Makanan Sehat Yang Boleh Dikonsumsi Oleh Penderita Faringitis

Makanan Sehat Yang Boleh Dikonsumsi Oleh Penderita Faringitis,- Apa kamu sedang mengalami radang tenggorokan? Tak kunjung sembuh meski sudah melakukan berbagai pengobatan? Waspada! kamu sedang terserang faringitis.

Faringitis adalah kondisi gangguan kesehatan yang sering dianggap sepele oleh sebagian orang. Mereka selalu beranggapan bahwa penyakit ini hanyalah iritasi biasa pada tenggorokan dan akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari.Makanan Sehat Yang Boleh Dikonsumsi Oleh Penderita Faringitis

Memang benar sekali, awal mulanya penyakit ini tidak menimbulkan bahaya apapun. Namun apabila radang tenggorokan yang dialami tak kunjung membaik meski sudah berobat, maka itu artinya faringitis sedang menyerang tenggorokan anda.

Jika anda sudah terserang faringitis, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah merubah gaya hidup dan pola makan. Mengapa? Karena tidak bisa dipungkiri bahwa makanan faktanya masih berperan penting dalam menjaga fungsi faring.Makanan Sehat Yang Boleh Dikonsumsi Oleh Penderita Faringitis

Oleh karena itu, lebih selektif dalam memilih asupan makanan adalah cara terbaik yang bisa kamu lakukan. Bukan itu saja, bahkan anda pun dituntut untuk mempunyai panduan lengkap untuk memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh supaya penyakit faringitis yang dialami tidak berkembang lebih buruk.

Jika benar demikian, lantas makanan seperti apa saja yang boleh dikonsumsi oleh penderita faringitis? Tak perlu bingung dan risau karena di artikel ini sudah disuguhkan berbagai asupan makanan sehat yang boleh dikonsumsi oleh penderita faringitis.Makanan Sehat Yang Boleh Dikonsumsi Oleh Penderita Faringitis


Makanan Sehat Yang Boleh Dikonsumsi Oleh Penderita Faringitis


Makanan Sehat Yang Boleh Dikonsumsi Oleh Penderita FaringitisBanyak jenis makanan sehat yang bisa dikonsumsi. Namun beberapa diantaranya tidak terlalu dianjurkan karena sebagian besar cukup berpengaruh pada kesehatan faring. Berikut di bawah ini makanan sehat yang boleh dikonsumsi oleh penderita faringitis.

Makan pisang

Buah kuning yang satu ini dapat menimbulkan sensasi lembut pada tenggorokan sehingga bagus sekali apabila dikonsumsi oleh penderita faringitis. Selain itu, vitamin C yang terkandung di dalamnya sangat bermanfaat pula karena dapat mengusir bakteri jahat yang berkembang pada tenggorokan.

Makan sup ayam

Dalam beberapa pengobatan kuno zaman dahulu, sup ayam selalu dihadirkan sebagai hidangan istimewa karena bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pernafasan. Terlebih bagi penderita faringitis, sup ayam dapat melegakan dan menghilangkan sensasi panas terbakar di tenggorokan. Dimana itu adalah gejala paling umum yang ditimbulkan oleh penyakit faringitis.

Minum teh herbal

Ada beberapa jenis teh herbal yang dipercaya mampu melegakan tenggorokan. Diantaranya adalah teh jahe, teh hijau serta campuran lemon dan madu. Ketiga teh herbal tersebut cukup populer dan bagus sekali untuk meredakan gejala faringitis.

Makan sayuran

Wortel, kentang, bayam dan kol merupakan sayuran terbaik yang direkomendasikan bagi penderita faringitis, dengan catatan harus dimasak hingga benar-benar matang. Hal ini diperlukan untuk menghindari adanya bakteri yang masih menempel pada sayuran tersebut.

Hindari makanan yang digoreng

Mau itu makanan sehat atau bukan, sebaiknya jangan masak makanan tersebut dengan cara di goreng, karena makanan yang digoreng cenderung lebih berisiko memperburuk faringitis akibat minyak jenuh yang menempel pada makanan tersebut. Mengolah makanan dengan cara di kukus, jauh lebih baik untuk kesehatan tenggorokan.

Perbanyak minum air putih

Ketika radang tenggorokan menyerang, cobalah untuk menghindari berbagai minuman kemasan dan beralih ke minuman alami yakni air putih. Air sangat berperan penting dalam kelangsungan hidup manusia, tak terkecuali faring. Air mineral dapat mengembalikan fungsi faring dengan baik dan menjaga faring dari kerusakan permanen.

Itulah makanan yang boleh dikonsumsi oleh penderita faringitis. Adapun jenis makanan lain yang dapat dikonsumsi diantaranya adalah telur, oatmeal, dan lain sebagainya. Adapun beberapa penyebab munculnya faringitis yang harus diketahui.Makanan Sehat Yang Boleh Dikonsumsi Oleh Penderita Faringitis


Apa itu Faringitis?

Penyakit faringitis ialah kondisi peradangan yang menyerang faring, yakni organ tubuh yang terdapat di belakang tenggorok. Gejala utama dari penyakit faringitis tidak lain rasa gatal dan sensasi sulit menelan yang terjadi pada tenggorokan.

Makanan Sehat Yang Boleh Dikonsumsi Oleh Penderita FaringitisSecara umum, penyakit faringitis disebabkan oleh virus atau bakteri yang berkembang di tenggorokan. Virus tersebut bisa berasal darimana saja, termasuk salah satunya makanan yang kita konsumsi. 

Faringitis juga bisa muncul karena adanya infeksi dari penyakit yang diderita sebelumnya. Seperti flu, batuk dan filek. Meski banyak antibiotik yang diresepkan dokter untuk mengatasi radang tenggorokan, namun sepertinya hal tersebut tidak berguna sama sekali.Makanan Sehat Yang Boleh Dikonsumsi Oleh Penderita Faringitis

Mengapa? Karena infeksi virus tidak akan merespon terhadap antibiotik, meskipun bisa itu hanyalah bersifat sementara dan tidak akan berlangsung lama. Terbentuknya penyakit kanker tenggorokan adalah ancaman terbesar bagi penderita faringitis.

Sebuah periset mengungkapkan bahwa faringitis yang tidak diobati secara optimal dapat menimbulkan rasa sakit berkepanjangan yang akhirnya berdampak pada seluruh bagian tenggorokan dan menyebabkan kanker tenggorokan.Makanan Sehat Yang Boleh Dikonsumsi Oleh Penderita Faringitis

Tahukah anda bahwa faringitis bisa menyebabkan kerusakan ginjal? Faringitis akut seringkali menimbulkan demam yang berlangsung lama. Jika hal ini terjadi secara terus menerus tanpa melakukan pengobatan apapun, maka bersiaplah jika pada akhirnya organ ginjal pun harus ikut terinfeksi.

Kekebalan tubuh yang kurang memadai sudah pasti akan melibatkan ginjal dan menimbulkan peradangan yang disebut Glomerulonefritis. Meski tidak akan menyebabkan kerusakan ginjal, namun dalam sebauh penelitian telah diungkapkan bahwa faringitis mampu menginfeksi seluruh bagian ginjal.Makanan Sehat Yang Boleh Dikonsumsi Oleh Penderita Faringitis

Bahkan dalam kondisi jarang, faringitis dapat menimbulkan komplikasi parah pada bagian lambung. Hal ini juga cenderung bisa membuat asam lambung naik ke tenggorokan secara tiba-tiba dan apabila kondisi ini dibiarkan begitu saja akan sangat berpengaruh pada masalah faringitis yang lebih serius.


Itulah informasi lengkap seputar makanan yang boleh dikonsumsi oleh penderita faringitis. Meski banyak sekali gejala dan penyebab yang dapat dihindari dan diatasi dengan cepat. Namun, apabila suatu penyakit sudah berubah kronis, maka pengobatan tidak lagi semudah yang dibayangkan.Makanan Sehat Yang Boleh Dikonsumsi Oleh Penderita Faringitis

Ada banyak proses yang harus dilalui untuk mendapatkan kesembuhan dari suatu penyakit kronis. Jika anda tidak mau hal ini terjadi, maka segera lakukan pencegahan sejak dini.  Pencegahan seperti apa yang bisa dilakukan?

Karena pada dasarnya penyakit faringitis ini bisa menular dengan cepat maka hal utama yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan diri. Mulai dari membiasakan untuk mencuci tangan sebelum makan, hingga tidak berbagi peralatan makan kepada siapapun dapat kamu terapkan sebagai langkah pencegahan sejak dini.Makanan Sehat Yang Boleh Dikonsumsi Oleh Penderita Faringitis


Catatan : Apabila radang tenggorokan disertai dengan demam dan tidak reda meski sudah minum obat, segera konsultasi dengan dokter supaya bisa diberikan penanganan medis yang tepat. Karena seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa antibiotik saja tidak cukup untuk meredakan gejala. Apalagi kalau faringitis yang diderita sudah akut atau berlangsung lama.Makanan Sehat Yang Boleh Dikonsumsi Oleh Penderita Faringitis


 

Tulisan ini dipublikasikan di Pengobatan dan tag , , , . Tandai permalink.