Manfaat Jahe yang menakjubkan untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Jahe telah di gunakan sebagai obat alami untuk berbagi penyakit dari zaman dahulu sampai sekarang. Namun, apakah anda tahu bahwa jahe tidak hanya bermanfaat untuk menghangatkan tubuh saja? Ternyata jahe juga bisa di manfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit dan dapat di manfaatkan pula sebagai obat tradisional untuk kecantikan kulit khususnya wanita.

Sekarang penelitian terbaru di seluruh dunia menemukan bahwa jahe bekerja secara ajaib dan begitu menakjubkan dalam pengobatan segala sesuatu yang berkaitan dengan kanker serta migrain karena memiliki banyak efek positif pada kesehatan. Jahe juga membantu manusia dalam memerangi berbagai masalah yang berhubungan dengan kesehatan umum seperti sakit kepala, malaria, diabetes, dan masih banyak lagi berbagai penyakit yang bisa di sembuhkan dengan menggunakan jahe. Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan yang sangat terbukti dari jahe yang bisa anda racik sendiri di rumah.

Mengatasi Diabetes dan Kanker

Sifat anti inflamasi yang terdapat dalam jahe memang sudah tidak diragukan lagi. Hal tersebut menjadikan jahe sebagai obat yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai peradangan kronis termasuk kanker. Hasil penelitian yang di publikasikan dalam British Jorunal of Nutrition menunjukkan bahwa jahe memiliki aktivitas in vitro dan in vivo yang mungkin sangat efektif dalam pengelolaan kanker prostat.

Selain dapat berfungsi sebagai obat mengatasi kanker, jahe juga ternyata bermanfaat untuk mengatasi penyakit diabetes. Jahe sangat berguna dan sangat baik sekali untuk terapi pada pelepasan insulin dan dapat meningkatkan metabolisme, karbohidrat dan lipid. Menurut kajian komprehensif, percobaan klinis yang yang dilakukan telah menemukan bahwa setelah mengkonsumsi 3 gram jahe bubuk kering selama 3 bulan dapat menurunkan glukosa darah, trigliserida, kolesterol total, dan kolesterol jahat dalam tubuh. Alasan lain mengapa jahe memiliki efek positif terhadap penderita diabetes adalah:

  • Jahe dapat menghambat enzim dalam metabolisme dan karbohidrat
  • Jahe dapat meningkatkan pelepasan insulin dan sensitivitas
  • Jahe juga dapat meningkatkan profil lipid

Selain ketiga alasan tersebut, alasan lainnya mengatakan bahwa jahe dapat mencegah komplikasi yang di sebabkan oleh penyakit diabetes termasuk dapat melindungi hati, ginjal, sistem saraf pusat, dan juga mata.

Mengatasi mual dan Gangguan Pencernaan

Jahe adalah solusi alami untuk gangguan pencernaan dan rasa mual (akibat kehamilan ataupun kemoterapi). Para peneliti telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi 1 gram jahe setiap hari dapat membantu mengurangi rasa mual dan muntah pada ibu hamil karena jahe telah terbukti lebih baik jika di bandingkan dengan plassebo dalam mengurangi morning sickness.

Kemudian para peneliti juga mengatakan bahwa mengkonsumsi suplemen jahe dapat mengurangi mual yang sangat parah setelah melakukan kemoterapi dan jahe juga dapat mengurangi muntah dan gejala lain dari mabuk.

Jika anda memiliki gangguan pencernaan anda wajib untuk memiliki jahe karena jahe bermanfaat untuk menghilangkan rasa sakit. Jahe dapat membantu anda untuk merangsang pada pengosongan lambung tanpa menimbulkan efek negatif sedikitpiun. Justru sebaliknya, kandungan antispasmodice yang terdapat dalam jahe dapat menguntungkan anda karena dapat menghambat H. pylori yang dapat menyebabkan borok dan melindungi mukosa lambung.

Mengatasi nyeri Otot dan Osteoarhritis

Jahe telah terbukti dapat melawan nyeri otot yang di timbulkan dari olahraga secara efektif. Dalam satu studi mengatakan bahwa mengkonsumsi 2 gram jahe perhari selama 11 hari secara berturut-turut dapat mengurangi nyeri otot secara signifikan.

Jahe memang tidak akan bereaksi langsung, tetapi jahe sangat efektif sekali untuk mengurangi perkembangan rasa nyeri dari otot. Intinya adalah jahe dapat mengurangi perkembangan rasa nyeri dari otot dan mengurangi nyeri akibat latihan. Selain jahe memiliki manfaat untuk mengatasi nyeri otot, kandungan anti inflamasi yang terdapat dalam jahe juga berguna untuk osteoarhritis.

Hal tersebut merupakan masalah kesehatan umum yang melibatkan degenerasi sendi dalam tubuh yang dapat menimbulkan gejala seperti nyeri sendi dan kekakuan. Selain itu, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa jahe sangat efektif mengurangi semua gejala yang di timbulkan oleh osteoarhritis.

Mengatasi Penuaan dan Jerawat

Kandungan 40 senyawa antioksidan dalam jahe membuat jahe dijadikan sebagai obat untuk mengatasi penuaan. Hal tersebut dapat meningkatkan penampilan kulit anda dengan cara menghilangkan racun dan merangsang sirkulasi sehingga kulit akan lebih banyak menyerap nutrisi.

Selain itu, antioksidan yang terdapat dalam jahe dapat mencegah kerusakan kulit dan menjaga kecantikan kulit wanita dari radikal bebas sehingga kulit anda akan terjaga dan terlihat lebih muda. Hal tersebut dapat meningkatkan elastisitas dan membuat kulit anda menjadi lebih lembut dan mencegah tanda-tanda penuaan.

Jahe dapat membantu anda untuk mengatasi jerawat yang terdapat di wajah. Jahe menjadi obat antiseptik yang membantu menjaga kebersihan kulit agar tetap halus, dan terbebas dari noda. Selain itu jahe juga dapat menyegarkan kulit yang mana hal tersebut sangat baik untuk melawan jerawat karena dapat meminimalkan pembentukan jerawat sehingga dapat membunuh dan membersihkan bakteri penyebab dari jerawat.

Mengatasi warna kulit dan Pertumbuhan rambut

Afrodisiak, antioksidan dan toning properti, adalah kandungan jahe yang memberikan kontribusi untuk kulit bercahaya. Anda dapat mempersiapkan masker sederhana dengan mencampur dua parut jahe dengan dua sendok makan madu dan satu sendok teh jus lemon kemudian dinginkan di kulkas selama minimal 30 menit.

Oleskan pada wajah anda dan bilas dengan air dingin setelah 30 menit. Ini akan memelihara dan melembutkan kulit anda. Selain dapat mengatasi warna kulit, minyak jahe yang terdapat dalam jahe dapat membantu dalam pertumbuhan rambut. Jahe meningkatkan sirkulasi kulit kepala, sehingga aliran darah akan mengalir ke kulit kepala. Dengan demikian, jahe dapat merangsang folikel rambut dan mendorong pertumbuhan pada rambut. Asam lemak hadir dalam jahe juga memberikan bermanfaat untuk rambut tipis.

Anda dapat membuat masker rambut dengan kisi satu sendok makan, masukan jahe dalam mangkuk kecil dan tambahkan satu sendok makan minyak jojoba. Pijat kulit kepala anda dengan campuran ini dalam gerakan melingkar dan biarkan selama 30 menit atau lebih. Bilas dan gunakan shampo seperti biasa. Ini akan mencegah rambut rontok dan rambut menipis serta merangsang pertumbuhan rambut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *