Komplikasi yang di sebabkan oleh Penyakit Diabetes

Orang yang menderita diabetes harus rutin memantau dan mengatur gula darah mereka, meski anda telah berhati hati dengan asupan makanan bahkan minuman yang anda konsumsi, namun kenaikan gula darah bisa terjadi kapan saja. Berikut di bawah ini adalah berbagai komplikasi yang terjadi akibat penyakit diabetes.

Masalah Mata

Penyakit diabetes dapat merusak pembuluh darah di mata dan dapat menimbulkan berbagai masalah. Masalah-masalah yang terjadi adalah sebagai berikut ini :

  • Katarak. Katarak adalah salah satu penyakit mata yang di sebabkan oleh diabetes, ini salah satu komplikasi yang lebih sering bahkan umum untuk penderita diabetes. Katarak menyebabkan lensa mata yang jelas berubah menjadi berawan (mata menjadi kabut tertutup oleh lendir putih). Hal tersebut dapat menghalangi cahaya yang masuk.
  • Glaukoma. Ini adalah suatu penyakit ketika tekanan menumpuk di mata dan membatasi aliran darah ke retina dan saraf optik. Glaukoma menyebabkan hilangnya penglihatan secara bertahap. Orang dengan diabetes dua kali lebih mungkin untuk mengembangkan glaukoma.
  • Retinopati diabetik.  Ini adalah istilah umum yang menggambarkan masalah retina yang disebabkan oleh diabetes. Pada tahap awal, pembuluh darah kecil di belakang mata akan membesar dan membentuk kantong. Hal ini dapat menyebabkan pembengkakan dan pendarahan yang mendistorsi visi mata anda. Hal ini juga dapat maju ke bentuk proliferatif. Bentuk proliferatif dapat menyebabkan kehilangan penglihatan permanen.
  • Edema makula. Makula adalah bagian dari mata anda yang memungkinkan anda untuk melihat wajah dan membaca. Edema makula disebabkan oleh retinopati diabetes . Ketika dinding kapiler kehilangan kemampuan mereka untuk mengontrol bagian dari zat antara darah dan retina, cairan bisa bocor ke makula mata dan dapat menyebabkan mata menjadi bengkak. Kondisi ini menyebabkan penglihatan kabur dan potensi kerugian dari visi.

Penyakit Ginjal Diabetik

Kadar gula darah yang tinggi pada penderita diabetes dapat merusak ginjal dengan berjalannya waktu. Ketika hal tersebut terjadi maka dapat mempengaruhi cara kerja ginjal anda untuk menyaring limbah dari dalam tubuh anda. Selain itu, jika anda memiliki kadar gula yang tinggi kemungkinan besar anda juga akan lebih berisiko untuk terkena penyakit hipertensi (darah tinggi). Diabetes adalah penyebab utama dari penyakit ginjal.

Kerusakan Saraf

Tubuh manusia akan mengalami kerusakan jika terlalu banyak memiliki gula darah dalam tubuhnya. Bagian saraf yang akan terpengaruh adalah saraf yang mengatur proses otomatis tubuh. Seperti pencernaan, dan bisa juga mempengaruhi saraf ekstremitas seperti kaki. Gejala yang biasa terjadi pada saat penyakit diabetes mempengaruhi sistem saraf adalah perasaan geli, rasa sakit, mati rasa, dan sensasi yang terbakar. Ketika anda mengalami mati rasa yang begitu parah maka dapat menyebabkan berkembangnya infeksi.

Kulit dan Kaki bermasalah

Orang yang menderita penyakit diabetes lebih sering dan berisiko memiliki masalah yang berhubungan dengan kaki karena kerusakan saraf, pembuluh darah dan aliran darah terhambat pada ekstremitas. Anda akan mengalami masalah yang lebih serius pada bagian kaki ketika anda menderita penyakit diabetes, jika anda memiliki borok kulit yang di sebabkan oleh penyakit diabetes biasanya anda harus merelakan kaki anda untuk di amputasi.

Penyakit Kardiovaskular

Secara tidak langsung penyakit diabetes memiliki risiko tinggi untuk terkena berbagai penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit arteri koroner dengan nyeri dada (angina), serangan jantung, stroke dan penyempitan arteri (aterosklerosis). Jika anda memiliki diabetes, anda lebih mungkin untuk memiliki penyakit jantung atau stroke.  Diabetes tipe 2 dapat meningkatkan risiko penyakit Alzheimer karena kurangnya mengontrol gula darah anda dan tampaknya risiko akan semakin besar.

Komplikasi Jangka Panjang

Komplikasi jangka panjang dari diabetes berkembang secara bertahap. Semakin lama anda menderita diabetes, semakin tinggi risiko anda untuk mendapatkan komplikasi. Perawatan dan pencegahan yang tepat dapat membantu anda mengontrol atau menghindari banyak atau semua komplikasi diabetes ini. Semakin baik anda dalam mengelola kadar gula darah anda, maka semakin rendah risiko komplikasi yang akan berkembang, dan semakin baik pula prospek anda dalam jangka panjang.

Pencegahan komplikasi Diabetes

Berikut adalah beberapa penyakit yang di sebabkan oleh penyakit diabetes, untuk menghindari penyakit-penyakit tersebut tentu anda harus memiliki pencegahan untuk mengatasinya. Semua komplikasi diabetes tersebut dapat di cegah dengan cara rutin mengontrol kadar glukosa dalam darah anda. Selain dari obat atau pengobatan insulin anda bisa melakukan olahraga dan mengkonsumsi makanan yang baik untuk tubuh anda. Bagaimana jika anda mengkonsumsi makanan buruk untuk penderita diabetes? Sebaiknya anda ketahui fakta dari penyakit diabetes agar anda tidak selalu melakukan hal-hal bodoh yang bisa membuat penyakit diabetes anda menjadi tambah parah karena kelakuan anda sendiri! Seperti yang sudah dibahas bahwa pemantauan ketat tentang kesehatan anda merupakan hal yang utama untuk mencegah terjadinya komplikasi pada tubuh anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *