Memahami perbedaan GERD dan serangan jantung

Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah suatu kondisi dimana isi perut yang bocor kemudian mundur dari lambung ke kerongkongan (tabung dari mulut ke perut). Hal ini dapat menyebabkan iritasi kerongkongan dan menyebabkan mulas serta gejala lainnya.

Ketika anda makan, makanan melewati tenggorokan ke perut melalui kerongkongan. Sebuah cincin dari serat otot di bagian bawah kerongkongan mencegah untuk menelan makanan. Serat otot ini disebut lower esophageal sphincter (LES). Dan jika  cincin otot ini tidak menutup semua jalan, isi perut bisa bocor kembali ke dalam kerongkongan. Ini disebut refluks atau gastroesophageal reflux.

Pengetahui perbedaan GERD dan serangan Jantung

Serangan jantung disebabkan ketika salah satu arteri yang memasok jantung tersumbat. Angina adalah nyeri dada yang sama terjadi ketika arteri ini menyempit oleh penyakit jantung. Sedangkan mulas adalah rasa sakit terbakar sering dirasakan di perut bagian atas atau dada bagian bawah. Hal ini disebabkan oleh asam lambung naik kembali pipa makanan.

Perbedaan antara gejala mulas dan serangan jantung

  • Mulas cenderung lebih buruk setelah makan dan ketika berbaring
  • Mulas bisa diredakan dengan obat-obatan yang mengurangi kadar asam di lambung
  • Mulas tidak menimbulkan gejala yang lebih umum seperti sesak napas
  • Serangan jantung tidak menyebabkan kembung
  • Serangan jantung menyebabkan nyeri dada yang sering digambarkan sebagai tekanan, meremas, berat, sesak, atau sakit
  • Nyeri pada serangan jantung bisa datang dan pergi, ini berlangsung selama lebih dari beberapa menit

Mulas sebenarnya bukan gejala dari suatu penyakit hanya saja mulas ini sama terjadi di dada seperti penyakit serangan jantung. Mulas di jantung terjadi karena lambung menghasilkan lendir untuk melindungi lapisannya dari asam yang digunakan untuk membantu pencernaan. Pipa makanan yang kurang perlindungan ini, menyebabkan kerusakan refluks asam lapisannya.

Orang-orang yang telah menderita serangan jantung akan didesak untuk melakukan upaya-upaya jangka panjang untuk mengurangi risiko masalah di masa depan. Hal ini dapat mencakup perubahan gaya hidup dari diet dan olahraga seseorang. Perokok akan disarankan untuk berhenti menggunakan tembakau. Mungkin ada lebih bantuan intensif dengan perubahan tersebut dari program yang dikenal sebagai rehabilitasi jantung.

Gejala dari Gastroesophageal reflux disease (GERD)

Beberapa gejala yang kurang jelas dari sakit magg tradisional dan gangguan pencernaan. Misalnya, anda mungkin terus memiliki suara serak. Ini dapat indikasi GERD juga. Mulas dan gastroesophageal reflux bisa diperburuk oleh kehamilan. Gejala juga bisa disebabkan oleh obat-obatan tertentu, seperti:

  1. Bronkodilator untuk asma
  2. Calcium channel blocker untuk tekanan darah tinggi
  3. Obat dopamin-aktif untuk penyakit Parkinson
  4. Progestin untuk perdarahan menstruasi abnormal atau KB
  5. Obat penenang untuk insomnia atau kecemasan
  6. Obat anti depresan trisiklik

Jantung adalah organ tubuh manusia yang harus dijaga untuk tetap sehat, jantung membutuhkan pasokan yang cukup dari oksigen dan nutrisi, seperti otot dalam tubuh. Dua besar cabang arteri koroner memberikan darah yang memiliki oksigen ke otot jantung. Jika salah satu dari arteri ini atau cabang tersumbat tiba-tiba, sebagian dari jantung akan kekurangan oksigen dan inilah yang disebut dengan serangan jantung.

Tanda tanda serangan jantung

Penyebab paling utama dari serangan jantung adalah penyempitan tiba-tiba atau penyumbatan arteri koroner, yang memasok oksigen ke jantung, tanda tanda yang paling umum dari serangan jantung yaitu :

  1. Sesak napas
  2. Pusing
  3. Pingsan
  4. Mual
  5. Nyeri dada
  6. kesemutan pada satu atau kedua lengan, punggung, bahu, leher atau rahang
  7. Keringat dingin
  8. Rasa lelah yang tidak biasa

Rasa sakit karena serangan jantung yang parah dapat menyebabkan hati sakit dan seperti di remas. Jika serangan ringan, mungkin keliru untuk sakit magh. Rasa sakit mungkin akan konstan. Juga, wanita cenderung mengalami gejala klasik dari nyeri dada di bandingkan dengan pria.

Paling sering, serangan jantung terbentuk dari plak yang terdapat di dalam arteri koroner (aterosklerosis). Ketika plak melepaskan diri dari dalam arteri, bekuan darah dapat terbentuk, dan menghalangi aliran darah melalui arteri koroner. Dua penyebab kurang umum dari serangan jantung adalah, kejang intens berkepanjangan arteri koroner atau robekan pada dinding arteri (disebut spontan diseksi arteri koroner), yang keduanya dapat mengurangi aliran darah ke otot jantung.

 Faktor risiko penyakit serangan jantung

  • Merokok
  • Memiliki tekanan darah tinggi
  • Memiliki kolesterol tinggi
  • Makan makanan yang tinggi lemak dan sodium
  • Tidak berolahraga secara teratur
  • Gula darah tinggi akibat resistensi insulin atau diabetes

Mengatasi GERD dan serangan Jantung

Menurunkan berat badan

Obesitas adalah penyebab utama GERD, Dr. Vaezi berkata. Karena adanya tekanan lemak di perut anda yang mendorong lambung ke kerongkongan anda. “Menurunkan berat badan jika anda kelebihan berat badan, dan tidak menambah berat badan jika anda tidak kekurangan berat badan” katanya.

Menghindari makanan yang dapat menyebabkan GERD

Makanan dan minuman di bawah ini adalah makanan yang harus anda hindari, seperti :

  • Makanan berlemak
  • Makanan pedas
  • Makanan asam, seperti tomat dan jeruk
  • Daun mint
  • Cokelat
  • Bawang
  • Kopi atau minuman berkafein

Jangan berbaring setelah makan

Menunggu setidaknya tiga jam sebelum anda berbaring setelah makan. Ketika anda makan makan dan kemudian berbaring untuk tidur siang, anda mengambil risiko untuk memicu terjadinya penyakit GERD. Akibatnya, asam lambung lebih mudah menekan dan mengalir ke kerongkongan.

Berhenti merokok

Untuk perokok, menendang kebiasaan itu adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan dan mengurangi risiko penyakit jantung, kanker dan kondisi lainnya. Berhenti mungkin akan masuk akal, tapi itu tidak mudah. Terapi pengganti nikotin dan mental yang berhenti dapat memiliki pada tubuh kita.

Biji-bijian

Orang yang makan banyak biji-bijian cenderung lebih ramping dan memiliki risiko lebih rendah dari penyakit serangan jantung daripada mereka yang tidak. Hal ini mungkin karena biji-bijian mengandung antioksidan, fitoestrogen dan pitosterol yang protektif terhadap penyakit jantung.

Kacang polong

Makan kacang secara teratur baik untuk jantung anda, dan anda tidak perlu makan terlalu banyak untuk mendapatkan keuntungan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menyarankan untuk memiliki1/2 cangkir kacang dimasak setiap hari dapat menurunkan kolesterol.

Teh hijau

Beberapa bukti terkuat manfaat kesehatan teh untuk penyakit jantung. Para peneliti percaya antioksidan yang disebut katekin dalam teh hijau adalah kuncinya. Katekin menghambat respon inflamasi tubuh terhadap bakteri yang menyebabkan penyakit gusi. Orang dengan penyakit gusi dua kali lebih mungkin menderita masalah jantung.

Jika Anda memiliki kondisi seperti kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi atau diabetes, anda mungkin harus memiliki resep atau ramuan sendiri dan perubahan gaya hidup agar anda terhindar dari penyakit serangan jantung dan penyakit GERD. Pastikan untuk mengikuti rencana gaya hidup sehat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *