Manfaat Mengesankan dari Kunyit Untuk Lambung Menurut Para Ahli

Kunyit adalah salah satu bahan yang sering digunakan dalam berbagai masakan. Bisa dibilang kalau kunyit merupakan ramuan paling kuat yang dapat mengatasi berbagai macam penyakit termasuk masalah lambung.

Kunyit memiliki begitu banyak sifat penyembuhan yang saat ini telah ada sekitar 6.235 artikel yang menerbitkan manfaat kunyit dengan senyawa curcumin didalamnya. Hal tersebut menempatkan kunyit berada didaftar teratas dengan salah satu tanaman obat yang paling sering disebutkan dalam semua ilmu pengetahuan dan herbal yang paling popular.

Dari 6000 referensi curcumin, temuan paling menarik adalah ketika kunyit dibandingkan dengan obat konvensional memiliki manfaat yang sama. Bahkan sejumlah studi baru-baru ini melaporkan bahwa menggunakan curcumin akan lebih menguntungkan untuk tubuh daripada obat resep tertentu.

Mekanisme Penelitian

Ketika anda membaca artikel ini, hal yang harus anda ingat adalah salah satu manfaat dari curcumin memiliki keuntungan yang lebih tinggi dari pendekatan medis dengan tidak adanya efek samping yang ditimbulkan. Ketika para peneliti melakukan pemeriksaan, mereka menemukan hasil terbaru dari curcumin yang terdapat dalam kunyit, bahwa kunyit dapat melampaui 10 obat-obatan yang diresepkan.

Selain itu, kunyit juga merupakan salah satu tanaman yang paling diteliti dari semua tanaman yang “pernah” diteliti. Dengan ulasan dari 5.600 studi, terdapat 175 efek psikologis yang dihasilkan dari kunyit untuk kesehatan manusia,dan 600 manfaat yang memiliki sifat pencegahan dan terapi yang potensional. Studi klinis yang mengikuti penelitian kunyit mengatakan bahwa curcumin memiliki sifat anti inflamasi yang dapat menginduksi apoptosis pada sel kanker dan dapat menghambat angiogenensis.

Efek antritrombotik yang terdapat dalam kunyit mampu mengurangi plak amiloid terkait penyakit al zheimer. Seperti dalam buku yang diterbitkan oleh Rose Shapiro dalam bukunya yang berjudul “Penghisap”, anda juga dapat membunuh sel-sel kanker dengan menggunakan kunyit sebagai penghisapnya. Penelitian kunyit yang dibiayai oleh National Center For Complementary dan Pengobatan Alternatif mengatakan bahwa:

  • Banyak bukti yang dapat mendukung penggunaan kunyit untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Karena beberapa uji klinis telah dilakukan dan hasilnya memberikan banyak manfaat untuk tubuh manusia.
  • Temuan awal dari laboratorium lainnya mengatakan bahwa bahan senyawa yang ditemukan dalam kunyit atau yang sering dikenal dengan curcumin memiliki sifat anti inflamasi, anti kanker, dan kandungan antioksidan.
  • Penelitian telah mempelajari kandungan senyawa dalam kunyit yang dapat dilakukan untuk membantu manusia dalam mengatasi berbagai masalah yang berhubungan dengan kesehatan. Para peneliti juga menemukan temuan terbaru dari kunyit yang dapat mencegah sindrom akut dari gangguan pernapasan, gangguan hati, lambung, dan osteoporosis.

Rekomendasi Kunyit Untuk Lambung

Mengapa harus kunyit? Apakah tidak ada obat lain untuk lambung? Ada banyak pengobatan yang dapat mengatasi masalah lambung, mulai dari antasida, baking soda dan susu. Namun, masalah yang timbul dari pengobatan ini adalah bahwa itu hanya bersifat mengurangi dan dapat menimbulkan kambuhnya rasa sakit yang dialami lambung anda. Dalam studi pada tahun 2001, efek curcumin pada lambung ditemukan dan dapat meringankan gejala dari masalah yang berkaitan dengan lambung seperti tukak lambung salah satunya.

18 pasien yang memiliki permasalahan dengan lambung mereka melakukan percobaan dengan diberi 300 miligram kapsul bubuk kunyit yang dikonsumsi 5 kali dalam sehari. Hasilnya setelah 4 minggu ke 18 pasien tersebut terbukti dapat sembuh dari berbagai masalah terkait dengan lambung mereka. Bakteri Helicobacter Pylori yang menjadi penyebab tukak lambung, gastritis dan dan kanker lambung, sangat sulit diobati dengan berbagai obat-obatan yang ada.

Namun, dengan menggunakan 2 sendok teh bubuk kunyit, tampaknya curcumin dapat menghambat pertumbuhan Helicobacter Plory. Penelitian lain yang dilakukan pada tahun 2004  juga mengatakan bahwa curcumin dapat mencegah proses perkembangan Hipercobacter Plory yang merupakan bakteri negatif yang menyebabkan gastritis.

Apakah ada dosis lain yang dianjurkan? Dosis lain yang dianjurkan untuk keasaman rendah perut, gangguan pencernaan, dispepsia atau sakit maag, dosis yang dianjurkan adalah 500 miligram kunyit dengan konsumsi empat kali sehari. Dosis tersebut disimpulkan setelah penelitian yang menemukan bahwa kunyit dapat meredakan gangguan pencernaan. Dosis umum untuk bubuk kunyit adalah sekitar 400 sampai 600 miligram yang dikonsumsi 3 kali sehari.

Kesimpulan

Apakah kunyit memiliki efek samping? Lalu bagaimana kunyit dapat dijadikan obat jika memiliki efek samping? Kunyit sangat aman digunakan dan tidak memiliki efek samping, jadi anda tidak perlu khawatir dengan manfaat yang diberikan kunyit. Rempah-rempah kunyit sering digunakan dalam makanan dan sangat aman bagi siapa saja yang mengkonsumsinya.

Sebenarnya masih banyak penyakit yang terdapat di lambung yang bisa diatasi dengan kunyit. Orang-orang dengan masalah kandung empedu, wanita hamil dan menyusui, siapapun yang membutuhkan operasi dan pasien diabetes harus menghindari kunyit.

Yang menjadi peringatan adalah jika anda menggunakan kunyit dengan dosis yang terlalu tinggi dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Jika anda tidak menyukai kunyit, anda bisa menggunakan Gastric untuk mengatasi lambung anda. Saya tidak menganjurkan orang-orang untuk tidak menggunakan kunyit, asalkan anda memahami bukti yang cukup baik dari penjelasan dan persetujuan yang dikemukakan para peneliti diatas tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *