Manfaat Jus Alpukat Untuk Kesehatan Mata

Alpukat adalah buah yang kaya akan karbohidrat dan lemak sehat. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa alpukat memiliki efek yang sangat menguntungkan bagi kesehatan. Namun pada pembahasan kali ini, hanya fokus pada manfaat sehat alpukat bagi mata.

1. Melembabkan mata

Minyak sehat yang terkandung dalam buah alpukat bermanfaat untuk melembabkan dan melindungi mata agar tetap sehat. Menurut beberapa penelitian, minyak alpukat mengandung vitamin C, B6 dan vitamin E, antioksidan serta lutein yang sangat bagus untuk kesehatan mata. Itu sebabnya mengapa minyak alpukat sangat baik apabila digunakan oleh mereka yang menderita mata kering.

2. Melindungi mata dari kerusakan

Alpukat memiliki kandungan antioksidan yang kuat untuk melindungi mata. Alpukat juga tidak hanya dapat meningkatkan penyerapan antioksidan melainkan juga mampu mengatasi penyakit katarak. Studi menunjukkan bahwa nutrisi dalam buah alpukat dapat mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula yang sangat umum terjadi pada orang tua.

3. Menghilangkan kantung mata

Anda pernah menggunakan krim mahal hanya untuk menghilangkan kantung mata? Hasilnya sangat tidak memuaskan? Silakan gunakan buah alpukat sebagai alternatifnya. Alpukat mampu menyingkirkan kantung mata. Ini terjadi karena buah alpukat mengandung vitamin A, E dan tinggi akan kandungan oksidan di dalamnya. Caranya lumatkan daging buah alpukat pada wadah bersih kemudian haluskan. Anda bisa langsung mengoleskannya pada kantung mata.

4. Menjaga daya penglihatan

Kandungan lutein yang terdapat dalam alpukat mampu menjaga daya penglihatan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kadar lutein yang dimiliki alpukat sangat tinggi dan mampu memperkecil kelainan pada mata khususnya penyakit mata minus, degenarasi makula serta katarak.

5. Menghambat penuaan dini pada mata

Mengkonsumsi buah alpukat secara rutin dapat menghambat penuaan dini pada otot-otot mata sehingga dapat mencegah kebutaan di usia senja. Ini terjadi karena buah alpukat mengandung beta karoten yang fungsinya jauh lebih efektif dibandingkan dengan kandungan pada wortel.

6. Menjaga kesehatan kornea mata

Jika sebelumnya alpukat memiliki kandungan beta karoten yang berguna untuk menghambat penuaan dini pada mata, kali ini vitamin A yang terdapat pada alpukat mampu menjaga kesehatan kornea mata. Kornea mata merupakan salah satu organ terpenting mata yang dibutuhkan oleh sel-sel retina mata. Selain itu, kandungan zeaxanthin pada alpukat juga berfungsi melindungi mata dari berbagai sel-sel jahat yang sering menyerang mata.

7.Mengobati mata minus

Buah alpukat dapat mengatasi mata minus, hal ini diperkuat dengan adanya pengamatan yang dilakukan pada orang-orang yang berhasil sembuh dari mata minus dengan alpukat. Selain itu alpukat juga sukses mengembalikan kemampuan penglihatan seseorang hanya dengan di konsumsi secara rutin. Anda bisa konsumsi buah alpukat 2 kali sehari jika mata sudah sudah terlanjur dalam keadaan minus.

8. Mengurangi risiko rabun senja

Manfaat alpukat untuk mata selanjutnya adalah mengatasi rabun senja. Ini adalah jenis penyakit paling sering terjadi pada orang tua. Salah satu solusinya dalah dengan zat yang banyak mengandung vitamin A dan alpukat memiliki kandungan vitamin A dan beta karoten yang lebih baik daripada wortel untuk mengatasi permasalahan rabun senja pada mata.

9. Mengatasi mata bintitan

Apakah anda sudah tahu bahwa alpukat dapat mengatasi mata bintitan? Alpukat dapat memberikan obat alami yang berguna mengatasi mata bintitan dengan cara membunuh virus yang berkembang di dalamnya. Selain itu, alpukat juga memberikan zat perlindungan yang alami untuk menjaga kesehatan mata dari paparan polusi udara. Perlu diketahui bahwa polusi udara tidak hanya dapat merusak paru-paru melainkan juga indra penglihatan manusia.

10. Menjaga mata dari berbagai macam penyakit mata

Anda bisa mulai dengan mengkonsumsi buah alpukat untuk menjaga kesehatan mata. Buah alpukat juga mampu mencegah terjadinya pembengkakan sel di sekitar area mata. Ada banyak penyakit mata yang dapat dicegah dengan mengkonsumsi alpukat secara terartur diantaranya rabun mata, katarak dan glaukoma.

Itulah manfaat dari jus alpukat untuk kesehatan mata. Anda bisa menambahkan buah alpukat pada berbagai variasi makanan untuk mendapatkan lutein dengan cara yang sangat mudah. Karena memiliki asupan lutein yang cukup untuk tubuh mampu mencegah munculnya berbagai jenis penyakit mata.


Baca juga WALATRA SEHAT MATA


 

Tulisan ini dipublikasikan di Manfaat dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.