Lancarkan Aliran Darah Dengan 25 Jenis Makanan Ini

Sebagian penyakit adalah disebabkan oleh ketidaklancarannya proses sirkulasi dan aliran darah. Aliran darah yang tersendat oleh penumpukan plak atau unsur lainnya dapat mempengaruhi kesehatan organ terutama jantung. Jantung berguna memompa darah dan mengedarkannya keseluruh tubuh, jika aliran darah yang menuju ke jantung terhambat maka bisa menimbulkan gagal jantung bahkan kematian mendadak.

Jika aliran darah yang menuju ke otak tersendat akan menyebabkan stroke, jika aliran darah yang tersendat menuju ke ginjal maka akan menyebabkan gagal ginjal, dan begitu juga yang terjadi pada organ tubuh lainnya. Untuk itu kita harus memastikan bahwa tidak ada satu pun pembuluh darah dalam diri kita yang terhambat alirannya. Dengan mengkonsumsi makanan berikut ini anda bisa terhindar dari pembekuan darah akibat penumpukan plak pada pembuluh darah :

  1. Buah jeruk kaya akan vitamin C yang mampu mencegah penggumpalan darah, membantu untuk memperkuat dinding kapiler, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menetralisir radikal bebas.
  2. Aneka buah merah kaya akan likopen yang berguna untuk melancarlan sirkulasi darah. Likopen adalah pewarna merah pada buah yang sangat berguna bagi tubuh kita, salah satuny untuk melancarkan peredaran darah.
  3. Semangka selain mengandung likopen semangka juga mengandung L-citrulline (asam amino yang ditemukan dalam semangka) mengalami penurunan tekanan darah hanya dalam waktu enam minggu. Para peneliti mengatakan bahwa asam amino dalam semangka dapat membantu tubuh Anda memproduksi oksida nitrat, yang memperlebar pembuluh darah.
  4. Alpukat kaya akan kandungan serat yang dibutuhkan tubuh, juga mengandung asam lemak omega 3 yang juga memiliki fungsi untuk membantu memperlancar aliran sirkulasi darah di tubuh.
  5. Buah pome mengandung senyawa phytochemical sebagai antioksidan pada buah pome dapat melindungi lapisan pembuluh dari kerusakan, dan merangsang produksi oksida nitrat dalam tubuh yang dapat memperlancar aliran darah dalam arteri.
  6. Kesemek buah yang termasuk dalam keluarga apel ini memiliki kandungan nutrisi yang mampu menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida.
  7. Bawang putih dapat membantu merenggangkan pembuluh darah dan meningkatkan produksi hidrogen sulfida pada pembuluh darah, hal ini dapat membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah. Konsumsi bawang putih mentah berkhasiat mengurangi pengumpulan kolesterol jahat.
  8. Jahe, rempah yang satu ini berkhasiat mengurangi kolesterol dalam darah dan hati. Sehingga membantu mencegah pembekuan darah dan melancarkan sirkulasi darah pada pembuluh darah.
  9. Paprika dan Cabe dapat membantu memompa peredaran darah, sehingga hal ini mampu mencegah agregasi trombosit, maka sirkulasi darah dalam tubuh akan meningkat. Selain itu, paprika dan cabe juga berguna untuk meningkatkan fungsi hati, menjaga tekanan darah dalam kisaran normal.
  10. Kunyit rempah ini terbukti memiliki senyawa anti-inflamasi dan kaya anti-oksidan. Sehingga memiliki fungsi menurunkan peradangan penyebab arteriosclerosis atau pengerasan pembuluh darah, dan mengurangi lemak berlebih pada arteri sebanyak 26 persen.
  11. Kayu manis kaya antioksidan yang membantu mengurangi lemak dalam aliran darah, mencegah perkembangbiakan plak pada arteri, dan menurunkan kadar kolesterol jahat sebanyak 26 persen.
  12. Keju juga bisa menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian di Harvard membuktikan bahwa orang yang makan tiga porsi keju rendah lemak susu dalam sehari memiliki tekanan darah sistolik yang rendah dibandingkan orang yang tidak makan keju.
  13. Cokelat hitam meskipun rasanya sedikit pahit akan tetapi jenis cokelat yang satu ini mengandung zat flavonoid yang dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dan menurunkan kolesterol jahat serta dapat membantu menjaga kesehatan jantung.
  14. Kopi mengandung kafein yaitu stimulan yang dapat menyebabkan peningkatan sementara dalam tekanan darah. Tetapi jika konsumsi kopi terlalu berlebihan,dapat menyebabkan jantung berdetak tidak teratur.
  15. Teh hijau mengandung banyak anti-oksidan dan catechin dalam teh hijau dapat menurunkan penyerapan kolesterol dalam tubuh.
  16. Bayam mengandung potasium dan folat yang ditemukan dalam bayam dapat membantu menurunkan tekanan darah dan membantu mengurangi risiko penyakit jantung sebesar 11 persen. Namun jika ada sayur bayam di rumah jangan terus dipanaskan, bahaya bisa jadi racun.
  17. Pegagan dapat menambah ketahanan tubuh, membersihkan darah, memperlancar urin, meningkatakan daya rangsang otak, memperlancar aliran darah pada pembuluh otak, meningkatkan sirkulasi darah pada lengan dan kaki untuk mencegah varises dan salah urat.
  18. Brokoli kandungan vitamin K dalam brokoli juga membantu pembentukan tulang dan menjaga kalsium agar tidak merusak arteri.
  19. Asparagus membantu melancarkan peredaran darah yang sehat untuk arteri. Jika asparagus bekerja dalam 10.000 mil pembuluh darah dan melepaskan tekanan pada arteri maka akan memungkinkan tubuh mengakomodasi peradangan yang pernah terakumulasi selama bertahun-tahun.
  20. Kacang-kacangan yang mengandung vitamin E, dan serat yang membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah, dan menurunkan resiko penyakit jantung. Kacang kenari juga mengandung omega 3 yang baik bagi sirkulasi darah dan kecerdasan otak.
  21. Gandum utuh mengandung serat larut yang akan mengikat kolesterol dalam makanan dan membawa keluar dari tubuh. Tubuh akan menarik pasokan kolesterol dari darah jika tubuh sedang membutuhkan manfaat dari kolesterol sehingga gandum utuh ini efektif menurunkan kolesterol dalam tubuh dan mengurangi resiko penyakit jantung.
  22. Minyak zaitun bisa di jadikan bahan masakan untuk mengganti minyak sayur sehingga membantu terhindar dari resiko penyakit stroke. Hal ini didasarkan pada sebuah penelitian pada tahun 2011 yang diperuntukkan pada masyarakat berusia 65 tahun.
  23. Secang memiliki batang (kayu) yang sering digunakan sebagai pewarna dan bahan minuman penyegar. Kayu secang mengandung anti-bakteri, anti-koagulasi (anti penggumpalan), serta mengandung antioksidan. Secang dapat berfungsi untuk memperlancar aliran darah, mengobati gangguan perut, dan memberi efek rileks.
  24. Ikan Salmon dan ikan tuna memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang berperan besar dalam meningkatkan sirkulasi darah yang akan dialirkan keseluruh bagian tubuh. Juga mengandung kolesterol baik yang bisa menyingkirkan kolesterol jahat.
  25. Ganggang spirulina membantu hati menyeimbangkan kadar darah, menurunkan lemak kolesterol LDL, dan meningkatkan kolesterol HDL sebanyak 15 persen.

Nah itulah makanan yang bisa melancarkan peredaran darah. Dengan mengkonsumsi makanan-makanan tersebut setiap hari atau secara rutin anda bisa terhindar dari resiko penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan serta kekebalan tubuh anda. Selamat mencoba ^_^

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *