Komplikasi Hipertensi, berbahaya jika tidak diObati!

Karena hipertensi dapat dikatakan dengan suatu kondisi penyakit “diam” tanpa gejala maka dapat menyebabkan kerusakan pada bagian tubuh anda selama bertahun-tahun. Bahkan tidak asing jika banyak orang yang menderita tekanan darah tinggi selama bertahun-tahun dan mereka tidak menyadarinya. Jika hipertensi tidak segera diobati maka dapat menyebabkan komplikasi yang serius bahkan berakibat fatal. Berikut adalah komplikasi yang terjadi akibat tekanan darah tinggi.

Kerusakan arteri

Arteri yang fleksibel dan kuat adalah ciri dari arteri yang sehat. Darah akan mengalir dengan bebas dan tidak terhalang oleh pembuluh jika arteri dalam tubuh anda sehat. Tetapi, bagaimana jika arteri dalam tubuh anda mengalami kerusakan? Hipertensi akan membuat arteri dalam tubuh anda bekerja lebih keras, ketat serta akan menyebabkan arteri menjadi kurang elastis. Lemak makanan dapat tersimpan dalam arteri dan membatasi aliran darah anda. Jika anda mengalami kerusakan arteri pembuluh darah maka dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dan akhirnya akan menyerang jantung, aneurisma, serta stroke.

Kerusakan jantung

Hipertensi akan membuat jantung anda menjadi bekerja lebih keras dari biasanya. Tekanan darah yang meningkat di pembuluh darah anda memaksa otot-otot jantung anda untuk memompa lebih sering dengan kekuatan yang lebih dari jantung sehat seharusnya lakukan. Hal tersebut dapat menyebabkan pembesaran jantung. Pembesaran jantung dapat meningkatkan risiko gagal jantung, aritmia, kematian jantung mendadak, serta serangan jantung.

Kerusakan otak

Otak anda bergantung pada pasokan darah yang kaya akan oksigen agar dapat bekerja dengan baik. Tekanan darah tinggi dapat mengurangi pasokan darah pada otak anda sehingga dapat mengakibatkan komplikasi parah bahkan fatal seperti halnya dengan serangan jantung iskemik dan stroke. Hipertensi yang tidak terkontrol juga dapat mempengaruhi memori untuk kemampuan belajar, membaca, mengingat dan berbicara. Mengobati hipertensi seringkali tidak dapat menghilangkan efek dari hipertensi yang tidak terkontrol. Bagaimanapun tekanan darah tinggi dapat mempengaruhi kehidupan anda dimasa depan.

Disfungsi seksual

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan disfungsi seksual pada pria dan wanita. Pada pria, aliran darah yang baik ke penis sangat diperlukan untuk mencapai dan mempertahankan ereksi. Jika tekanan darah tinggi kronis mempengaruhi arteri dan pembuluh darah yang menuju ke penis maka dapat menyebabkan disfungsi ereksi dan impotensi.

Jika terjadi pada wanita maka tekanan darah tinggi dapat mempengaruhi aliran darah ke vagina. Yang pada akhirnya dapat menyebabkan kekeringan di vagina, hubungan seksual yang sakit, dan penurunan gairah seksual serta kesulitan untuk mencapai orgasme. Disfungsi seksual dapat menyebabkan kecemasan pada pria dan wanita yang berpontensi menyebabkan masalah dalam hubungan. Menurut Harvard Health Publications sebagian besar obat resep yang digunakan untuk mengobati darah tinggi juga dapat menyebabkan masalah seksual termasuk diuretik, beta blocker, calcium channel blockers serta inhibitor ACE.

Kerusakan Ginjal

Ginjal dalam tubuh anda menyaring kelebihan cairan dan kotoran dari darah. Hal tersebut merupakan sebuah proses yang bergantung pada pembuluh darah yang sehat. Tekanan darah tinggi dapat melukai kedua pembuluh darah dan menyebabkan terjadinya beberapa jenis penyakit yang berkaitan dengan ginjal. Berikut ini adalah penyakit ginjal yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi.

  • Gagal ginjal. Tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyebab paling umum dari gagal ginjal. Hal ini bisa terjadi karena hipertensi dapat merusak kedua arteri besar yang mengarah ke ginjal dan pembuluh darah kecil dalam ginjal. Kerusakan tersebut membuat ginjal menjadi tidak bisa menyaring kotoran dalam darah secara efektif. Akibatnya tingkat berbahaya cairan dan kotoran dalam darah dapat menumpuk yang pada akhirnya dapat menyebabkan anda untuk melakukan transplantasi ginjal.
  • Jaringan parut ginjal (glomerulosklerosis). Yaitu jenis kerusakan ginjal yang disebabkan oleh jaringan parut dari glomeruli (pembuluh darah kecil dalam ginjal). Penyakit ini dapat menyebabkan ginjal tidak dapat menyaring kotoran secara efektif yang pada akhirnya dapat mengarah ke penyakit gagal ginjal.
  • Aneurisma arteri ginjal. Merupakan tonjolan di dinding pembuluh darah. Salah satu penyebab yang sangat potensial adalah aterosklerosis yang melemahkan dan merusak dinding arteri. Seiring dengan berjalannya waktu maka tekanan darah tinggi dapat menyebabkan pembesaran dan menimbulkan tonjolan pada bagian pembuluh darah. Aneurisma dapat dipecahkan dan dapat menyebabkan pendarahan internal sehingga bisa saja mengancam jiwa anda.

Kerusakan mata

Pembuluh darah kecil halus dapat memasok aliran darah untuk mata. Tetapi sama seperti kerusakan lainnya, hal ini juga bisa rusak karena tekanan darah tinggi yang dialami si penderitanya. Berikut ini adalah kerusakan-kerusakan mata yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi.

  • Kerusakan pembuluh darah mata (retinopati). Tekanan darah tinggi dapat merusak pembuluh darah yang memasok darah ke retina mata anda yang pada akhirnya menyebabkan retinopati. Kondisi ini juga dapat menyebabkan pendarahan di mata, penglihatan kabur serta kehilangan visi lengkap anda. Jika anda memiliki penyakit diabetes dan tekanan darah tinggi maka risiko anda akan lebih tinggi.
  • Penumpukan cairan dibawah retina (choroidopathy). Dalam kondisi ini cairan akan menumpuk dibawah retina anda karena pembluh darah mengalami kebocoran di lapisan pembuluh darah yang terletak dibawah retina. Penyakit ini dapat menyebabkan visi mata anda menjadi terdistorsi atau dalam beberapa kasus, hal tersebut sering dikenal dengan jaringan yang mengganggu penglihatan.
  • Kerusakan saraf (neuropati optik). Ini merupakan suatu kondisi yang dapat memblokir kerusakan aliran darah pada saraf optik. Jika anda mengalami kerusakan mata yang satu ini maka dapat menyebabkan pendarahan didalam mata atau bahkan anda juga akan kehilangan penglihatan anda.

Bahaya lain dari tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi juga dapat mempengaruhi bagian lain dari dalam tubuh kita sehingga dapat menimbulkan berbagai masalah seperti keropos tulang dan sulit tertidur. Tekanan darah tinggi dapat meningkatkan jumlah kalsium pada urin anda. Jika anda kehilangan sebagian besar dari kalsium, maka hal tersebut dapat menyebabkan hilangnya kepadatan tulang anda. Risiko tersebut akan lebih tinggi pada mereka yang berusia lebih tua dari kita. Sedangkan sleep apnea obtruktif adalah suatu kondisi dimana otot-otot tenggorokan anda rileks dan menyebabkan anda menjadi mendengkur begitu keras pada saat tertidur. Hal tersebut lebih umum terjadi pada mereka yang mengalami tekanan darah tinggi. Mempelajari cara cepat menurunkan tekanan darah adalah hal terbaik yang bisa anda lakukan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *