Manfaat Kesehatan Tersembunyi dari Makanan Pedas

Makanan pedas merupakan salah satu makanan misteri. Kenapa disebut  misteri karena rasa pedas yang ditimbulkan dari makanan tersebut sehingga mungkin banyak orang yang tidak terlalu menyukai makanan pedas.

Apakah anda pernah pergi ke restoran yang menawarkan makanan pedas? Saya yakin anda pasti pernah masuk ke dalam restoran tersebut. Mungkin ini adalah kabar terbaik untuk kalian yang menyukai makanan pedas karena terdapat manfaat yang dapat anda ambil.

Selain itu, pepatah lama juga mengatakan bahwa “Tidak ada rasa sakit, maka tidak ada keuntungan” Mungkin pepatah tersebut cocok dengan apa yang kita bahas kali ini, karena tidak ada sesuatu yang tidak memiliki manfaat yang terdapat di dunia ini, seburuk-buruknya makanan akan terselip manfaat didalamnya. Berikut ini adalah manfaat kesehatan tersembunyi dari makanan pedas.

Manfaat Kesehatan Tersembunyi dari Makanan Pedas

Dapat menurunkan berat badan

Manfaat yang pertama yang dapat anda miliki dari konsumsi makanan pedas adalah penurunan berat badan. Anda dapat menurunkan berat badan tanpa harus diet dengan memakan makanan pedas. Tetapi, anda juga tidak dianjurkan untuk terlalu berlebihan mengkonsumsinya. Para peneliti telah membuktikan bahwa senyawa capsaicin yang terdapat dalam cabai dapat memberikan efek termogenik yang kemudian membuat tubuh menjadi mudah untuk membakar kalori setelah anda menikmati makanan pedas.

Dapat mencegah kanker

Sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh American Association For Cancer Research capsaicin memiliki kemampuan untuk menghilangkan sel-sel kanker pada penderita leukimia. Selain itu, cabai juga dapat membantu anda menyembuhkan stroke, masuk angin, dan mencegah obesitas. Salah satu rempah tertentu yaitu kunyit juga dapat memperlambat pertumbuhan kanker dan tumor. Cabai dan obat kanker tertentu memiliki efek yang seimbang pada tubuh.

Dapat meningkatkan kesehatan jantung

Capsaicin dikenal juga sebagai salah satu senyawa yang dapat mengurangi risiko kardiovaskular. Cabai dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. Capsaicin juga dikenal dapat membantu peradangan yang merupakan faktor utama dalam masalah jantung.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang berada di negara-negara dengan kebiasaan menikmati hidangan pedas cenderung lebih mungkin untuk memiliki risiko rendah terkena penyakit jantung. Mengapa demikian? Mengkonsumsi cabai tampaknya dapat menghilangkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Kesehatan jantung itu merupakan salah satu hal yang terpenting, karena jika jantung anda bermasalah mungkin kehidupan anda  juga akan bermasalah terutama pada kesehatan anda. Jadi, sebaiknya anda harus benar-benar menjaga kesehatan jantung anda. Selain dengan konsumsi makanan pedas, anda juga dapat mengkonsumsi makanan sehat untuk jantung yang lainnya.

Dapat meringankan rasa sakit

Manfaat yang satu ini mendapat sedikit kesulitan dalam penjelasan ilmiah, tetapi ada yang membuatnya menjadi sederhana. Capsaicin dapat menghambat sinyal tertentu yang dikirim dari sel-sel saraf menuju otak anda, karena dapat mematikan setiap sensasi nyeri yang ditimbulkan. Ini juga menjadi alasan, mengapa capsaicin sering digunakan sebagai bahan dalam krim penghilang rasa sakit. Sensasi terbakar yang ditimbulkan capsaicin bekerja menghilangkan sumber dari rasa sakit yang mungkin anda rasakan.

Dapat membuat perut lebih baik

Jika anda sering atau pernah mengalami sakit perut setelah anda mengkonsumsi makanan pedas, penyebabnya bukanlah dari makanan pedas tersebut, mungkin saja anda belum memakan sesuatu dan anda sudah mengkonsumsi makanan pedas. Makanan pedas membuat perut anda lebih baik, apakah anda yakin? Penelitian baru menunjukkan bahwa konsumsi makanan pedas dapat menurunkan sejumlah asam lambung, mengurangi pendarahan pada perut serta dapat memperkecil risiko ulkus peptikum setidaknya dengan 53%.

Memakan beberapa cabai bukanlah sesuatu yang buruk! Satu-satunya keuntungan pribadi yang bisa anda dapatkan dari cabai adalah sifat anti kankernya. Saya dapat mengatakan demikian karena kerentanan kanker secara besar-besaran dapat disumbangkan dari faktor genetik dan lingkungan. Sehingga dalam kasus kanker payudara, cabai dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker yang berkembang dalam tubuh.

Hal tersebut dengan secara tidak langsung dapat mendukung upaya tubuh anda untuk membuat contongencies. Seperti antioksidan yang lainnya, cabai juga digunakan untuk menghindari paparan yang disebabkan oleh kanker tersebut, selain itu mengurangi efek radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan mutasi pada sel-sel kanker merupakan manfaat yang dapat anda miliki dari makanan pedas.

Kemudian, berapa banyak makanan pedas yang anda butuhkan? Adapun makanan pedas yang perlu anda konsumsi untuk mengambil manfaatnya. Dokter menyarankan bahwa anda mencoba untuk memasukkan cabai dan kunyit dalam hidangan yang sering anda nikmati antara dua sampai tiga kali dalam satu minggu.

Jika anda harus memakan cabai secara mentah, mungkin itu akan menjadi tantangan untuk anda, karena akan lebih sehat jika anda memakannya secara mentah. Jika anda memiliki masalah toleransi dengan makanan pedas, anda bisa menggantikan cabai dengan rempah-rempah yang lainnya. Anda dapat berbicara dengan dokter anda untuk mengambil manfaat dari kunyit atau suplemen capsaicin karena cabai dan kunyit merupakan kombinasi yang terbaik untuk melawan berbagai penyakit dalam tubuh manusia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *