Makanan dan Minuman Terburuk untuk Penderita Diabetes

Jika anda memiliki penyakit diabetes, mengetahui makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi merupakan sesuatu hal yang penting.

Tujuan dasar dari nutrisi pada penderita diabetes merupakan hal yang dilakukan untuk menghindari lonjakan pada kadar gula darah. Permen dan soda adalah makanan dan minuman yang sangat berbahaya untuk penderita diabetes.

Anda harus lebih faham dengan hal-hal yang berhubungan dengan penyakit diabetes karena pengaruh penyakit diabetes pada tubuh sangat buruk bagi kesehatan. Berikut di bawah ini adalah makanan dan minuman terburuk jika di konsumsi oleh penderita diabetes.

Makanan Terburuk untuk Penderita Diabetes

1. Nasi Putih

Jika anda mengkonsumsi beras putih, maka hal tersebut akan lebih berisiko untuk terkena penyakit diabetes tipe 2. Menurut sebuah studi pada tahun 2012 mengatakan bahwa lebih dari 350.000 orang yang mengkonsumsi nasi putih akan berisiko untuk mengalami penyakit diabetes tipe 2 dan meningkat hingga 11%.

2. Pisang dan Melon

Semua buah segar akan di kemas dengan vitamin dan serat yang baik. Hal tersebut menjadikan buah-buahan sebagai bagian sehat yang baik untuk tubuh. Namun, tidak untuk penderita diabetes. Pisang dan melon adalah buah-buahan yang mengandung gula. Oleh sebab itu, untuk penderita diabetes sangat tidak di anjurkan untuk mengkonsumsi buah-buahan tersebut karena dapat menyebabkan lonjakan gula darah.

3. Makanan cina

Berkalori tinggi, lemak, sodium dan karbohidrat yang tinggi adalah ciri dari makanan cina. Satu piring makanan cina dapat menimbulkan lonjakan pada kadar gula darah anda. Makanan yang sangat tidak di sarankan adalah ayam jeruk, hidangan manis dan asam yang mengandung breading dan disajikan dengan saus manis.

4. Kue

Hindari donat, kue dan semua yang bertentangan dengan roti. Karena semua itu terbuat dari tepung olahan yang tinggi lemak, karbohidrat, natrium dan gula. Kayu manis juga merupakan salah satu hal terburuk karena memiliki 800 kalori hingga 120 gram karbohidrat.

5. Trail Mix

Trail mix merupakan perpaduan dari kacang-kacangan, buah kering, dan susu cokelat. Proses dehidrasi menyebabkan gula alami yang terdapat dalam buah-buahan untuk menjadi super konsentrat.

6. Sereal Manis

Sarapan dengan konsumsi sereal manis dapat menyebabkan terjadinya lonjakan pada kadar dalam gula darah anda. “Reaksi gula darah untuk sereal sangat bervariasi dari orang ke orang,” kata Dr Doria-Medina. Bahkan oatmeal yang direkomendasikan sebagai pilihan yang baik oleh ADA bisa menjadi masalah jika memiliki pemanis buatan di dalamnya.

Minuman Terburuk untuk Penderita Diabetes

1. Soda dan Pemanis buatan

Pemanis buatan dapat meningkatkan gula darah anda selain itu dapat meningkatkan risiko anda untuk terkena obesitas karena kenaikan berat badan yang di timbulkan oleh pemanis buatan. Pemanis buatan juga dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, stroke dan serangan jantung.

Satu minuman yang mengandung pemanis buatan akan meningkatkan kadar gula dalam darah anda sekitar 40 sampai 50 kadar gula. Penelitian menunjukkan bahwa gula dapat menyebabkan peradangan dan resistensi insulin, meningkatkan risiko diabetes dan penyakit jantung.

2. Minuman Berenergi

Minuman berenergi adalah minuman kedua yang tinggi akan kandungan kafein dan karbohidrat. Penelitian menunjukkan bahwa minuman berenergi bukan hanya menunjukkan peningkatan pada kadar gula dalam darah, namun juga dapat menyebabkan retensi insulin. Jika retensi insulin terjadi hal ini dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

3. Jus buah Manis

Jus buah manis dapat meningkatkan karbohidrat dalam tubuh anda. Ini dapat meningkatkan berat badan anda dan dapat menjadi malapetaka buat anda jika mengkonsumsinya. Pastikan anda mengambil jus yang 100 persen murni dan tidak mengandung tambahan gula. Jus menyediakan banyak karbohidrat dalam porsi kecil, jadi pastikan untuk menghitung kandungan karbohidrat dalam rencana anda. Biasanya sekitar 4 ons atau kurang dari jus mengandung 15 gram karbohidrat dan 50 atau lebih banyak kalori.

4. Minuman berakohol

Jika anda memiliki tekanan darah tinggi atau mengalami kerusakan saraf yang di timbulkan oleh penyakit diabetes, kemudian anda mengkonsumsi minuman berakohol maka hal tersebut dapat memperburuk kondisi anda. Satu studi pada tahun 2012 menemukan bahwa pria yang meminum minuman berakohol memiliki peningkatan risiko diabetes tipe 2.

Masalah pertama dengan alkohol adalah bahwa hal itu menurunkan kadar gula darah dan memiliki efek pada hati. Yang kedua adalah bahwa itu adalah tinggi kalori, yang tingginya hampir setinggi lemak tapi dengan sedikit nutrisi. Bagaimana dengan sajian tentang makanan dan minuman terburuk untuk penderita diabetes ini? Apakah dapat membantu anda?Sebenarnya penyakit diabetes bisa anda tangani jika anda mengetahui perbedaan diabetes dan fakta dari penyakit diabetes.

Karena jika anda mengetahui dari keduanya akan sangat lebih mudah untuk anda mengobati penyakit diabetes yang anda derita. Diabetes membawa pembatasan dalam kehidupan. Oleh sebab itu, anda harus bisa membatasi makanan dan minuman yang buruk bagi tubuh anda. Makanan untuk diabetes, makanan ringan untuk penderita diabetes dan sarapan untuk penderita diabetes. Semuanya harus direncanakan dan dipersiapkan untuk menjaga persyaratan kesehatan dan pembatasan dalam pikiran. Hal ini berlaku untuk pasien diabetes juga.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *