Makanan Yang harus Dihindari Selama Kehamilan

Wanita hamil selalu memiliki keistimewaan tersendiri, biasanya perempuan yang sedang hamil selalu diberikan perhatian lebih. Kehamilan itu sendiri juga sebenarnya merupakan hal yang terindah dalam kehidupan seorang wanita. Ketika hamil, bukan hanya bentuk tubuh saja yang akan berubah melainkan juga dengan sikap, prioritas dan gaya hidup anda sebagai calon seorang ibu bagi anak yang sedang dikandungnya kelak.

Sebuah keinginan untuk menyantap makanan favorit anda selama kehamilan memang hal yang wajar dan normal, namun terlepas dari itu anda juga harus berpikir bahwa ada satu nyawa yang hidup dalam tubuh anda. Berikut ini adalah makanan-makanan yang harus dihindari selama masa kehamilan.

Jenis makanan yang harus dihindari ketika hamil

Telur mentah atau setengah matang

Ketika anda sedang dalam masa kehamilan, sebaiknya hindari konsumsi telur yang masih mentah atau setengah matang. Telur memang baik dan memiliki nutrisi yang bagus juga tetapi selama kehamilan, ada cara-cara tertentu yang harus anda gunakan untuk mengkonsumsi telur selama kehamilan.

Satu-satunya cara untuk menikmati telur yang aman adalah bahwa telur harus dimasak sampai kuning telur matang. Jika anda mengkonsumsi makanan yang masih mentah, maka risikonya dapat mengganggu pertumbuhan janin, bahkan jika dibiasakan dan menyebabkan kehamilan etopik dan keguguran.

Makanan yang tinggi dengan kandungan garam

Setelah telur mentah atau setengah matang, kali ini ada makanan lainnya yang harus anda hindari selama hamil. Ya, makanan yang tinggi dengan kandungan garam. Semua makanan yang mengandung garam dalam jumlah tinggi akan sangat berbahaya bagi ibu hamil.

Asupan garam yang masuk kedalam tubuh ibu hamil bisa menyebabkan gangguan keseimbangan cairan dan sangat berbahaya bagi kesehatan limfa serta ginjal baik untuk ibu atau janin yang sedang dikandungnya. Selain itu, konsumsi makanan yang mengandung kadar garam tinggi dapat menimbulkan hipertensi selama kehamilan.

Buah dan sayuran yang tidak dicuci

Sebanyak 87% ibu hamil mengkonsumsi buah dan sayuran tanpa dicuci terlebih dahulu. Jika kebiasaan ini sering dilakukan selama masa kehamilan, sebaiknya anda harus waspada! Mengapa? Selain anda menelan pestisida yang berbahaya, kulit dari buah dan sayuran juga mengandung parasit toxoplasma gondii dan listeria.

Kedua parasit tersebut dapat menyebabkan kerusakan besar pada janin. Kecambah yang tidak dicuci terutama selada dan kubis sebaiknya anda hindari. Tidak ada pengganti untuk kesehatan dan kebersihan! Solusinya adalah anda harus mencuci terlebih dahulu buah dan sayuran yang akan dimakan. Anda juga harus bisa menghindari buah dan sayuran yang sudah terlalu lama disimpan dalam lemari es dan tidak boleh mengkonsumsi sayuran mentah terutama yang berdaun.

Katakan “Tidak” pada kacang

Berbagai jenis kacang yang tersedia di pasar dapat menjadi tambahan yang sehat ketika sarapan atau makan malam. Tetapi, ketika anda mengkonsumsi kacang selama kehamilan ada baiknya jika anda berpikir ulang! Beberapa kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang mete, kacang macadima, dan kenari dapat menyebabkan ruam dan alergi pada tubuh anda selama hamil.

Selain alergi, konsumsi kacang-kacangan selama kehamilan juga bisa mengakibatkan pembengkakan pada bagian tubuh. Sebaiknya anda selalu berkonsultasi dengan dokter tentang jenis kacang apa saja yang baik untuk dikonsumsi selama kehamilan.

Makanan Berlemak

Jika anda berpikir bahwa mengkonsumsi makanan berlemak saat hamil dapat membuat tubuh anda menjadi lebih baik, maka anda salah besar! Terlalu banyak makan makanan berlemak dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Anda akan terjebak dengan lemak-lemak tersebut setelah melahirkan yang akhirnya selain anda mendapatkan kolesterol tinggi, tubuh anda juga akan berubah menjadi obesitas serta rentan dengan penyakit jantung.

Kuncinya adalah anda hanya boleh menikmati makanan yang mengandung asam lemak omega 3, 6,dan 9. Dimana ketiga lemak tersebut merupakan lemak yang terpenting dalam tubuh, tetapi tetap anda juga tidak boleh berlebihan menikmatinya.

Hindari pemanis buatan

Berpikir ulang tentang gula alami yang sangat baik dikonsumsi selama kehamilan! Pemanis buatan terutama sakarin tidak bisa disaring oleh plasenta, selain itu anda juga telah memberikan gula buatan pada bayi yang belum anda lahirkan. Ganti gula anda dengan gula normal untuk pemanis tetapi harus dimoderasi.

Jangan sampai kelebihan vitamin

Ini dimaksudkan untuk asupan vitamin selama kehamilan. Anda tidak harus mengkonsumsi vitamin dengan dosis yang lebih tinggi dari dosis yang ditentukan. Vitamin jika dikonsumsi berlebihan akan menjadi hal yang buruk dan menjadi ancaman bagi kesehatan secara langsung baik itu pada diri anda sendiri maupun pada janin.

Kelebihan konsumsi vitamin dapat menyebabkan gangguan perkembangan janin normal bahkan dapat memicu kelahiran bayi prematur. Beberapa ibu hamil yang mengalami overdosis vitamin juga telah dikaitkan dengan gangguan kongenital. Jangan mengobati diri dengan cara sendiri! Konsultasi dengan dokter yang anda percaya karena dia mengetahui yang terbaik untuk anda!


Secara umum, makanan-makanan tersebut memang patut untuk anda hindari, tetapi anda juga harus tahu bahwa diri anda selama dalam masa hamil membutuhkan suplemen untuk kesehatan rahim selama kehamilan. Untuk apa suplemen selama kehamilan? Ini akan baik untuk pertumbuhan dan perkembangan yang baik pada bayi dalam perut anda. Terus, suplemen sejenis apa yang direkomendasikan? Ovary Nutrition Capsule adalah suplemen yang baik dan aman serta tidak menimbulkan efek samping dan ketergantungan untuk dikonsumsi! Kelamaan berpikir tidak akan menimbulkan kemajuan dalam kehidupan anda!


 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *