Mengatasi Aritmia Dengan Tradisional Dan Modern

Sebelumnya kita telah mengenal penyakit yang sering disebut aritmia. Aritmia adalah kondisi di mana jantung seseorang berdetak tidak beraturan atau tidak normal, seperti melambat atau terlalu cepat. Hal ini disebabkan oleh impuls elektrik yang berfungsi mengatur detak jantung tidak bekerja dengan baik. Gangguan arimia bisa terjadi karena banyak faktor, diantaranya karena gaya hidup yang kurang sehat. Diantaranya adalah merokok dan atau mengkonsumsi minuman beralkohol, jika hal itu terus dibiarkan maka cepat atau lambat akan berdampak pada kehidupan anda seperti pusing, pingsan dan sebagainya. Berikut adalah pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengobati aritmia, dari tradisional hingga modern, seperti :

Pengobatan Tradisional

1). Mengkudu
Ekstrak buah mengkudu sangat berarti untuk jantung karena buah mengkudu dapat membantu menurunkan kekuatan kontraksi otot jantung, menaikkan jumlah aliran darah koroner jantung per menitnya, dan menormalkan kecepatan denyut jantung. Dalam kandungan mengkudu terdapat banyak senyawa aktif yang mampu menyehatkan badan, selain itu buah mengkudu juga sudah banyak dijadikan berbagai obat untuk menyembuhkan banyak penyakit dan hasilnya memang sangat efektif. Anda bisa membuat sendiri ramuan buah mengkudu dengan memblender 1 buah mengkudu dan minum setiap hari, setelah itu anda akan merasakan perubahan pada tubuh anda.

2). Daun Sirsak
Penelitian mengemukakan bahwa daun sirsak dapat menyehatkan organ Jantung dan membantu membebaskan penyakit apapun pada jantung, karena daun sirsak mempunyai sifat vasodilator yang dapat memperlebar pembuluh darah yang tersumbat, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kadar gula dalam darah, dan dapat menekan aktifitas jantung. Caranya dengan merebus 10 helai daun sirsak dengan 3 gelas air, kemudian biarkan sampai airnya tersisa hanya 1 gelas.

3). Kulit Manggis
Menurut penelitian Journal of pharmacology, Kandungan yang terdapat dalam kulit manggis seperti xamthone mengandung antioksidan yang tinggi melebihi kekuatan vitamin C dan E. Selain itu juga xanton memiliki banyak manfaat kesehatan terutama kesehatan kardiovaskular seperti mengatasi penyakit jantung aterosklerosis yang bertanggung jawab mempelebar pembuluh darah, menyapu serta membersihkan plak yang di sebabkan lemak darah jahat (LDL) dan kandungan xantonnya ahli dalam memperbaiki sel sel rusak di dalam ariteri sekat jantung dan beberapa sel lainnya yang rusak sehingga peredaran darah kembali lancar. Caranya dengan mengeruk kulit manggis bagian dalam dan blender kemudia minum, jangan menggunakan gula dan bisa menambahkan madu untuk pemanis.

Pengobatan Modern

1). Dengan calcium channel blockers

  • Diltiazempenghambat kanal kalsium atau antagonis kalsium. Obat ini berfungsi menangani hipertensi dan mencegah angina. Dokter dapat menganjurkan penggunaannya tanpa atau dengan kombinasi obat-obat lain.
  • Amlodipineobat untuk mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi. Obat ini juga bisa digunakan untuk membantu mengatasi serangan angina atau angin duduk. Obat ini bisa dikonsumsi secara tersendiri atau dikombinasikan dengan obat lain.
  • Isradipine – bekerja dengan cara mengendurkan otot jantung dan pembuluh darah. Obat ini kadang digunakan dengan obat tekanan darah lainnya. Selain itu obat lainnya yang juga bisa di konsumsi oleh penderita aritmia jantung adalah : Felodipin, nicardipine, nifedipin, nisoldipine, dan verapamil.

2). Dengan obat Anti-koagulan

  • Warfarin – mencegah terjadinya pembekuan darah di kaki pada penderita trombosis vena dalam, di paru-paru pada penderita emboli paru, dan di jantung pada penderita fibrilasi atrium dan serangan jantung.
  • Aspirin – mengatasi rasa sakit (analgesik), mengatasi demam (antipiretik) dan mengatasi peradangan (antiinflamasi).

3). Dengan obat Beta-bolcker

  • Nebivolol – bekerja dengan cara menghalangi aksi zat natural dalam tubuh seperti epinephrine pada jantung dan pembuluh darah. Efek ini dapat menurunkan detakan jantung, tekanan darah, dan kejang pada jantung.
  • Propranololmembantu mencegah ritme jantung yang tidak normal pada penderita aritmia, melindungi jantung dari serangan jantung, meredakan nyeri dada pada penderita angina, dan menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.
  • Atenololmelambatkan aktivitas jantung. Hasilnya, jantung akan bekerja lebih pelan dengan tenaga lebih sedikit. Selain itu, obat lain yang disarankan adalah : Acebutolol, bisoprolol, metoprolol, nadolol.

4). Dengan obat Anti-aritmia

  • Disopyramide – mengembalikan irama jantung ke tingkat normal dan mempertahankan detak jantung tetap stabil. Disopiramid dikenal sebagai obat anti-aritmia Ia bekerja dengan menghalangi sinyal-sinyal listrik tertentu pada jantung yang dapat menyebabkan detak jantung tidak teratur.
  • Bepridil Hidrokloridamenghambat kalsium ion masuknya seluruh sel membran selama jantung depolarisasi menggunakan pengobatan dari stabil angina, obat ini bisa dikonsumsi sendiri atau dikombinasikan dengan propranolol atau nitrat.
  • Amiodaronedigunakan untuk membantu menjaga jantung berdetak dengan normal pada orang yang memiliki gangguan irama jantung tertentu pada bilik jantungnya (bilik jantung yang lebih kecil yang membiarkan darah mengalir keluar jantung).
  • Dronedarone – obat ini merupakan obat yang mampu mengatasi fibrilasi atrium, namun obat ini tidak boleh digunakan oleh orang-orang yang mengalami fibrilasi atrium permanen karena memiliki peningkatan risiko efek samping yang serius. Selain itu ada obat lainnya yang juga membantu mengatasi aritmia, seperti : Dofetilide, flecainide, ibutilide, lidocaine, procainamide,
    propafenone, propranolol, quinidine, sotalol dan tocainide.

Namun yang harus diingat adalah obat tersebut harus dengan resep dokter. Obat yang berbahan dasar kimia termasuk ke dalam obat keras jadi harus hati-hati dalam menggunakannya jangan melebihi dosis yang telah di anjurkan. Nanti bukannya sembuh malah tambah parah. Dan sekali lagi saya ingatkan, selama ada tanaman herbal yang mampu mengatasi penyakit anda, kenapa harus memilih kimia. Apa bila ingin mengkonsumi tanaman herbal di barengi obat dari dokter, harus sesuai anjuran dokter agar obat yang diberikan oleh dokter tidak menjadi sia-sia. Terimakasih telah mengunjungi laman web kami 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *