Mempelajari cara mengontrol Asthma

Asma adalah penyakit yang memengaruhi paru-paru anda. Ini adalah salah satu penyakit jangka panjang yang paling umum dari anak-anak, tetapi orang dewasa juga dapat memiliki asma. Asma menyebabkan mengi, sesak napas, sesak dada, dan batuk pada malam hari atau pagi. Jika Anda memiliki asma, Anda memilikinya sepanjang waktu, tetapi anda akan memiliki serangan asma hanya ketika sesuatu mengganggu paru-paru anda.

Tanda-tanda umum dan gejala asthma meliputi:

  • Batuk pada malam hari atau pagi, sehingga sulit untuk tidur
  • Mengi
  • Dada sesak, seperti sesuatu yang meremas dada anda
  • Sesak napas, merasa kehabisan napas, atau tidak mampu mengusir udara dari paru-paru

Tidak semua orang dengan asma memiliki gejala-gejala tersebut. Untuk mendiagnosa asma pasti membutuhkan tes fungsi paru-paru, riwayat medis (termasuk jenis dan frekuensi gejala), dan pemeriksaan fisik. Gejala asma bervariasi dalam frekuensi dan tingkat keparahan. Kadang-kadang asma mungkin hanya mengganggu anda. Asma juga membatasi rutinitas harian anda. Gejala berat bisa berakibat fatal, jadi penting untuk mengobati gejala ketika anda pertama kali terkena asma sehingga  tidak menjadi parah. Dengan pengobatan yang tepat, kebanyakan orang dapat berharap untuk memiliki beberapa gejala, siang atau malam.

Penyebab asthma

Penyebab umum serangan asma termasuk :

  • Paparan tembakau atau kayu asap
  • Menghirup udara tercemar
  • Menghirup iritasi pernapasan lainnya seperti parfum atau produk pembersih
  • Paparan iritasi saluran napas di tempat kerja
  • Menghirup zat penyebab alergi (alergen) seperti cetakan, debu, atau bulu binatang
  • Infeksi saluran pernapasan atas, seperti pilek, flu, sinusitis, atau bronkitis
  • Paparan dingin, cuaca kering
  • Kegembiraan emosional atau stres
  • Tenaga fisik atau olahraga
  • Refluks asam lambung dikenal sebagai penyakit gastroesophageal reflux, atau GERD
  • Sulfit, aditif untuk beberapa makanan dan anggur dan
  • Haid. (Dalam beberapa, tidak semua, wanita, gejala asma terkait erat dengan siklus menstruasi.)

Asma mempengaruhi orang-orang dari segala usia, tetapi paling sering dimulai selama masa kanak-kanak. Ada lebih dari 24,6 juta orang orang Amerika dengan asma, tujuh juta dari mereka anak-anak. Anak-anak yang sering mengi ketika mereka memiliki infeksi pernapasan dan yang memiliki risiko lain faktor orang tua dengan asma. Anak laki-laki lebih banyak memiliki asma dibandingkan anak perempuan. Pada orang dewasa, lebih banyak perempuan daripada laki-laki memiliki asma. Peran hormon gender dan seks tidak jelas. Kebanyakan orang yang menderita asma memiliki alergi. Beberapa orang mengembangkan “asma kerja” dari kontak dengan bahan kimia atau debu di tempat kerja.

Serangan asthma bisa terjadi kapan saja, serangan berlangsung tidak lebih dari beberapa jam sampai hari. Beratnya serangan bervariasi, tapi tidak ada gejala antara serangan.

  1. Mild persistent, serangan ini termasuk serangan lebih dari dua kali seminggu, tapi tidak setiap hari, dan gejala malam hari lebih dari dua kali dalam satu bulan. Serangan kadang-kadang cukup parah untuk mengganggu kegiatan rutin.
  2. Sedang gigih, serangan ini termasuk serangan harian dan gejala malam hari lebih dari sekali dalam satu minggu. Serangan yang lebih parah terjadi setidaknya dua kali dalam satu minggu dan dapat berlangsung selama berhari-hari. Serangan memerlukan penggunaan obat dan perubahan kegiatan sehari-hari.
  3. Persisten berat, serangan ini termasuk serangan yang paling parah, gejala pada siang hari secara terus-menerus, dan gejala malam hari sering. Gejala memerlukan batasan pada kegiatan sehari-hari.

 

 Tips untuk mengontrol asthma

 Anda bisa melakukan hal-hal di bawah ini untuk mengontrol asthma anda agar tidak kambuh pada waktu tertentu :

  • Jika anda seorang perokok sebaiknya berhenti
  • Jangan minum obat batuk. Obat-obatan ini tidak membantu asma dan dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan
  • Aspirin dan obat anti-inflamasi nonsteroid, seperti ibuprofen, dapat menyebabkan asma memburuk pada individu tertentu. Obat-obat ini tidak boleh diambil tanpa saran dari penyedia layanan kesehatan Anda
  • Jangan gunakan inhaler nonprescription. Ini mengandung obat yang sangat short-acting yang tidak dapat berlangsung cukup lama untuk meringankan serangan asma dan dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan
  • Mengambil obat telah diresepkan untuk asma anda
  • Mengambil persiapan nonprescription, (herbal) atau suplemen makanan, bahkan jika mereka benar-benar “alami,” tanpa bicara dengan penyedia layanan kesehatan anda terlebih dahulu itu juga di perbolehkan, karena tidak mengandung efek samping
  • Jika obat tidak bekerja, jangan terlalu sering untuk di konsumsi. Terlalu sering menggunakan obat asma bisa berbahaya

Diet sehat untuk asthma

  1. Makan banyak buah-buahan dan sayuran
  2. Makan makanan dengan asam lemak omega-3. Omega-3 asam lemak yang ditemukan dalam ikan seperti salmon, tuna, dan sarden dan beberapa sumber tanaman, seperti biji rami yang diyakini memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Itu masih ide yang baik untuk memasukkan mereka dalam diet anda.
  3. Hindari asam lemak omega-6. Ada beberapa bukti bahwa makan lemak omega-6, yang ditemukan di beberapa margarin dan makanan siap saji, yang dapat memperburuk asma, dan kondisi kesehatan serius lainnya seperti penyakit jantung.
  4. Mengkonsumsi Makanan Tinggi di Karotenoid
    Karotenoid beta karoten adalah anti moksidan yang larut dalam lemak yang membersihkan radikal bebas yang dapat  menyebabkan kontraksi saluran pernapasan. Juga vitamin A, yang dapat dibuat dari beta karoten oleh tubuh, yaitu anti oksidan  yang kuat. Sumber makanan yang baik dari beta karoten termasuk sayuran hijau dan buah-buahan seperti bayam, wortel, ubi jalar, labu musim dingin, mangga, dan melon.
  5. Makan Makanan Kaya Magnesium dan Kalium
    Penelitian telah menunjukkan bahwa asupan magnesium mungkin terkait dengan penurunan risiko asma. Sebuah asupan makanan tinggi magnesium juga telah dikaitkan dengan fungsi paru-paru yang lebih baik dan mengurangi mengi pada penderita asma. Magnesium intravena (magnesium di suntikkan langsung ke pembuluh darah) kadang-kadang digunakan untuk mengobati serangan asma akut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *