Kanker Payudara pada Pria, Apakah pria benar-benar memiliki payudara?

Pria memiliki jaringan payudara yang biasanya tidak mengalami perkembangan, karena pria tidak memiliki rasio dan jenis hormon seperti wanita yang bisa merangsang jaringan sehingga payudara pada wanita mengalami perkembangan.

Jika sebelumnya anda sering mendengar informasi tentang kanker payudara yang terjadi pada perempuan, maka sekarang anda mungkin akan sedikit aneh bahkan mungkin anda tidak percaya bahwa kanker payudara juga bisa terjadi pada pria.

Untuk informasi lebih jelas tentang kanker payudara pada pria sebaiknya anda simak artikel ini dengan benar agar anda bisa faham mengapa kanker payudara juga terjadai pada laki-laki.

Apa itu kanker payudara pada pria ?

Apakah kanker payudara pada pria sering terjadi? Kanker payudara pada pria jarang terjadi. Lalu, apakah yang di maksud kanker payudara pada pria? Kanker payudara pada pria adalah sebuah tumor ganas yang berkembang dan di mulai dari sel-sel payudara.

Apakah pria benar-benar memiliki payudara seperti wanita? Pria memiliki sejumlah kecil jaringan pada payudara sama seperti halnya perempuan, payudara dari seorang pria dewasa memiliki kemiripan dengan payudara seorang gadis sebelum masa pubertas. Pada anak-anak perempuan jaringan tersebut akan tumbuh dan berkembang, namun hal ini tidak berlaku untuk pria. Karena jaringan tersebutlah pria juga dapat memiliki kanker payudara.

Apakah kanker payudara pada pria adalah hal serius?

Masalah utama dari kanker payudara pada pria adalah keterlambatan ketika didiagnosis karena banyak orang tidak menyadari bahwa pria memiliki jaringan payudara dan bahwa mereka dapat mengembangkan kanker payudara. Pendarahan pada puting pria lebih sering terjadi di bandingkan dengan kanker payudara yang dialami wanita.

Hal tersebut terjadi karena pria lebih memilih untuk tidak memeriksakan gejala yang dialami jika gejala yang ditimbulkan tidak terlalu parah, sampai akhirnya terjadilah pendarahan pada puting payudara pria. Kanker payudara pada pria dianggap salah satu penyakit yang serius karena tumor ganas ini bisa menyebar secara cepat pada jaringan yang terdapat di sekitarnya.

Apa penyebab kanker payudara pada pria?

Hal ini tidak diketahui secara pasti apa yang menyebabkan sel-sel di payudara menjadi kanker. Namun, sejumlah faktor risiko yang mempengaruhi kanker payudara pada pria telah diidentifikasi. Kebanyakan kanker payudara yang terjadi pada pria antara usia 60 dan 70 tahun. Faktor risiko lain dari kanker payudara pada pria meliputi :

  • Memiliki erabat dekat wanita yang memiliki kanker payudara
  • Memiliki sejarah radiasi paparan di dada
  • Mengalami pembesaran payudara (disebut gynecomastia ) dari perawatan obat atau hormon, atau bahkan beberapa infeksi dan racun
  • Memiliki sebuah kondisi genetik langka yang disebut sindrom Klinefelter
  • Memiliki penyakit berat di organ hati
  • Memiliki penyakit testis seperti gondok orchitis , cedera testis, atau testis yang tidak turun

Sindrom Klinefelter adalah faktor risiko utama untuk kanker payudara yang terjadi pada pria, karena pria dengan kondisi yang 20 kali lebih mungkin untuk mengembangkan kanker payudara adalah pria berkulit putih. Sindrom Klinefelter adalah di mana bayi laki-laki lahir dengan tingkat hormon esterogen yang jauh lebih tinggi dari batas normal.

Sedangkan gejala dari kanker payudara pada pria sangat jarang terjadi, hanya saja mungkin ada perubahan yang terjadi pada payudara pria sehingga kanker payudara bisa ditemukan dan terdiagnosis oleh dokter.

Bagaimana cara mengatasi kanker payudara pada pria?

Terapi hormon estrogen dapat digunakan pada kasus kanker payudara laki-laki. Dimana terdapat reseptor estrogen pada dinding sel-sel kanker. Ini berarti bahwa sel-sel dapat menggunakan estrogen agar kanker payudara tumbuh dan berkembang. Oleh karena itu, tujuan dari terapi hormon adalah untuk memblokir efek dari estrogen.

Selain itu, Tamoxifen adalah obat yang digunakan secara luas pada terapi hormon. Tamoxifen bekerja dengan menghalangi reseptor estrogen sehingga estrogen tidak dapat masuk ke dalam sel-sel kanker. Dalam pilihan pengobatan lain, inhibitor aromatase dapat memblokir efek dari protein aromatase yang pada gilirannya dapat menurunkan jumlah estrogen dalam tubuh.

Jika anda tidak tertarik dengan pengobatan diatas, anda juga dapat menggunakan bahan-bahan alami ini untuk mengatasi atau bahkan mungkin dapat menyembuhkan kanker payudara yang di derita oleh para pria. Berikut ini adalah cara sederhana yang bisa anda lakukan selain dari pengobatan diatas.

1. Bawang putih

Bawang putih di percaya memiliki kandungan yang bersifat antibiotik dan dapat digunakan untuk menyingkirkan berbagai infeksi, bakteri, ragi dan jamur. Bawang putih juga memiliki senyawa sulfur yang dapat membuat agen anti kanker yang sangat baik. Senyawa anti kanker tersebut dapat mematikan sel-sel kanker dan tumor ganas secara alami atau yang dikenal dengan apoptosis.

Konsumsi bawang putih dalam bentuk mentah mungkin jauh lebih baik dan jika anda tidak kuat dengan baunya, anda bisa mencampurnya dengan cengkeh atau makanan sehat lainnya.

2. Anggur

Jika anda mengkonsumsi anggur, mungkin hal tersebut adalah hal yang terbaik yang anda lakukan. Karena anggur memiliki senyawa yang di sebut proanthocyanidins yang mengurangi produksi estrogen tubuh. Hal ini menyebabkan pengobatan yang efektif kanker payudara. Studi menunjukan bahwa ekstrak anggur dapat mempengaruhi hormon sensitif yang menyebabkan adanya tumor kanker payudara.

3. Vitamin D & Latihan 

Asupan vitamin D telah dikaitkan dengan rendahnya risiko kanker payudara. Ini dapat ditemukan dalam susu, telur , dan minyak ikan, tapi tidak dalam keju dan yogurt. Selain itu anda juga bisa melakukan latihan.  Penelitian menunjukkan bahwa sebuah olahraga harian dengan beberapa jam dapat mengurangi risiko terjangkit kanker payudara pada pria dari segala usia dan berat badan.

Penelitian  juga menunjukkan bahwa aktivitas fisik dan diet yang sehat dapat membantu mengurangi risiko kanker. Tidak di sarankan untuk melakukan diet yang memiliki bahaya karena dapat menyebabkan berkembangnya sel kanker. Ada fakta yang mengatakan bahwa diet sangat berbahaya untuk tubuh, jadi sangat disarankan untuk melakukan diet dengan sewajarnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *