Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh dikonsumsi Pasca Keguguran

Keguguran merupakan suatu kejadian yang memilukan. Tidak ada cara terbaik yang dapat mengganti hilangnya bayi, terlepas dari dukungan emosional, seorang wanita juga membutuhkan makanan untuk kesehatan fisik setelah keguguran yang terjadi.

Kehilangan kehamilan memang dapat menyebabkan tubuh wanita menjadi rapuh, itu sebabnya mengapa anda sangat penting sekali untuk mengetahui makanan apa saja yang harus dimakan setelah keguguran dan makanan apa saja yang tidak boleh dimakan untuk melancarkan pemulihan dan kehamilan dimasa depan. Berikut adalah makanan-makanan tersebut.

Makanan yang Boleh dikonsumsi Pasca Keguguran

Keguguran dapat menyebabkan pusing dan pendarahan. Hal ini juga dapat menyebabkan kelemahan pada wanita yang telah mengalami keguguran. Makanan yang anda makan selama ini dapat mempengaruhi kesehatan anda. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat anda konsumsi setelah keguguran.

Makanan dengan kandungan kaya zat besi

Tubuh anda mungkin saja akan memiliki kandungan zat besi yang rendah, hal tersebut dapat terjadi karena anda mungkin saja telah mengalami banyak kehilangan darah selama anda mengalami keguguran. Sangat disarankan sekali untuk anda agar dapat mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi.

Mengapa harus makanan kaya zat besi? Sebab, makanan yang mengandung zat besi dapat mengembalikan zat besi tepat dalam tubuh anda, selain itu juga dapat membantu mencegah terjadinya komplikasi yang pada akhirnya dapat menimbulkan kekurangan zat besi dalam tubuh. Rasa lelah dan lemas memang merupakan suatu kondisi yang alami dari tubuh, tetapi rendahnya tingkat zat besi dapat menyebabkan anda merasa kelelahan untuk jangka waktu lama pasca keguguran.

Daging merupakan sumber zat besi yang sangat baik. Ini berarti bahwa kandungan zat besi dalam daging dapat diserap dengan mudah oleh tubuh anda. Memanggang daging merah merupakan alternatif yang lebih sehat. Sumber lain dari zat besi termasuk kacang-kacangan dan sayuran berdaun hijau. Buah-buahan seperti pepaya, strawberry, dan jeruk bali juga merupakan buah-buahan yang dapat membantu penyerapan zat besi dalam tubuh anda.

Makanan kaya kalsium

Sebuah studi telah menunjukan bahwa seseorang pasca keguguran harus mengkonsumsi makanan kaya kalsium. Kalsium yang terdapat dalam tubuh anda akan habis ketika anda mengalami keguguran, sebab sebagian besar kalsium dalam tubuh anda lebih banyak diserap oleh bayi yang belum lahir.

Oleh sebab itu, asupan kalsium sangat penting untuk kesehatan anda karena dengan mengkonsumsi makanan kaya kalsium maka anda dapat mengembalikan kandungan kalsium dalam tubuh kembali ke tingkat normal. Susu adalah salah satu sumber kalsium terbaik, dan makanan kaya kalsium lainnya seperti ikan salmon, sarden, buah kering, kedelai, sayuran berdaun hijau tua juga dapat mengembalikan kalsium dalam tubuh anda.

Buah dan sayuran

Beberapa wanita mungkin dapat bangkit kembali dengan mudah setelah keguguran, sementara yang lainnya mungkin dapat merasa bersedih dan menyesal, untuk mencegah terjadinya hal tersebut maka anda disarankan agar dapat mengkonsumsi makanan seperti kacang polong dan cokelat. Anda juga dapat mengkonsumsi jumlah yang cukup dari buah-buahan dan sayuran untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh setelah keguguran.

Makanan yang Tidak Boleh dikonsumsi Pasca Keguguran

Diet sehat tidak hanya berarti bahwa anda harus mengkonsumsi makanan bergizi. Ini juga berarti mengatakan bahwa “anda tidak boleh memakan makanan yang tidak baik bagi tubuh!” Beberapa makanan dibawah ini adalah makanan yang harus anda hindari setelah keguguran.

Pati rendah serat

Karbohidrat menyediakan tubuh dengan energi yang dibutuhkan, selain itu juga dapat mengontrol kadar gula tubuh anda. Tetapi, biji-bijian olahan atau pati rendah serat dapat menimbulkan efek yang sangat merugikan pada tubuh anda. Hal tersebut dapat menyebabkan fluktuasi yang cepat pada kadar gula tubuh. Itu alasannya mengapa sangat penting bagi anda untuk membatasi jumlah rendah serat dalam makanan anda. Anda dapat menghindari makanan seperti beras instan, telur, mie, dan kue pretzel.

Permen

Hindari makanan manis dengan indeks glikemik yang tinggi karena dapat menyebabkan fluktuasi kadar gula darah. Katakan tidak pada makanan seperti permen dan minuman berkarbonasi termasuk soda, alkohol dan asupan kafein. Kafein dalam secangkir kopi dapat menyebabkan masalah pada sistem reproduksi anda jika dikonsumsi pasca keguguran.

Lemak susu dan daging

Setelah keguguran, sangat penting untuk anda agar menghindari peradangan yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa sakit. Lemak dalam daging dan produk susu dapat menimbulkan peradangan. Jadi, sangat baik jika anda menghindari makanan berikut ini setelah keguguran. Daging domba, daging sapi, mentega, keju dan susu.

Junk food

Anda mungkin akan lebih tertarik pada makanan junk food dibandingkan dengan makanan sehat. Mungkin boleh, jika di moderasi. Tetapi kalau untuk menjadi makanan utama pada hidangan anda, sebaiknya tidak perlu apalagi jika anda telah mengalami keguguran. Junk food hanya akan mengisi tubuh anda dengan kalori kosong dan mencegah anda dari konsumsi makanan kaya gizi yang dibutuhkan tubuh anda sekarang.

Produk kedelai

Kedelai memang baik untuk kesehatan. Tetapi, kedelai juga penuh dengan fitat yang dapat mencegah anda dari penyerapan zat besi. Jadi, membatasi asupan kedelai adalah cara terbaik yang dapat anda lakukan setelah keguguran. Terlepas dari makanan, anda juga harus menghindari makanan yang yang berkembang biak sangat baik dengan bakteri. Hindari makanan seperti keju lunak, produk susu yang tidak di pasteurisasi, daging mentah dan makanan laut.

Selain anda harus mengetahui makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi pasca keguguran, anda juga harus mengetahui faktor umum yang dapat mempengaruhi keguguran, dengan hal tersebut anda dapat menemukan alasan mengapa anda sampai bisa mengalami keguguran.

Satu hal lain yang tidak kalah pentingnya bagi kesehatan adalah bahwa anda harus membersihkan rahim setelah keguguran. Sebab, jika rahim dibiarkan dalam keadaan kotor, dapat menjadi sumber dari munculnya berbagai penyakit pada tubuh anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *