Mengatasi Penyakit Kista Tiroid Tanpa Bedah Tanpa Obat

Kista Tiroid adalah tiroid yang membesar dan berisi cairan. Biasanya ukuran cairan yang terdapat pada tiroid sekitar 1 cm kadang-kadang sangat besar dan akan berkembang perlahan bahkan secara tiba-tiba. Jika kista tiroid yang anda derita tumbuh berkembang dan membesar maka anda akan mengalami gejala seperti kesulitan menelan, nyeri dan suara jarang sekali untuk berubah karena adanya kompresi pada pita suara.

Biasanya kista tiroid ditemukan pada saat biopsi tiroid (Pengangkatan contoh jaringan dari tubuh untuk pemeriksaan). Jika kista tiroid yang anda derita hanya berisi cairan maka biasanya tidak bersifat kanker. Namun dalam kebanyakan kasus, kista tiroid yang di temukan biasanya berisi padat yang bisa saja menimbulkan kanker. Sekitar 15% kista tiroid bisa disembuhkan secara permanen.

Penyebab Kista Tiroid

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit kista tiroid

  • Kekurangan Yodium. Ketika anda melakukan diet, kemudian anda memiliki kekurangan yodium dalam kelenjar tiroid anda, biasanya hal tersebut bisa saja berkembang menjadi kista tiroid. Namun, untuk orang-orang Amerika ini sangat jarang di temukan karena mereka selalu menambahkan garam pada setiap makanan yang dihidangkan di meja mereka.
  • Pertumbuhan yang berlebih dari jaringan tiroid normal. Pertumbuhan tiroid yang melebihi batas normal biasanya sering di sebut dengan adenoma tiroid. Ini bukan kanker dan tidak terlalu dianggap sebagai sesuatu yang serius, namun jika hal tersebut menyebabkan gejala maka bisa saja menyebabkan tumbuhnya kista tiroid pada tenggorokan anda.
  • Peradangan Kronis. Penyakit hashimoto, gangguan tiroid, dapat menyebabkan timbulnya peradangan pada tiroid yang mengakibatkan membesar nya nodular. Hal ini sering dikaitkan dengan berkurangnya fungsi dari tiroid (hipotiroidisme).
  • Multinodular goiter. Ini adalah penyakit yang sering di sebut dengan gondok. Gondok adalah istilah yang sering digunakan untuk pembesaran yang terjadi pada tiroid.
  • Kanker Tiroid. Memiliki riwayat keluarga dengan kanker tiroid menyebabkan anda berisiko tinggi untuk terkena penyakit kista tiroid, meski kemungkinan nya sangat kecil namun sekitar usia 30 sampai 60 tahun orang yang lebih muda atau lebih tua dari kita khususnya seorang pria dapat mengembangkan penyakit kista tiroid akibat adanya riwayat keluarga yang memiliki latar belakang penyakit kanker tiroid.

Penyebab yang di timbulkan oleh kista tiroid ini sebenarnya masih belum jelas, namun perkembangan kista tiroid sangat berkaitan dengan paparan radiasi dan penuaan. Paling sering terjadi kista tiroid di sebabkan oleh Hiperplastik kelenjar, Hashimoto tiroiditis atau Subakut tiroiditis.

Gejala Kista Tiroid

Dalam beberapa kasus, kista tiroid menghasilkan toksin tambahan, yaitu suatu hormon yang di keluarkan oleh kelenjar tiroid anda. Hal tersebut dapat menyebabkan gejala sebagai berikut :

  1. Penurunan berat badan secara tidak jelas
  2. Badan mudah gemetar
  3. Sering merasa gugup
  4. Denyut jantung yang cepat atau tidak teratur
  5. Kesulitan menelan
  6. Bengkak di bagian leher
  7. Membesar secara tiba-tiba
  8. Dapat dirasakan ketika terjadinya perkembangan

Kebanyakan kista tiroid yang terjadi tidak hanya bisa dirasakan oleh gejala saja, karena kista tiroid bisa dengan cepat tumbuh dan berkembang menjadi besar tanpa anda sadari, itu akan terjadi secara tiba-tiba.

Mengatasi Kista Tiroid Tanpa Bedah

Kista tiroid mungkin akan beragam dengan ukuran, dan sebagian besar dari kista tiroid memiliki sifat non-kanker. Hanya 5 sampai 10% yang di diagnosis sebagai kanker. Terkadang dokter sering menyarankan untuk operasi bedah dan perawatan yodium radioaktif untuk mengatasi penyakit kista tiroid. Sementara itu, anda dapat mencoba pengobatan alami ini di rumah,untuk mengobati penyakit kista tiroid yang anda derita. Solusi ini sangat mudah digunakan serta dapat memperbaiki tiroid yang rusak dan mengurangi perkembangan kista tiroid agar tidak berkembang menjadi lebih besar.

1. Hindari makanan berminyak

Minyak yang terdapat pada makanan akan memperburuk penyakit kista tiroid anda, untuk itu sebaiknya anda lebih menghindari makanan yang berminyak. Seperti gorengan, margarin, produk susu serta makanan cepat saji. Kebanyakan makanan cepat saji memiliki banyak lemak dan sangat berminyak, hal tersebut sangat tidak baik jika di konsumsi oleh penderita kista tiroid.

2. Kurangi asupan gula

Jika anda memiliki penyakit kista tiroid sebaiknya anda mengurangi asupan gula. Gula dapat membuat kekebalan tubuh anda menjadi lemah serta dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh. Oleh sebab itu, mengurangi asupan gula akan sangat baik untuk anda yang menderita penyakit kista tiroid. Konsumsi gula berlebihan juga dapat menyebabkan timbulnya penyakit lain, seperti penyakit diabetes khususnya.

3. Konsumsi bayam

Bayam merupakan sumber dari vitamin A. Vitamin A digunakan oleh kelenjar tiroid untuk mengatur sekresi hormon tiroid. Dengan demikian, konsumsi bayam merupakan cara alami untuk mengatasi penyakit kista tiroid yang anda derita.

4. Kunyit

Kunyit adalah bahan rempah alami yang memiliki banyak manfaat. Curcumin yang terdapat dalam kunyit mampu mengatasi masalah yang berkaitan dengan tiroid, termasuk penyakit kista tiroid. Kunyit juga efektif mengurangi peradangan yang terjadi di tenggorokan yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon tiroid. Kunyit dapat mengembalikan fungsi tiroid secara normal, oleh karena itu pengoabatan alami ini bisa mengatasi masalah yang terjadi pada tiroid anda. Selain dengan empat pengoabatan alami ini, anda juga bisa mengatasi masalah perapasan lainnya dengan 12 ramuan alami untuk mengatasi masalah pada pernapasan anda.

Singkatnya, kebanyakan orang yang memiliki satu atau lebih nodul tiroid atau kista tidak akan membutuhkan operasi. Namun, ada beberapa situasi ketika operasi diperlukan. Tetapi sama seperti halnya dengan jenis lain dari operasi, seseorang dapat menyatakan bahwa tidak semua kasus operasi ini benar-benar diperlukan.

Bahkan itu dipertanyakan apakah operasi kelenjar tiroid diperlukan, daripada nodul atau kista itu sendiri. Dan untuk metode pengobatan tiroid alami, meskipun banyak orang bisa mendapatkan keuntungan dari mengikuti pengobatan alami, tidak ada jaminan bahwa metode pengobatan alami akan menyusut nodul tiroid.

Jadi orang-orang yang membutuhkan perhatian segera mungkin akan membutuhkan beberapa jenis intervensi medis, sementara mereka yang tidak memiliki masalah serius karena nodul tiroid atau kista mungkin ingin memberikan metode pengobatan alami dicoba.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *