Komplikasi yang berbahaya akibat penyakit jantung

Komplikasi penyakit jantung adalah segala serangan penyakit yang di akibatkan oleh penderita penyakit jantung. Dan beberapa komplikasi penyakit jantung bisa sangat berbahaya bahkan bisa saja terjadi kematian akibat dari penyakit komplikasi tersebut. Fibrilasi artium adalah salah satu faktor utama dari komplikasi penyakit jantung yaitu stroke.

Komplikasi penyakit jantung

1. Stroke

Faktor utama yang memicu terjadinya komplikasi penyakit jantung yaitu stroke. Ini terjadi karena adanya penyempitan yang terjadi di arteri yang terhubung dengan jantung, sehingga darah yang masuk ke jantung terlalu sedikit. Stroke juga termasuk penyakit yang berbahaya karena jika dalam beberapa menit saja anda telat mengatasi penyakit ini maka bisa menimbulkan kematian.

2. Gagal jantung

Salah satu komplikasi yang paling umum dari penyakit jantung adalah gagal jantung. Gagal jantung terjadi ketika jantung anda tidak dapat memompa cukup darah untuk memenuhi kebutuhan tubuh anda. Gagal jantung dapat terjadi dari berbagai bentuk penyakit jantung, termasuk cacat jantung, penyakit kardiovaskular, atau infeksi jantung.

3. Gagal ginjal

Gagal ginjal terjadi akibat adanya penyakit gagal jantung, karena jantung mengurangi aliran darah ke ginjal, yang pada akhirnya dapat menyebabkan gagal ginjal. Kerusakan ginjal dari gagal jantung dapat memerlukan dialisis untuk pengobatan.

4. Emboli paru-paru

Komplikasi akibat dari penyakit jantung juga dapat menyebabkan terjadinya penyakit emboli paru-paru. Emboli paru-paru adalah penyakit yang hampir mirip dengan penyakit stroke. Penyumbatan darah yang terjadi bukan ke otak melainkan ke paru-paru.

5. Penyakit Arteri Peripheral (PAD)

Yaitu penyakit yang terjadi akibat penyempitan arteri yang memasok darah ke lengan dan kaki, komplikasi ini terjadi akibat peyumbatan yang terjadi di jantung sehingga arteri darah untuk memasok darah ke lengan dan kaki juga ikut tersumbat.

6. Pnemonitis

Pneumonitis adalah penyakit infeksi par-paru yang terjadi akibat adanya pembengkakan yang terjadi di jantung, untuk itu penyakit infeksi paru-paru ini sangat berkaitan sekali dengan jantung. Pembengkakan tersebut juga bisa terjadi pada katup jantung. Jika penyakit infeksi paru-paru ini tidak segera di tangani kemungkinan besar akan terjadi kematian yang mendadak, karena fungsi jantung sebagai pemasok darah tidak berguna lagi.

Oleh sebab itu, jika anda ingin terhindar dari komplikasi yang di sebabkan oleh penyakit jantung, anda harus menjaga kesehatan jantung anda, jika jantung anda sehat maka risiko untuk terkena komplikasi akan sangat rendah. Berikut di bawah ini adalah beberapa tips yang aman untuk menjaga kesehatan jantung anda.

Cara menjaga jantung agar tetap sehat

1. Olahraga. Ketika anda rajin untuk melakukan olahraga maka itu adalah cara yang baik, karena akan berfungsi untuk mengontrol jantung. Serta risiko untuk terkena infeksi paru-paru juga akan rendah.

2. Mengkonsumsi daging tanpa kulit. Karena mengandung vitamin B6 dan protein yang sangat baik untuk terhindar dari berbagai penyakit jantung dan komplikasi penyakit jantung.

3. Tidak atau berhenti merokok jika anda seorang perokok. Karena rokok sangat berpengaruh terhadap pembuluh darah dan kesehatan jantung.

4. Membuat makanan sendiri. Makanan yang anda konsumsi setiap hari akan lebih baik jika anda membuatnya sendiri. Karena dengan cara anda membuat hidangan sendiri akan membantu anda mengontrol dan menggunakan bahan-bahan yang baik dan aman untuk di konsumsi.

5. Mengkonsumsi teh tanpa gula. Mengkonsumsi teh hijau akan jauh lebih baik untuk kesehatan jantung anda, dan bawa teh tersebut kemanapun anda pergi. Karena kandungan antioksidan dari teh hijau dapat mencegah kerusakan pembuluh darah.

6. Tidur yang berkualitas. Para ilmuwan telah membuktikan bahwa jika seseorang yang mengalami kurang tidur akan lebih berisiko dua kali lipat lebih tinggi terkena penyakit jantung dan komplikasi. Tidurlah dengan kualitas yang baik setidaknya 8 jam penuh mungkin lebih untuk beberapa orang yang memerlukan tidur.

7. Latihan pernapasan. Latihan napas bisa dilakukan dengan cara mengambil napas kemudian biarkan paru-paru untuk menahannya, ini akan bermanfaat untuk kesehatan jantung karena detak jantung akan lebih terkontrol dan akan lebih stabil dan otot jantung akan lebih bekerja secara maksimal.

8. Hindari alkohol. Karena alkohol yang berlebihan di dalam tubuh manusia akan menimbulkan suatu penyakit yaitu gangguan jantung yang parah karena tubuh terus menerus menerima racun yang bisa masuk ke dalam darah.

9. Mengkonsumsi buah apel. Apel sangat baik untuk kesehatan jantung dan hati, menurut penelitian dengan mengkonsumsi 2buah apel dalam satu hari dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung serta komplikasi dari penyakit jantung. Apel juga berfungsi untuk mengatur gula darah.

10. Mengkonsumsi kubis. Anda bisa menambahkan kubis pada menu makanan anda, karena kubis mengandung vitamin C, vitamin E, vitamin K, potasium dan kalsium serta zat besi yang baik untuk kesehatan jantung dan terhindar dari berbagai penyakit jantung ataupun komplikasi penyakit jantung yang lainnya.

11. Berjemur di pagi hari. Sinar matahari yang mengandung vitamin D dapat membantu untuk pembentukan sel darah karena wanita dengan kandungan vitamin D yang baik akan berisiko lebih rendah untuk terkena penyakit jantung serta komplikasi penyakit jantung yang lainnya, untuk itu berjemur di pagi hari sangat di sarankan karena sangat baik untuk kesehatan badan manusia, berjemurlah pada pagi hari sebelum pukul 10.00 selama 20-30 menit dalam sehari.

12. Mengkonsumsi air putih. Anda bisa mengkonsumsi air putih sebanyak 5 gelas dalam satu hari, karena air putih mampu membantu kesehatan pada jantung anda, dalam penelitian juga di katakan bahwa pria yang mengkonsumsi air sebanyak 8 ons setiap hari, memiliki kemungkinan kecil sekitar 54% akan terhindar dari penyakit dan gangguan jantung yang sangat fatal, dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi air lebih sedikit dalam satu hari.

13. Hindari stres. Mungkin dengan sedikit waktu untuk bersantai akan menghindari anda terkena penyakit jantung, karena stres dapat memicu terjadinya penyempitan pada arteri yang dapat memperburuk kondisi jantung anda. Dengan meluangkan waktu untuk bersantai, secara tidak langsung anda juga akan membantu keadaan tubuh dan pikiran untuk tetap rileks dan santai.

14. Mengkonsumsi madu. Kebanyakan orang selalu menyamakan madu dengan gula hanya karena rasa manis nya yang sama, padahal madu adalah pemanis alami yang sangat menguntungkan untuk kesehatan jantung anda. Menurut beberapa studi juga menunjukkan bahwa madu juga mampu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Hal yang sangat penting untuk di lakukan adalah anda harus tetap bisa menjaga tekanan darah agar tetap dalam keadaan yang normal. Karena jika anda mengalami hipertensi atau darah tinggi, itu akan memberikan beban yang berat untuk pembuluh darah dan juga jntung anda. Dan yang terakhir hindari obat-obatan yang dapat menyebabkan terjadinya penggumpalan darah yang terjadi pada jantung anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *