Manfaat kulit manggis untuk kesehatan kulit dan tubuh

Kulit manggis sangat di percaya untuk mengobati penyakit yang belum ada obat nya atau penyakit yang tidak bisa di sembuhkan dengan obat, apalagi obat-obatan yang mengandung bahan kimia yang berbahaya untuk kesehatan tubuh. Buah ini memiliki tiga bagian utama yaitu kulit yang berwarna ungu, buah yang berwarna putih, dan biji yang di temukan dalam daging yang berwarna putih tersebut.

1. Mencegah kanker

Kandungan zat xanthone yang terdapat di dalam kulit manggis mampu membunuh dan menghancurkan sel kanker yang terdapat di dalam tubh seseorang yang memiliki penyakit kanker. Zat xanthone juga memiliki sifat anti proliferasi dan apoptosis yang bekerja untuk membunuh sel kanker dan mencegah terjadinya penyakit kanker.

2. Rendah kalori

Buah ini sangat rendah kalori, kalori yang terdapat di dalam kulit buah manggis ini yaitu sekitar 63 kalori per100gram dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Kulit dari buah manggis ini juga kaya akan serat makanan, memiliki sekitar 100gram serat yang sangat penting bagi seseorang yang peduli pada berat badan berlebih.

3. Tuberkulosis (TBC)

Kulit manggis mengandung sifat anti-bakteri dan anti-jamur yang kuat selain sangat efektif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Tindakan lambat terhadap bakteri yang berbahaya untuk pasien yang menderita TBC akan memperburuk keadaan si penderita, untuk itu anda bisa mencoba kulit manggis ini untuk mengobati TBC anda.

4. Menghilangkan jerawat

Kulit manggis memiliki sifat anti-bakteri alami dan senyawa anti-mikroba, yang sangat efektif dalam mengobati berbagai masalah kulit yang umum. Jerawat, noda kulit, kulit berminyak dan kulit kering dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi kulit atau buah manggis.

5. Memperbaiki sel kulit

Senyawa xanthone yang terdapat pada kulit buah ini adalah senyawa yang tertinggi jika dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Ini dapat menyembuhkan penyakit kulit, memperbaiki dan melindungi sel-sel yang rusak dalam tubuh anda.

6. Menurunkan Berat badan

Senyawa xanthone yang terdapat di dalam kulit manggis membantu dalam pencegahan kenaikan berat badan, dengan membakar lemak. Buah manggis sendiri juga termasuk untuk membantu penurunan berat badan.

7. Anti-penuaan

Penuaan pada wajah terjadi karena oksidasi. Manggis memiliki kandungan dengan anti-oksidan seperti catechin (antioksidan yang ditemukan dalam teh hijau). Hal ini membantu dalam memerangi radikal bebas. Oleh karena itu, mulai mengkonsumsi kulit manggis untuk terlihat lebih muda.

8. Menjaga Tekanan darah

Kulit manggis juga mengandung jumlah tinggi mineral seperti tembaga, mangan dan magnesium. Kalium memberikan perlindungan terhadap stroke dan penyakit jantung koroner karena merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh dan mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

9. Menjaga Aliran darah

Kulit manggis membantu dalam mempromosikan sel darah merah dan mencegah anemia. Hal ini dapat meningkatkan aliran darah dengan menyebabkan pelebaran pembuluh darah yang membantu melindungi kita terhadap penyakit tertentu seperti aterosklerosis, kolesterol tinggi, kemacetan jantung dan nyeri dada yang parah. Dengan meningkatkan jumlah aliran darah ke mata, Vitamin C dalam buah manggis efektif terhadap penyakit katarak.1000mg Vitamin C dalam satu hari dikatakan efektif dalam mengendalikan katarak dan meningkatkan visi dalam tubuh.

10. Mencegah infeksi

Ini juga merupakan manfaat penting dari kulit dan buah yang  bisa anda dapatkan dari manggis. Jadi, menurut Cancer Center, buah manggis dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur dan dengan demikian, tubuh anda akan bebas dari infeksi. Selanjutnya, penelitian sebagai salah satu bukti lain bahwa senyawa xanthones bisa menghambat pertumbuhan bakteri yang disebut leptospira dan ketika senyawa xanthone ini dicampur dengan penisilin, itu akan sangat meningkatkan efektivitas antibiotik untuk mengobati berbagai infeksi.

11. Mempercepat pertumbuhan

Mengkonsumsi kulit dan buah manggis juga akan membantu pertumbuhan tubuh anda terutama terkait dengan pertumbuhan organ yang tepat dari tubuh anda. Jadi, kulit dan buah manggis mengandung jumlah tinggi tembaga, dan tembaga ini benar-benar bermanfaat bagi berbagai jenis pertumbuhan dan perkembangan organ jaringan yang terdapat di dalam tubuh. Bahkan, anda tidak bisa mendapatkan oksigen yang tepat jika anda menderita kekurangan tembaga. Mengkonsumsi buah manggis akan bermanfaat untuk memberikan kandungan tembaga yang terdapat di dalam tubuh dan memastikan bahwa anda memiliki jumlah yang cukup tembaga dalam tubuh.

12. Mengurangi kolesterol

Mengkonsumsi buah dan kulit manggis juga akan bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh. Buah manggis juga dapat menurunkan tingkat trigliserida yang ada di dalam tubuh, ketika tingkatan trigliserida ini turun, itu akan sangat menguntungkan untuk tubuh anda.

13. Sebagai Antioksidan yang kuat

kulit dan buah manggis memiliki sejumlah besar antioksidan dan mengandung vitamin C yang sangat besar di bandingkan dengan buah yang lainnya. Antioksidan dalam kulit dan buah manggis ini mengandung booster sel yang memiliki nilai obat varous.

Kulit manggis sebagai kesehatan untuk anak-anak

  • Bisa menjadi obat untuk menghilangkan penyakit asthma pada anak
  • Untuk mengobati gangguan hiperaktif pada anak
  • Mengatasi alergi makanan yang terjadi pada anak
  • Serta bisa membantu proses pembentukan tulang dan gigi pada anak

Kulit manggis untuk pencernaan

  • Mampu menghentikan diare
  • Mampu mencegah peradangan pada usus besar
  • Mampu menurunkan penyakit asam lambung
  • Mampu mencegah kelainan yang terjadi dalam usus besar
  • Dan mampu menyembuhkan dan mencegah peradangan yang terjadi di dalam usus kecil

Nilai Gizi dari Manggis

Buah manggis yang bermanfaat karena memiliki nilai gizi yang tinggi. Selain memiliki rasa yang lezat, buah manggis juga termasuk sumber yang kaya serat dan karbohidrat. Buah manggis juga memiliki kandungan tinggi vitamin A dan vitamin C serta zat besi, kalsium dan kalium. Buah ini merupakan sumber moderat vitamin B-kompleks seperti thiamin, niacin dan folat. Vitamin ini bertindak sebagai kofaktor yang membantu tubuh untuk metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak. Yang paling penting buah manggis adalah sumber dari xanthones. Satu cangkir jus buah manggis memiliki 143 kalori.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *