Komplikasi penyakit akibat asam urat

Asam urat adalah suatu penyakit yang begitu menyakitkan. Selain itu, asam urat juga dapat berkembang menjadi kronis jika terjadi secara berulang dan sering dari waktu ke waktu.

Jika anda mengalami asam urat yang kronis maka dapat menyebabkan masalah yang lebih parah bahkan jika tidak segera diobati dapat menimbulkan komplikasi. Berikut adalah komplikasi yang disebabkan oleh asam urat.

Komplikasi Asam Urat

Tidur

Serangan asam urat sering kali terjadi pada saat anda sedang tertidur lelap. Hal ini dapat membangunkan anda ketika anda sedang tertidur pulas pada malam hari, yang akhirnya menyebabkan anda menjadi kurang tidur. Ketika anda mengalami kurang tidur, itu juga akan menjadi sebuah masalah bagi anda karena dapat menyebabkan kelelahan, stress yang meningkat, dan perubahan suasana hati.

Cacat

Rasa sakit yang dialami oleh penderita asam urat dapat mengganggu anda untuk berjalan, termasuk pekerjaan rumah tangga dan kegiatan sehari-hari anda yang lainnya. Selain itu, kerusakan sendi yang berulang dapat menyebabkan cacat yang permanen.

Deformitas sendi

Jika penyebab dari asam urat yang anda derita tidak segera diobati atau bahkan tidak diobati sama sekali maka dapat menyebabkan serangan akut dan akan terjadi begitu sering serta berulang. Peradangan yang disebabkan oleh serangan asam urat serta pertumbuhan tophi dapat menyebabkan kerusakan jaringan sendi dalam tubuh anda yang pada akhirnya akan menyebabkan sendi menjadi keluar dari keselarasan dan menjadi tidak bisa bergerak sama sekali.

Batu Ginjal

Asam urat juga dapat menimbulkan penyakit batu ginjal karena gumpalan yang terbentuk di ginjal. Hal ini akan begitu menyakitkan ginjal anda. Jika anda memiliki asam urat tinggi di ginjal maka dapat mengganggu fungsi ginjal serta dapat menyebabkan terjadinya penyakit ginjal. Menurut National Kidney Foundation, banyak orang yang menderita asam urat tetapi juga memiliki penyakit ginjal. Hal ini terkadang berakhir dengan gagal ginjal.

Efek Psikologis dan Emosional

Ketika anda memiliki penyakit asam urat, maka hal tersebut juga dapat mempengaruhi suasana hati anda. Rasa sakit yang parah dapat menyebabkan anda mengalami kesulitan untuk melakukan hal-hal dan suatu kegiatan yang anda sukai. Jika asam urat mempengaruhi suasana hati atau bahkan kehidupan anda, berbicara dengan dokter adalah cara terbaik.

Atau anda juga dapat mencari  informasi tentang cara mengatasi asam urat agar dapat mengatasi masalah anda yang berkaitan dengan persendian. Selain dapat mempengaruhi suasana hati, kondisi medis lainnya juga dapat mempengaruhi asam urat anda seperti katarak, sindrom mata kering, dan paru-paru.

Diagnosa Asam Urat

Untuk alasan yang masih belum dipahami, kadar asam urat dalam darah terkadang akan beralih ketika seseorang memiliki penyakit asam urat itu sendiri. Oleh sebab itu, test darah akan sangat berguna bagi anda. berikut adalah test yang akan membantu mendiagnosis asam urat anda:

  • Test cairan sendi. Dokter anda mungkin akan menggunakan jarum suntik untuk menarik cairan sendi dalam tubuh anda. Ketika diperiksa dibawah mikrosop, maka cairan sendi anda dapat membuktikan apakah anda terkena asam urat atau tidak.
  • Test darah. Selain test cairan sendi, dokter juga akan menyarankan anda untuk melakukan test darah agar dapat mengukur kadar asam urat dan kreatinin dalam darah anda. Hasil test darah untuk anda yang menderita asam urat biasanya akan ditandai dengan gejala dan penyebab dari asam urat itu sendiri.
  • CT scan. Dengan CT scan anda dapat mendeteksi keberadaan gumpalan pada sendi anda, tetapi test ini tidak digunakan secara rutin dalam praktek klinis karena tidak tersedia secara luas.

Ada beberapa kondisi rematik yang disebabkan oleh endapan dari asam urat yang anda derita. Selama bertahun-tahun pasien dengan asam urat diberitahu harus mengikuti diet yang membatasi purin untuk mencegah serangan asam urat.

Tetapi sekarang anda tidak harus melakukan hal tersebut lagi karena ada saran yang mudah diucapkan dan mudah juga untuk dilakukan. Selain anda harus menurunkan berat badan, mengurangi alkohol, serta mengurangi daging dengan kandungan lemak yang tinggi.

Anda juga dapat mengatasi asam urat yang anda derita dengan menggunakan pengobatan tradisional untuk mengobati asam urat. Efek dari pengobatan tradisional tentu akan lebih aman selain tidak menimbulkan efek samping bagi tubuh, bahan-bahannya juga mudah sekali untuk didapatkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *