Makanan yang Baik bagi Penderita Asam Urat

Beberapa penelitian telah menunjukan bahwa ada beberapa makanan yang dapat mengurangi risiko asam urat. Jika anda mengikuti diet yang dapat membantu mengontrol tingkat darah dan asam urat maka hal tersebut merupakan rencana yang baik untuk perawatan asam  urat.

Hal tersebut bisa terjadi karena tingginya kadar asam urat dalam darah dapat memicu terbentuknya gumpalan yang menumpuk pada persendian anda sehingga menyebabkan sakit parah dan membentuk peradangan sampai terbentuknya serangan asam urat.

Diet tradisional asam urat telah berfokus pada apa yang tidak harus dimakan yaitu makanan yang mengandung kaya purin dan nitrogen yang mengandung senyawa dimana hal tersebut dapat menyebabkan pembentukan dan pertumbuhan asam urat. Berikut ini adalah makanan yang dapat dikonsumsi bagi anda jika memiliki penyakit asam urat.

Makanan untuk Penderita Asam Urat

Sayuran

Diet dengan kaya sayuran sangat penting dilakukan bagi mereka penderita asam urat. Penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2012 menunjukkan bahwa ada kolerasi antara asupan sayuran dan risiko asam urat. senyawa yang terdapat dalam sayuran akan bermanfaat karena dapat mengimbangi efek dari makan yang mengandung banyak purin, yang mana makanan dengan kandungan purin yang tinggi merupakan faktor utama dari terbentuknya asam urat.

Makan cery

Setidaknya beberapa studi telah menunjukkan bahwa buah cery mungkin akan bermanfaat terhadap asam urat. Satu studi kecil yang dipresentasikan pada pertemuan tahun 2010 menemukan bahwa pasien dengan asam urat yang mengambil satu sendok makan jus cery yang konsentrat dua kali dalam sehari selama empat bulan, mereka mengalami penurunan risiko lebih besar dari 50% dalam serangan asam urat.

Kemudian, penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 juga telah menunjukkan bahwa cery dapat mengurangi kadar asam urat yang dapat menimbulkan peradangan.

Produk susu

Para peneliti telah menemukan bahwa produk susu yang rendah lemak dapat meningkatkan sekresi asam urat dalam urine. Dalam penelitian sebelumnya yang telah dilakukan telah membuktikan bahwa jika anda mengkonsumsi susu dengan kandungan rendah lemak maka anda akan lebih sedikit untuk memiliki kadar asam urat dalam tubuh.

Protein tinggi dan kandungan purin yang rendah dapat menjelaskan efek perlindungan pada kadar asam urat dalam tubuh anda sehingga anda tidak akan mengalami penyakit asam urat.

Minum kopi

Kopi bukanlah suatu yang buruk bagi penderita asam urat jika dikonsumsi. Sebab dua studi yang terpisah telah menunjukan bahwa meminum secangkir kopi dapat mengurangi risiko asam urat untuk pria dan wanita. Hasil penelitian yang lebih besar sekitar 45.869 orang yang memiliki usia lebih dari 40 tahun memiliki penurunan risiko dari asam urat sekitar 40% pada laki-laki dan sekitar 59% lebih rendah untuk perempuan.

Dalam ulasan studi lainnya juga telah dikatakan bahwa 14.000 pria semakin rendah untuk memiliki risiko asam urat ketika sudah meminum secangkir kopi dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi satu cangkir kopi pun. Bagaimana dengan teh? Teh tampaknya tidak memiliki pengaruh sama sekali pada penderita asam urat jika dibandingkan dengan kopi.

Hindari makanan tinggi purin

Makanan yang tinggi purin sama sekali tidak baik jika dikonsumsi oleh penderita asam urat. Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan larangan seseorang untuk tidak mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan tinggi purin pada penderita asam urat, tetapi anda mungkin tidak tau makanan apa saja yang mengandung tinggi purin.

Berikut ini adalah makanan yang memiliki kandungan purin yang tinggi, sangat penting untuk anda ketahui bahkan untuk anda hindari dari meja makan anda. Seperti seafood (erutama kerang, ikan teri, dan sarden). Daging (terutama bagian otak dan ginjal), saus, makanan dan minuman yang dibuat dengan sirup jagung fkutosa tinggi seperti soda. Sangat direkomendasikan untuk anda mengkonsumsi sayuran tertentu seperti asparagus, bayam dan jamur, kacang kering serta kacang polong.

Makan pisang

Untuk membantu mengobati asam urat maka anda sangat disarankan untuk setidaknya memakan 2 sampai 4 porsi buah pisang setiap hari. Hal tersebut sangat direkomendasikan oleh University Of Pittsburgh Medical Center. Sekitar 50% kalori dari diet rendah purin yang seimbang harus dibarengi dengan karbohidrat rendah lemak seperti apa yang ada pada buah pisang.

Perbanyak minum air

Penelitian telah menunjukan bahwa jika anda meminum lebih banyak air maka berarti anda akan lebih rendah untuk mengalami asam urat. Studi lain pada 2009 juga telah mengungkapkan bahwa dengan mengkonsumsi segelas air dalam waktu 24 jam akan memiliki risiko besar untuk menghadapi serangan asam urat.

Para peneliti juga telah menunjukan bahwa mereka yang mengkonsumsi 5 sampai 8 gelas air mineral perhari sekitar 40% mengalami penurunan risiko dari asam urat dibandingkan dengan mereka yang hanya meminum satu gelas air dalam waktu 24 jam.

Penulis penelitian tidak bisa merekomendasikan secara spesifik tentang jumlah air yang harus diminum karena hal tersebut tergantung pada kondisi medis yang mendasari mereka serta tingkat aktivitas fisik yang mereka gunakan. Berbicara dengan dokter anda tentang berapa banyak air yang harus anda minum setiap harinya agar anda dapat memiliki penurunan risiko yang signifikan dari asam urat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *