Telinga bagian luar terdiri atas :

  • Daun telinga (pinna)
  • Liang telinga ( meatus auditorius eksternus)
  • Saluran telinga bagian luar (analis auditoris eksternal)

2. Telinga bagian tengah

Telinga bagian tengah merupakan rongga yang berisi udara dan menjaga tekanan udara agar tetap seimbang. Fungsi dari telinga bagian tengah yaitu untuk meneruskan suara yang di terima oleh telinga bagian luar ke telinga bagian dalam.

3. Telinga bagian dalam

Pada telinga bagian dalam terdapat bagian tulang dan bagian membran. Telinga bagian dalam juga di sebut dengan labirin karena bentuknya. Labirin tulang merupakan rongga yang terbentuk pada bagian tulang pelipis yang berisi cairan perilimfe. Sedangkan labirin membran terletak pada bagian yang hampir sama dengan labirin tulang namun tempatnya lebih dalam dan di lapisi oleh sel epitel serta berisi cairan endolimfe.

Penyakit pada telinga

Infeksi Telinga

Virus dan kuman yang masuk ke dalam telinga dapat menyebabkan infeksi pada telinga. Pada penyakit infeksi telinga ini akan terdapat cairan di rongga telinga di balik gendang telinga. Penyakit ini sangat umum terjadi pada orang dewasa dan juga anak-anak. Jika infeksi pada telinga anda tidak segera di obati maka akan menyebabkan telinga anda tidak bisa mendengar lagi atau tuli.

Kanker telinga

Kanker telinga biasanya terjadi pada telinga bagian luar, bisa juga tumbuh di telinga bagian dalam namun hal tersebut jarang terjadi. Ada berbagai jenis kanker yang dapat memengaruhi telinga, dan sebagian besar kanker telinga yang biasa terjadi adalah kanker telinga karsinoma.

Otosklerosis

Yaitu penyakit yang terjadi pada telinga akibat penumpukan jaringan spons atau jaringan seperti tulang telinga. Jika anda berada dalam kondisi yang seperti ini, maka akan mengurangi penghantaran suara pada telinga. Dan penyakit ini biasanya menghasilkan gangguan pendengaran yang di sebabkan oleh masalah di bagian luar atau tengah telinga.

Vertigo

Penyakit vertigo yaitu kondisi dimana telinga bagian dalam mengalami gangguan sehingga akan terasa pusing dan ruang yang ada di sekeliling si penderita akan terasa berputar sehingga pada kondisi yang seperti ini si penderita vertigo akan merasa berputar ketika penyakit vertigo nya kambuh kembali.

Tuli konduksi

Tuli konduksi terjadi akibat adanya gangguan pada penghantaran suara. Ini terjadi karena adanya kerusakan pada saraf pendengaran, pengapuran pada tulang pendengaran, terdapat penebalan sehingga dapat memecahkan membran timpani.

Setelah kita mengetahui penyakit dan bagian-bagian yang terdapat di dalam telinga, tentunya anda juga harus menjaga telinga anda agar tetap dalam keadaan yang sehat serta fungsi dari telinga itu sendiri akan bekerja dengan baik pula. Dan jika telinga anda bisa berfungsi dengan normal maka kita juga bisa beraktivitas dengan normal. Untuk mendapatkan telinga yang sehat dan juga normal tentu ada beberapa cara untuk menjaga nya bukan? berikut adalah beberapa cara untuk menjaga kesehatan telinga anda yang mungkin bisa anda coba di rumah.

Cara menjaga kesehatan telinga

1. Berhenti untuk menggunakan cotton bud

Membersihkan kotoran telinga menggunakan cotton bud hanya akan memberikan infeksi pada telinga meski kotoran telinga bisa dengan sangat mudah di ambil menggunakan cotton bud. Lebih baik anda menggunakan pembersih telinga yang baik karena cairan kunig yang terdapat di dalam telinga sebenarnya bermanfaat untuk mencegah debu dan binatang kecil masuk ke dalam telinga anda.

2. Hindari menggaruk telinga

Saat telinga anda terasa gatal, di sarankan untuk tidak menggunakan tangan anda untuk mengaruk nya, karena kuman yang terdapat di tangan akan menempel di telinga, dan bukan nya gatal di telinga anda sembuh, malah semakin gatal karena kuman yang berpindah dari tangan tersebut.

3. Menjaga kebersihan telinga

Untuk terhindar dari suatu penyakit tentu kita harus dalam keadaan yang bersih, begitu pula dengan telinga. Anda bisa menggunakan baby oil untuk membersihkan daun telinga anda. Bersihkan sela-sela daun telinga agar tidak ada kotoran yang tersembunyi atau mengendap di dalam daun telinga.

4. Hindari suara yang terlalu keras

Suara yang terlalu keras pasti akan membuat telinga siapa saja sakit untuk mendengarnya. Seperti musik, jika anda mendengarkan musik terlalu keras maka akan mengakibatkan terjadinya infeksi serta secara perlahan akan menghancurkan gendang telinga anda.

5. Mengunyah makanan dengan baik

Mengunyah makanan dengan baik juga sangat penting untuk dilakukan karena gerakan dalam mengunyah makanan membantu dalam proses pengeluaran kotoran telinga, untuk itu anda bisa mencoba untuk mengunyah permen karet.

6. Mengkonsumsi makanan kaya vitamin

Vitamin D, vitamin B12, vitamin E, vitamin C dan vitamin A memiliki fungsi yang sangat baik untuk penyerapan yang di butuhkan oleh tubuh. Sehingga tulang yang terdapat dalam tubuh kita termasuk tulang yang terdapat di dalam bagian telinga bisa terjaga kesehatan nya karena tidak kekurangan vitamin D yang sangat di butuhkan. Jika tubuh kita kekurangan vitamin D maka yang akan terjadi yaitu timbulnya penyakit osteopenia pada orang dewasa, dan osteopenia sendiri adalah suatu kondisi dimana tulang-tulang telinga mengeras dan menjadi berpori.

Itulah beberapa cara untuk menjaga kesehatan telinga anda, dan anda bisa mencobanya di rumah untuk mencegah kerusakan yang mungkin saja bisa terjadi karena hal-hal yang sangat sepele. Ada banyak penyebab, dari masa kecil hingga pada usia tua, dari kondisi seperti kehilangan kongenital, infeksi telinga dan otosklerosis.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *