Makanan Yang harus dihindari Bagi Penderita Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau yang disebut dengan hipertensi dalam bahasa medis adalah suatu kondisi kronis yang akan berbahaya jika dibiarkan. Ini terjadi dimana tekanan darah pada dinding arteri mengalami peningkatan. Hipertensi seringkali disebut-sebut sebagai “pembunuh berdarah dingin” karena sewaktu-waktu dapat mengancam nyawa si penderitanya.

Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, tentu ada hal-hal yang tidak boleh dilakukan bagi penderita hipertensi. Contohnya seperti makanan, anda sebagai seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi harus lebih pintar lagi dalam memilih makanan. Berikut ini adalah makanan yang harus dihindari oleh penderita hipertensi.

Makanan Terburuk bagi Penderita Hipertensi

Makanan olahan

Garam biasanya lebih sering ditemukan pada makanan olahan. Sebagian besar natrium yang tinggi seringkali dikonsumsi oleh penduduk Indonesia, itu sebabnya mengapa di Indonesia banyak sekali pasien yang menderita tekanan darah tinggi. Makanan yang dikemas dalam makanan cepat saji dan makanan ringan seperti permen dapat menyebabkan tekanan darah meningkat.

Termasuk kentang goreng, keripik, kue bahkan produk yang dianggap sehat kacang hitam dalam kaleng serta makanan lainnya seperti daging yang dibekukan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Itulah alasan, bahwa anda harus menghindarinya.

Hindari Kafein

Jika anda seorang pencinta kopi, mungkin baik untuk dikonsumsi. Tetapi, jika anda seorang penderita hipertensi sebaiknya hindari kopi dan minuman berkafein lainnya. Ini akan menyebabkan tekanan darah anda menjadi naik secara signifikan, bahkan anda akan lebih berisiko jika selalu menikmati minuman dan makanan yang berkafein termasuk cokelat yang mengandung kafein didalamnya.

Saus Tomat

Saus tomat yang dikemas dalam kaleng sangat tidak baik bagi mereka penderita hipertensi. Mengapa demikian? Saus tomat biasa dan saus tomat dalam kaleng mengandung natrium yang tinggi, jika anda mengkonsumsi saus tomat maka dapat meningkatkan risiko dan membuat anda menjadi lebih buruk. Satu kaleng saus tomat mengandung sekitar 1.300 miligram natrium, sehingga dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah.

Kurangi konsumsi Daging Merah

Daging merah yang dikonsumsi baik dalam porsi kecil maupun porsi besar dapat meningkatkan tekanan darah. Karena mengandung lemak jenuh yang dapat meningkatkan kolesterol jahat dan tekanan darah secara signifikan.

Makanan berlemak tidak hanya buruk bagi darah, tetapi juga akan buruk bagi jantung, serta pembuluh darah. 79 gram lemak dan 1.500 miligram natrium adalah ukuran yang sangat besar jika dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

Katakan “Tidak” pada Mie Instan

Biasanya ini sering dikonsumsi oleh kalangan yang masih muda, baik siswa maupun mahasiswa. Terlepas dari itu semua, mie instan sangat buruk bagi kesehatan. Tidak ada gizi yang bisa anda dapatkan dari mie instan. Termasuk bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi, ini akan menyebabkan peningkatan pada kadar darah dalam tubuh manusia. Jika anda sebagai penderita tekanan darah tinggi mengkonsumsi mie instan bersiap-siaplah untuk mendapatkan risiko yang lebih buruk.

Hindari alkohol

Sebenarnya bukan hanya untuk penderita hipertensi saja, karena memang alkohol juga sangat buruk bagi kesehatan secara keseluruhan. Tetapi, konsumsi alkohol secara aktif dapat menyebabkan tekanan darah meningkat. Selain itu, alkohol juga dapat merusak dinding pembuluh darah yang sekaligus dapat meningkatkan risiko komplikasi hipertensi yang berkelanjutan.

Kurangi asupan Garam

Jika anda memasak hidangan sebaiknya hindari pemakaian garam yang berlebihan, ini tidak akan baik bagi penderita hipertensi. Mengurangi jumlah penggunaan garam dapat mengurangi tekanan darah tinggi, sebaliknya jika anda menggunakan garam yang terlalu berlebihan maka dapat menyebabkan kerusakan pada jantung dengan meningkatkan risiko hipertensi.

Idealnya, asupan sodium harian tidak boleh lebih dari 2400 miligram perhari dan membatasi asupan garam hanya 6 gram perhari. Termasuk semua jenis garam dan sodium yang dikonsumsi dan digunakan dalam memasak.

Hindari gula dan lemak

Gula yang termasuk dalam permen dan makanan manis lainnya harus dihindari sebab semuanya dapat mengarah pada obesitas. Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa seseorang yang menderita obesitas akan lebih rentan terhadap pengembangan hipertensi. Selain gula, anda juga harus pintar-pintar menghindari lemak jenuh.

Kelebihan lemak, juga dapat menimbulkan obesitas. Yang pada gilirannya dapat menimbulkan hipertensi. Konsumsi lemak trans dalam makanan sebaiknya harus anda hindari, semua makanan yang digoreng, mentega, margarin dan minyak kelapa harus dikonsumsi dalam jumlah yang minimal.


Selain anda harus menghindari makanan-makanan diatas, tentu anda juga membutuhkan bahan pendukung untuk menjaga tekanan darah agar tetap dalam keadaan normal. Anda juga bisa menggunakan cara lain yang lebih aman dan lebih praktis untuk mengobati hipertensi yang anda derita. Memang, banyak jenis pengobatan yang bisa anda gunakan tetapi biasanya seringkali menyebabkan efek samping yang pada akhirnya dapat menyebabkan komplikasi hipertensi.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *