Kenali Penyebab Sakit Tenggorokan Pada Anak Sejak Dini

Kenali Penyebab Sakit Tenggorokan Pada Anak Sejak Dini,- Tenggorokan berfungsi sebagai tempat jalannya makanan untuk masuk ke kerongkongan. Fungsi lain dari tenggorokan tidak lain sebagai saluran pernapasan atau respirasi.

Sakit tenggorokan merupakan jenis penyakit yang sering terjadi pada anak-anak. Banyak faktor yang menimbulkan munculnya penyakit ini. Bahkan kebiasaan sering mengkonsumsi makanan yang masih panas telah dikaitkan dengan sakit tenggorokan pada anak-anak.

Berdasarkan jenisnya, sakit tenggorokan ini tergolong ke dalam tiga bagian yaitu faringitis, tonsilitis dan laringitis. Dan paling sering dialami oleh anak anak biasanya pembengkakan dan kemerahan amandel,atau biasa disebut dengan tonsilitis. Apa sebenarnya yang menyebabkan sakit tenggorokan ini muncul? Yuk kenali penyebab sakit tenggorokan pada anak-anak sejak dini.

Kenali Penyebab Sakit Tenggorokan Pada Anak Sejak Dini

Kenali Penyebab Sakit Tenggorokan Pada Anak Sejak Dini

Penyebab dari munculnya sakit tenggorokan pada anak tidak lain adalah infeksi virus yang menyerang bagian tenggorokan. Streptococcus, nama dari virus penyebab sakit tenggorokan, hampir 40% kasus sakit tenggorokan pada anak terjadi akibat virus tersebut.

Sakit saat menelan, tidak mau makan, dan rewel adalah sebagian gejala yang dirasakan apabila anak terserang radang tenggorokan, selain virus terkadang penyakit ini juga muncul diakibatkan oleh bakteri.

Penyebab lain dari sakit tenggorokan pada anak diantaranya adalah : mengkonsumsi makanan berlemak, pergantian cuaca, minuman dingin, permen, flu, infeksi saluran pernapasan dan lain sebagainya.

Lalu apa yang harus dilakukan jika anak mengalami sakit tenggorokan?

Secara umum, tubuh anak dapat mengatasi virus. Namun hal ini tidak permanen karena hanya dapat bertahan satu minggu saja. Mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit mungkin bisa menjadi solusinya. Akan tetapi hal tersebut hanya bersifat sementara jadi intinya kurang efektif.

Perbanyak minum dan cukupi kebutuhan nutrisi si kecil. Patut diketahui bahwa minum air sangat penting supaya anak tidak mengalami dehidrasi, bahkan mencukupi kebutuhan mineral hariannya bisa mengurangi rasa sakit ketika sulit menelan terlebih jika anak sudah mulai mengalami demam.

Untuk meredakan rasa sakitnya bisa diatasi dengan minum air hangat seperti teh madu atau lainnya. Apabila gejala tidak mereda sama sekali, jangan ambil pusing langsung saja anda cari informasi lebih lengkap mengenai cara mengobati sakit tenggorokan pada anak supaya dapat ditangani secepat mungkin.

Beberapa kasus sakit tenggorokan sering menimbulkan komplikasi yang cukup serius karena terlalu lama dibiarkan dan tidak ada pengobatan sama sekali. Oleh karena itu orangtua selalu dituntut untul lebih siaga demi kesehatan anak agar tidak mudah terserang beragam gangguan kesehatan lainnya. Semoga bermanfaat!

Posted by : Tokoacep.info

Tulisan ini dipublikasikan di Pernafasan dan tag , , , , . Tandai permalink.