Manfaat Timun Untuk Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan penyakit yang dapat meningkatkan resiko penyakit kronis lain datang seperti penyakit jantung dan ginjal. Tidak ada makanan yang bisa menurunkan tekanan darah namun anda bisa memanfaatkan mentimun sebagai bagian dari diet seimbang, mentimun dirancang untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Anda bisa meminta nasihat dokter jika anda ingin melakukan diet mentimun untuk menurunkan darah tinggi.

Apa Saja Manfaat Mentimun Dan Apa Sajakah Kandungan Gizi Di Dalamnya ?

Penunjang Diet Dash
Diet Dash merupakan hal yang bisa anda lakukan dengan mentimun. Diet dash yaitu diet menjaga pola makan agar dapat menurunkan  tekanan darah tinggi atau hipertensi hanya dalam beberapa minggu dan memisahkan anda dari hipertensi. Menurut Dietary Guidelines 2010 dari Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan, dengan diet dash anda bisa mendapatkan 2000 kalori atau setara dengan 5 porsi memakan sayur perhari. Mayoritas orang Amerika memakan rata-rata 1,6 cangkir sayuran perhari dan  1/2 cangkir sayuran mentah sampai irisan mentimun hanya dianggap sebagai 1 porsi.

Sodium
Dalam timun terkandung sodium yang berfungsi sebagai penurun tekanan darah tinggi. Menurut Dietary Guidelines 2010 dari Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan. Individu dengan tekanan darah tinggi tidak di perbolehkan mengkonsumsi lebih dari 1.500 mg sodium per hari. Manis, mentimun asam atau dill acar dapat memiliki lebih dari 1.000 mg natrium per porsi. Intinya mentimun bisa menaikan tekanan darah tinggi atau menurunkannya, tergantung pada bagaimana cara kita mengkonsumsi dan berapa banyak porsinya.

Kalium
Mentimun bisa menyediakan 442 mg kalium perbuah, kalium merupakan mineral penting bagi tubuh untuk mengatur tekanan darah anda. Dengan mengkonsumsi kalium 4.700 mg perhari anda dapat menurunkan tekanan darah tinggi anda dan dapat membantu ginjal untuk menyaring natrium, membantu mengeluarkan natrium dari dalam darah, sehingga secara tidak langsung dapat menurunkan tekanan darah pada penderita tekanan darah tinggi.

Pengendalian berat
Dengan menurunkan tekanan darah tinggi anda secara tidak langsung anda menurunkan berat badan anda. Menurunkan berat badan setidaknya anda mengkonsumsi lebih sedikit kalori. University of Michigan, satu buah timun yang dikonsumsi dengan kulitya memiliki 45 kalori namun,lebih dari 95% dari berat mentimun adalah air yang merupakan nutrisi bebas kalori dan penekan nafsu makanan alami.

Antioksidan
Dalam timun mengandung antioksidan seperti avonoid, quercetin, apigenin, luteolin, keampferol, betakaroten dan vitamin C. Dalam fungsinya antioksidan berperan penting untuk melawan pertumbuhan gejala kanker dan menurunkan resiko penyakit kronis termasuk penyakit jantung.

Menyehatkan Jantung
Dalam timun mengandung magnesium dan serat yang baik dikonsumsi oleh penderita darah tinggi ataupun darah rendah dan mengontrol tekanan darah di tubuh. Jika darah tinggi menurun maka jantungpun akan bebas dari resiko tekena penyakit kronis yang berbahaya.

Melancarkan Pencernaan
Pada mentimun terdapat 2 komposisi dasar yang paling kaya keberadaannya, dan paling diperlukan untuk pencernaan yang sehat yaitu air dan serat. Kandungan serat dan air yang melimpah membersihkan usus dari racun. Kulit mentimun mengandung serat larut, yang membantu menambah kebutuhan buang air besar. Hal ini membantu makanan bergerak melalui saluran pencernaan yang lebih cepat untuk pencernaan sehat.

Melindungi Otak
Dalam ketimun mengandung zat falvonoid (fisetin) yang bermanfaat dalam peningkatanmemori dan melindungi sel syaraf pada otak. Zat falvonoid (fisetin) ternyata juga bisa meberikan perlindungan secara progressif terhadap gangguan Alzheimer.

Baik Bagi Ginjal
Timun memiliki khasiat yang berkaitan dengan kondisi ginjal dan kantung kemih. Kandungan air dalam timun dapat membantu fungsi ginjal dengan mempromosikan buang air kecil, selain itu mengkonsumsi makanan ini pun sangat bermanfaat untuk melarutkan batu ginjal.

Memecahkan Masalah Lambung
Dalam timun mengandung enzim yang disebut dengan erepsin yang membantu penyerapan protein, dengan mengkonsumsi sayuran ini dengan rutin anda bisa menyembuhkan tukak lambung, gastritis  juga asam lambung.

Mencegah Perkembangan Sel Kanker
Buah yang juga termasuk kedalam kelompok sayur ini memiliki kandungan seperti lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresino yang bisa mengurangi resiko beberapa jenis kanker seperti kanker usus, kanker payudara, kanker ovarium, kanker rahim dan kanker prostat. Bakteri pada tubuh akan dilawan oleh 3 serangkai tersebut dan mengubahnya menjadi enterolignans yang akan mengikat reseptor estrogen penyebab kanker.

Penghasil Vitamin K
Vitamin K berperan penting untuk memperkuat tulang dengan mempromosikan aktivitas orthotropic. Sayuran ini juga sangat baik untuk diet, dalam buah ini terkandung silika dan kalsium yang juga bermanfaat bagi kesehatan sendi dengan memperkuat jaringan ikat, menjaga keseimbangan hormon dengan mengendalikan pelepasan hormon.

Memperkuat Rambut
Manfaat lain dari timun adalah untuk rambut, jus timun sangat baik untuk memperkuat rambut. Kandungan silikon, sulfur, sodium, kalsium dan fosfornyamerupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memperkuat rambut dan mecegah kerontokan rambut.

Itulah seputar manfaat dari timun, dengan mengkonsumsinya secara rutin anda telah menerepakan pencegahan penyakit pada tubuh anda. Sekian informasi dari saya dan semoga bermanfaat.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *