Manfaat Air Bagi Kesehatan Otak Manusia

Tahukah anda bahwa sebagian otak manusia terdiri dari air sebanyak 75% ? Dalam air terdapat kandungan oksigen dan mineral. Ketika anda kurang minum, maka pasokan air ke otak menyebabkan otak kekurangan oksigen, sehingga sel-sel dalam otak menjadi kurang aktif dan tidak berkembang akibatnya seseorang akan menjadi sulit berkonsentrasi, telat mikir, menjadi pelupa, mengakibatkan memory loss (kehilangan ingatan) sementara, mengacaukan ingatan jangka pendek, dan kesulitan menghitung sederhana.

Ketika anda berkerja atau belajar akan sangat sulit untuk melakukannya jika dehidrasi, tubuh akan menjadi lemas dan sangat sulit berfikir. Apa anda tahu ? Jika kita minum segelas air di pagi hari maka akan mempermudah sel-sel kita membelah yang bertujuan untuk memperkuat daya ingat. Meminum air putih saat kita lelah bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang karena kehabisan mineral. Jika anda meminum air putih saat lelah bekerja mungkin anda bisa meningkatkan daya konsentrasi anda saat menjalaninya.

Dalam fungsinya air bisa bekerja sebagai detoksifikasi yang bertugas membuang toksin/racun dalam tubuh dan membawa nutrisi-nutrisi ke seluruh tubuh. Racun yang bersarang di tubuh akan segera di keluarkan oleh air sehingga dapat mengurangi potensi berkembangnya penyakit dalam tubuh kita. Meminum segelas air akan dapat diserap oleh sel-sel dan membantu kinerja mereka dengan cepat dan efisien sehingga energi akan selalu tersedia.

Air menjadi suatu alat penyeimbang otak, jika orang-orang yang memiliki cidera pada otaknya kekurangan meminum air maka akan mempersulit otak dalam mendetoksifikasi zat-zat berbahaya dalam tubuh, Zat berbahaya tersebut tentu saja berpotensi mengembangbiakan sel kanker. Sebagai pencegahan, kita tentunya harus memelihara kondisi tubuh kita, kondisi tubuh dipengaruhi oleh otak, dengan demikian otak yang sehat akan meningkatkan kulaitas hidup kita. Jika anda sudah mengalami dampak buruk pada otak anda akibat gaya hidup tidak sehat, anda bisa menemukan solusinya di sini.

Manfaat Air Bagi Otak Dan Tubuh :

  1. Meningkatkan konsentrasi, minum air putih minimal 2 litter satu hari dapat meningkatkan fungsi otak, air akan membantu meningkatkan konsentrasi dan kelancaran sistem saraf di otak.
  2. Meningkatkan daya ingat, saat seseorang dehidrasi maka kemampuan otak saat berfikir akan terganggu, adanya pengerutan sel otak dikarenakan kurangnya pasokan air ke otak dan mengganggu daya ingat seseorang.
  3. Meningkatkan kecerdasan, jika daya konsentrasi anak bagus maka tidak menutup kemungkinan dia akan lebih cepat menyerap ilmu-ilmu yang dia pelajari dari sekolahnya.
  4. Menghilangkan kantuk, saat kita mengantuk umunya kita merasa bahwa kita terlalu lelah,padahal kekurangan oksigen dalam otakpun bisa menjadi pemicunya. Dari pada meminum kopi anda sebaiknya meminum air putih saja agar otak lebih fresh dan anda bisa melanjutkan kegiatan anda.
  5. Meningkatkan kinerja otak, Air putih dapat membantu memperlancar peredaran darah dan oksigen ke dalam otak sehingga membantu optimalisasi fungsi otak dan memaksimalkan kinerjanya.
  6. Detoksifikasi, karena sifatnya yang bisa mengeluarkan racun dan membuangnya melalui air seni, air putih dapat mencegah datangnya penyakit. Tentu saja akan lebih menyenangkan daripada harus melakukan pengobatan. Mencegah penyakit tersebut bisa dilakukan dengan mengonsumsi air putih setiap hari.
  7. Mengobati sakit kepala atau migrain, tidak perlu dengan obat, migrain biasanya disebabkan karena kekurangan cairaan pada otak karena itu minumlah air untuk  mengurangi rasa sakit dan mengurangi jumlah intesitas sakit kepala.
  8. Menjaga mood, fungsi otak salah satunya adalah untuk mengatur mood seseorang, dengan meminum air putih setiap hari dapat membuat mood anda lebih baik.
  9. Menjaga kelembaban kulit, air dapat memberikan nutrisi penting untuk sel-sel kulit, mengisi ulang jaringan kulit dan meningkatkan elastisitas. Hal ini nantinya akan membantu menunda munculnya tanda-tanda penuaan, seperti keriput dan garis-garis halus.
  10. Menjaga otot, otot terdiri hingga 75% air, sehingga perlu bagi kita untuk menyediakannya cukup air. Cukup air akan membantu menjaga kontraksi otot yang normal dan mencegah kram otot.
  11. Retensi Air, Bila Anda minum sedikit air, maka otak akan mengartikannya sebagai ancaman bagi kelangsungan hidup, sehingga memerintahkan tubuh untuk menyimpan lebih banyak air. Hal ini akan membuat kaki dan tangan menjadi bengkak. Minumlah lebih banyak air sehingga tubuh Anda  kembali normal.
  12. Mengencerkan darah dan menjaga getah bening, darah yang kental dapat menyebabkan berbagai keluhan seperti memicu rusaknya jantung, dan cairan yang kurang dalam tubuh akan membuat peredaran getahbening tidak lancar.
  13. Mengurangi resiko kanker, air putih ternyata mampu menghancurkan konsentarasi gen penyebab kanker dalam urin dan memperpendek waktu virus menempel pada kantung kemih.
  14. Solusi awet muda, tidak perlu memakai krim yang dapat merusak wajah untuk terlihat awet muda, cukup mengonsumsi air dapat membuat kulit anda bercahaya dan lembab selalu.
  15. Mencegah batu ginjal, penyakit ini biasanya diakibatkan oleh garam yang menggumpal, namun hal ini dapat kita cegah dan dapat diatasi dengan minum air putih, secara teori garam dapat larut oleh air, oleh karna itu minum air putih dengan rutin maka akan mencegah penyakit batu ginjal.
  16. Mengatasi anemia, gejala anemia biasanya lemas, lesu pusing dan tidak bersemangat, hal ini tentu saja bisa diatasi dengan hanya meminum air putih karena air putih dapat membentuk sel darah baru dan membantu pembentukan otot anda.

Sangat mudah bukan menghindar dari penyakit ? Tentunya jika kita bersedia untuk melakukan hal yang baik dan menjadikan hal-hal tersebut sebagai kebiasaan kita. Sebelumnya terimakasih atas kunjungan anda ke situs kami, selamat menjalankan gaya hidup yang sehat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *