Makanan Yang Boleh Dan Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Varises

Varises adalah kondisi pelebaran pembuluh darah vena. Pembuluh darah vena merupakan pembuluh darah balik yang membawa darah bekas konsumsi organ ke jantung untuk di daur ulang. Pelebaran pembuluh darah vena bisa terjadi dimana saja namun kebanyakan kasus varises terjadi di betis. Hal ini di sebabkan oleh banyak faktor seperti lemahnya katup pembuluh darah vena yang berfungsi membawa darah ke jantung, sehingga darah berbalik arus dan menjadi terdiam di suatu tempat dalam vena yang kemudian melebarkan pembuluh vena tersebut.

Adapun penyebabnya karena kegiatan kita sehari-hari yang salah posisi, misalkan duduk dengan menyilangkan kaki sehingga aliran dalam pembuluh darah menjadi tersendat. Atau setelah berolahraga, kaki tidak di luruskan. Kebiasaan buruk tersebut sangat beresiko terjadinya varises di kaki. Untuk itu jika anda merupakan penderita varises sudahkah anda melakukan perawatan varises anda di kaki ? Jika sudah, maka anda juga harus menjaga dan menghindari beberapa makanan berikut :

  • Makanan cepat saji – perlu anda ketahui makanan cepat saji tersebut sangatlah berbahaya jika dikonsumsi terlalu sering, karena mengandung kadar garam, gula, lemak dan kalori yang sangat tinggi. Selain itu, makanan cepat saji membuat kita kekurangan nutrisi dan menyebabkan masalah lainnya seperti diabetes tipe-A, meningkatkan resiko penyakit jantung, merusak hati dan menyebabkan obesitas.
  • Daging – meskipun makanan ini terdapat dalam makanan 4 sehat 5 sempurna, namun ternyata daging mengandung banyak lemak. Lemak bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Menghidnari makanan ini saat anda mengalami varises sangat dianjurkan agar proses penyembuhan varises anda cepat.
  • Mie instan – dalam mie intant terdapat fructose. Fruktosa merupakan pemanis yang terdapat dalam banyak olahan makanan. Dalam mie intant sendiri fruktosa sangat tidak baik karena tidak bisa secara langsung digunakan oleh tubuh menjadi sumber energi sebelum diubah menjadi glukosa. Dan hal tersebut harus melewati jalan yang panjang dan memakai energi. Efek jangka panjang mengonsumsi fruktosa secara berlebih dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti hipertensi, kolesterol tinggi, masalah insulin, diabetes tipe 2 hingga kerusakan hati.
  • Makanan berlemak – makanan yang mengandung banyak lemak seperti dalam makanan yang di goreng atau daging tinggi lemak, dan gajih merupakan makanan yang kurang sehat. Makanan tersebut tidak boleh di konsumsi oleh penderita varises karena dapat memperparah kondisi varises di kaki anda. Lemak trans juga dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik (HDL) Umumnya jenis lemak yang satu ini terdapat dalam kue kemasan seperti kerupuk, muffin, microwave popcorn, cracker serta makanan cepat saji.

Makanan tersebut bisa meningkatkan resiko obesitas, dan biasanya orang yang memiliki penyakit seperti varises tidak boleh mengkonsumsi makanan tersebut karena di takutkan berat badan bertambah. Jika berat badan bertambah maka varises pun menjadi semakin sulit dihilangkan. Sebaliknya makanan berikut merupakan makanan yang sangat baik di konsumsi untuk penderita varises :

  • Makanan yang mengandung flavonoid – senyawa flavonoid bekerja sama dengan vitamin C dalam menguatkan pembuluh darah vena. Makanan yang banyak mengandung flavonoid adalah teh hijau, apel, anggur, berry, coklat, dsb.
  • Makanan yang mengandung tannin – tannin merupakan senyawa aktif yang membantu mengurangi kebocoran pembuluh darah dan membantu mencegah pembuluh darah dari kerusakan. Makanan yang banyak mengandung tannin adalah teh hijau, dan berry.
  • Banyak minum air putih – saat anda mengkonsumsi serat tanpa banyak minum air putih, maka dampaknya malah akan memperburuk kondisi anda seperti meningkatkan tekanan pada pembuluh darah. Air putih juga membantu mengembalikan cairan dalam tubuh dan mengurangi dehidrasi.
  • Propolissemacam getah yang dikumpulkan oleh lebah madu dari berbagai pohon, aliran getah, atau sumber botani lainnya. Getah ini digunakan untuk menutupi celah kecil di sarang lebah. Dengan mengkonsumsi propolis dan atau madu, kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya mampu menyembuhkan berbagai penyakit seperti varises yang anda alami.
  • Makanan yang mengandung banyak serat – serat sangat diperlukan bagi tubuh untuk membantu proses pencernaan. Serat juga berguna untuk melancarkan pencernaan dan mengurangi sembelit penyebab varises. Selain itu lemak yang berada dalam tubuh bisa terbuang bersama feses. Makanan yang yang banyak mengandung serat adalah sayuran dan atau buah.
  • Makanan yang mengandung banyak vitamin C – vitamin sangat c sangat baik bagi tubuh, kekurangan vitamin C dapat menyebabkan kerapuhan pada pembuluh darah vena. Untuk itu dengan meningkatkan vitamin C maka akan menguatkan pembuluh darah serta mempertahankan membran pada pembuluh darah vena. Sumber vitamin C terbesar bisa di dapatkan dengan mengkonsumsi brokoli, jeruk, paprika dan atau suplemen.

Nah itulah seputar makanan yang boleh dan tidak boleh di konsumsi oleh penderita varises. Untuk mempercepat penyembuhan, berjalan kaki setiap hari bisa mengurangi varises asalh jangan berlebihan sampai anda letih saja. Selain itu dengan menopang kaki anda dengan tumpukan bantal setiap hari juga akan menghilangkan varises secara alami.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *