Makanan untuk mengatasi Uterine Fibroid

Fibroid rahim adalah pertumbuha tidak normal yang terjadi dalam rahim, memang bukan kanker karena ini hanya tumor jinak dan seringkali tidak menimbulkan suatu gejala apa pun.

Perempuan paling mungkin mengalami fibroid rahim setelah mereka melahirkan dan diet yang dilakukan juga dapat memainkan peran besar apakah anda mengembangkan fibroid atau atau justru sebaliknya.

Menurut Mayo Clinic, Anda mungkin memiliki fibroid rahim jika mengalami perdarahan berat, nyeri panggul, sakit punggung atau sembelit. Berbicara dengan dokter untuk menentukan apakah anda memerlukan pengobatan tambahan untuk menyingkirkan fibroid mungkin pilihan yang bagus. Namun, dengan makan makanan tertentu juga dapat membantu, seperti beberapa makanan berikut ini.

Bawang putih

Bawang putih merupakan makanan yang paling kuat karena dapat meningkatkan rasa terhadap makanan. Menambahkan bawang putih pada makanan dapat membantu mengecilkan fibroid dalam rahim. Ini terjadi karena senyawa dalam bawang putih dapat menghambat pertumbuhan tumor. Selain itu bawang putih juga baik untuk sistem kekebalan tubuh karena mengandung antioksidan yang kuat. Mengkonsumsi bawang putih yang masih segar bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Apalagi jika anda mengkonsumsi bawang putih secara langsung.

Buah jeruk dan Sayuran

Vitamin C merupakan nutrisi yang sangat penting untuk mengobati fibroid di rahim. Hal tersebut bisa terjadi karena vitamin C dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dan membantu untuk mencegah adanya infeksi. Selain itu, vitamin C yang terdapat dalam buah jeruk memberikan kontribusi kuat dalam penyusutan fibroid di rahim. Makan makanan lain seperti strobery, kiwi, lemon dan tomat juga dapat membantu anda untuk mengecilkan fibroid rahim karena mengandung vitamin C.

Selain anda dapat mengkonsumsi makanan-makanan tersebut, anda juga dapat memakan makanan yang mengandung beta karotan seperti kentang manis, paprika, wortel dan melon sehingga dapat meningkatkan vitamin penting dalam tubuh yang secara efektif dapat mengobati fibroid di rahim anda.

Susu rendah lemak

Beberapa bukti telah menunjukkan bahwa konsumsi produk susu dapat secara signifikan memperlambat pertumbuhan sel yang mengarah ke tumor di rahim anda. Kandungan kalsium dalam susu juga dapat membantu mengatasi masalah fibroid yang terdapat dalam rahim anda.

Fibroid rahim itu sendiri tiga kali lebih mungkin terjadi para wanita yang berkulit hitam dibandingkan dengan wanita berkulit putih.Sebab, wanita kulit hitam lebih sedikit mengkonsumsi susu dibandingkan dengan wanita berkulit putih yang hampir setiap hari meminum segelas susu.

Jika memilih produk susu yang baik maka anda juga dapat menggabungkan dengan varietas lain yang rendah lemak. Seperti mencampurkan susu, yoghurt dan keju. Atau jika tidak, anda juga bisa memilih susu yang diperkaya bebas laktosa atau setara nondairy seperti susu dan almond. Batasi lemak tinggi seperti susu dan keju untuk mencegah berkembangnya fibroid anda.

Kedelai

Bukti ilmiah mengatakan bahwa kedelai dapat berperan sebagai penghambat dari pertumbuhan tumor pada rahim anda. Kedelai merupakan sumber daya yang kaya akan phytoestrogen, khususnya isoflavon yang mungkin akan memiliki efek “antiesterogen” ┬ádalam tubuh sehingga akan bersaing dengan esterogen yang mengikat reseptor.

Sebuah studi baru melaporkan bahwa konsumsi dosis tinggi isoflavon dapat menghambat fibroid yang tumbuh di rahim, dan karena itu merupakan suatu potensi yang digunakan sebagai terapeutik pada pengobatan fibroid dalam rahim.

Selain itu, studi lainnya juga mengatakan bahwa mereka yang mengkonsumsi kedelai dapat mengalami penurunan risiko fibroid, kemudian asupan kedelai akan lebih tinggi manfaatnya dibandingkan dengan konsumsi buah dan vitamin A yang bersumber dari telur dan susu.

Selain dari makanan-makanan diatas, berkonsultasi dengan ahli gizi juga dapat bermanfaat bagi fibroid rahim yang anda miliki. Dengan berkonsultasi dengan ahli gizi maka anda setidaknya dapat menurunkan lemak perifer dan mengurangi produksi esterogen sehingga dapat membantu wanita-wanita yang memiliki uterine fibroids.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *