Khasiat Daun Beluntas Untuk Kesehatan

Khasiat Daun Beluntas Untuk KesehatanTanaman beluntas atau dalam bahasa sunda sering disebut dengan baruntas merupakan tanaman semak yang sering dijadikan tanaman pagar di pekarangan oleh warga pedesaan. Ciri-ciri fisik tanaman ini berbulu lembut, berusuk halus, berbunga dan bercabang banyak. Tanaman ini sering kita jumpai di mana saja, karena memang dia tumbuh di mana saja. Saat menemukannya kita bahkan menganggap tanaman ini liar dan tak bermakna yang ternyata memiliki khasiat yang tak terduga sebelumnya.

Sebelumnya apa yang anda pikirkan saat menjumpai tanaman beluntas ini ? Mungkin sebagian dari kita menganggapnya remeh atau sebagian lagi hanya memuji bunganya saja. Namun di balik itu ternyata tanaman liar ini sudah banyak diteliti dan sudah diketahui hasilnya bagi kesehatan kita. Apa anda yakin tidak tahu khasiatnya ? Baiklah akan saya paparkan lebih jelas lagi khasiatnya.

Apa Saja Kandungan Gizi Daun Beluntas ?

  1. Tannin, dalam dunia medis senyawa tannin dimanfaatkan untuk berbagai alasan seperti untuk penogobatan diare karena tannin dapat menciutkan (adstrigensia) dan mengeraskan dinding usus, sehingga dapat mengurangi keluar masuknya cairan dalam usus. Selain itu digunakan untuk mengecilkan pori-pori kulit, mencegah kerusakan membran sel, melawan radikal bebas, dan penawar racun.
  2. Natrium, kandungan ini dapat meningkatkan kinerja jantung, keseimbangan cairan tubuh, mendukung metabolisme, melancarkan peredaran darah, membawa zat gizi ke inti sel, dan merangsang kerja syaraf.
  3. Minyak astiri, manfaat dari komponen ini bisa menurunkan panas demam, produk kecantikan alami, perawatan rambut, terapi, dan dapat menyegarkan udara.
  4. Kalsium, membantu proses pertumbuhan terutama untuk menjaga kekuatan tulang. Kalsium juga dapat menstabilkan irama detak jantung, pembekuan darah dan fungsi otot.
  5. Flafonoida, sebagai anti-oksidan, melawan radikal bebas, mencegah penuaan, mencegha penyakit aterosklorosis dan penyakit kronis lainnya, anti-alergi, anti-virus, meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya penggumpalan darah.
  6. Magnesium, menjaga otot dan jantung, meningkatkan sistem imun, menjaga tulang, mengatur kadar gula darah, mendukung metabolisme energi dan protein, pengobatan gangguan kesehatan seperti penyakit jantung, hipertensi, dan diabetes. Dieta Magnesium akan diserap oleh usus kecil, dan disekresikan melalui ginjal.
  7. Fosfor, menjaga kesehatan pencernaan, tulang dan gigi, meningkatkan fungsi otak, otot dan ginjal, memperbaiki sel,mengurangi kelelahan, menjaga keseimbangan hormon, dan membantu metabolisme tubuh.

Manfaat Daun Beluntas Bagi Manusia

Setelah mengetahui kandungan gizi daun beluntas, maka dapat disimpulkan bahwa daun beluntas memiliki kegunaan sebagai berikut :

  1. Meningkatkan nafsu makan, itu karena aroma yang dihasilkan daun beluntas sangat menggugah selera.
  2. Menghilangkan gejala rematik, dengan meminum rutin rebusan daun beluntas anda bisa menghilangkan nyeri rematik, nyeri tulang dan nyeri pada bagian tubuh lainnya. Dengan begitu anda tidak perlu membeli obat warung yang akan merusak ginjal anda.
  3. Membantu melancarkan pencernaan, senyawa dalam kandunga beluntas akan membantu metabolisme sehingga dapat melancarkan pencernaan.
  4. Meningkatkan ketajaman penglihatan, hal ini karena kandungan vit.A yang terdapat pada daun beluntas.
  5. Mengobati TBC kelenjar leher, jika daun beluntas diramu dengan rumput laut dan ekstrak gelatin dari kulit sapi maka hasilnya akan baik untuk mengobati TBC.
  6. Meluruhkan keringat, manfaat yang sangat baik bagi kulit karena mencegah pori-pori tersumbat.
  7. Menghilangkan bau badan dan bau mulut, dengan mengkonsumsi daun beluntas sebagai tumisan atau lalapan, dapat menghilangkan bau mulut dan bau badan yang tidak sedap. Bukan hanya melenyapkan bau badan, daun beluntas yang dikonsumsi dengan rutin akan membuat aroma badan menjadi harum.
  8. Meredakan demam, minyak astiri pada daun beluntas berperan sebagai penurun demam dan mengatasi perut kembung.
  9. Keputihan disebabkan karena bakteri, daun beluntas sendiri adalah tanaman anti-bakteri, sehingga hal ini bisa diatasi dengan daun beluntas saja.
  10. Pereda nyeri haid, pada wanita hal itu akan merasa tidak nyaman maka untuk mengatasinya anda cukup meminum air rebusan daun beluntas.
  11. Kadar minyak astiri daun beluntas 5% dapat menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus, sedangkan pada kadar 20% dapat menghambat pertumbuhan bakteri Escherechia coli yang merupakan bakteri penyebab keracunan dari makanan.
  12. Daun beluntas memiliki efektifitas sebagai anti kejang (antispasme), mematikan bakteri (antiseptik), mengobati tukak lambung, melawan efek phenobarbital, dan sebagai aromatikum.
  13. Mencegah hipertensi, itu karena daun beluntas dapat melancarkan peredaran darah sehingga memungkinkan menghindari resiko terkena hipertensi.
  14. Menyembuhkan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh panas dalam
  15. Melancarkan ASI pada wanita menyusui

Jadi untuk anda yang ingin mengatasi permasalahan kesehatan yang tergolong ringan itu, anda tidak perlu mengguna obat-obatan kimia yang berbahaya bagi kesehatan organ anda. Anda bisa memilih pengobatan herbal ala rumahan dengan daun beluntas yang kaya akan manfaat ini. Dengan rutin mengkonsumsinya anda bisa mendapatkan hasil yang seperti anda inginkan. Daun beluntas bisa anda olah sendiri dengan merebus daunnya dan meminumnya, menumis atau memasak daun ini, bisa juga dijadikan lalapan dengan sambal. Mudah bukan ? menikmati sekaligus mengambil manfaatnya, apalagi di daerah kita daun beluntas ini tumbuh di mana-mana sehingga mudah dijumpai. Terimakasih telah mengunjungi website kami, selamat mencoba 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *