Mengenali ciri-ciri dari penyakit Epilepsi

Epilepsi adalah penyakit yang mengganggu sistem saraf manusia akibat dari suatu aktivitas yang berlebihan sehingga penderitanya akan mengalami kejang secara berulang.

Kerusakan dan perubahan yang terjadi dalam otak, termasuk salah satu penyebab timbulnya penyakit epilepsi ini. Namun,itu hanya sebagian kecil saja, karena penyebab dari penyakit epilepsi belum di ketahui dengan pasti.

Penyakit epilepsi ini pada dasarnya memang bukan penyakit yang menular, hanya saja penyakit epilepsi ini bisa terjadi kapan dan di mana saja, dan hal tersebut juga menjadi alasan kenapa penyakit epilepsi ini berbahaya.

Penyebab dari Penyakit Epilepsi

  1. Pernah mengalami cidera di bagian kepala
  2. Faktor genetika
  3. Mengalami infeksi kerusakan pada otak
  4. Memiliki penyakit yang berhubungan dengan otak seperti stroke
  5. Mengalami kejang secara berulang

Kejang pada penyakit epilepsi terjadi ketika impuls yang terdapat di otak mengalami peningkatan yang melebihi batas normal, penyakit epilepsi juga bisa di derita oleh siapa saja termasuk anak-anak dan orang yang lanjut usia atau manula. Dan sebagian dari penyakit epilepsi ini di sebabkan oleh faktor lingkungan. Dan gejala epilepsi bisa di ketahui jika penyebabnya sudah di temukan.

Gejala dari Penyakit Epilepsi

Dan sebagian dari penyakit epilepsi ini di sebabkan oleh faktor lingkungan. Dan gejala epilepsi bisa di ketahui jika penyebabnya sudah di temukan :

  1. Kebingungan yang temporer
  2. Hilang kesadaran secara total
  3. Menghentak yang tidak terkontrol pada kaki dan tangan
  4. Merasa gelisah
  5. Merasa mudah lelah
  6. Merasa depresi dan rasa sakit kepala yang sangat buruk

Kejang-kejang yang timbul pada penderita epilepsi ini sangat perlu untuk di tangani karena ini sebagai bentuk pencegahan agar tidak membahayakan nyawa si penderita. Kejang-kejang yang terjadi pada penderita penyakit epilepsi di sebabkan oleh penggunaan obat-obatan lain yang mengganggu kerja obat epilepsi, mengkonsumsi alkohol yang berlebihan dan kurang tidur.

Cara mengatasi Penyakit Epilepsi

1. Mengkonsumsi susu rendah lemak

Susu rendah lemak sangat baik di konsumsi bagi penderita epilepsi, karena di dalam susu terdapat kandungan kalsium dan elektrolit alami yang sangat di perlukan oleh tubuh. Dan susu rendah lemak juga sangat membantu serta mempertahankan fungsi otot agar tetap bekerja dengan normal saat penyakit epilepsi itu kambuh.

2. Mengkonsumsi jus buah

Saat kadar natrium di dalam tubuh menurun maka sel-sel dalam otak akan membengkak kemudian akan menimbulkan kejang-kejang pada tubuh. Dan itulah fungsi dari mengkonsumsi jus buah, yaitu untuk mengembalikan kandungan natrium yang hilang dalam tubuh kita.

3. Mengkonsumsi air kelapa

Air kelapa dapat membantu si penderita epilepsi agar bisa terhindar dari dehidrasi, sehingga kebutuhan air dalam tubuhnya bisa terpenuhi dan bisa mengurangi kambuh nya kembali penyakit epilepsi tersebut.

4. Menghindari makanan siap saji

Banyak di temukan bahwa makanan siap saji memiliki kandungan bahan pengawet yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia jika di konsumsi dalam jangka waktu panjang, untuk itu biasakan lah untuk membuat makanan sendiri.

5. Mengkonsumsi buah alpukat

Buah alpukat memiliki kandungan tinggi vitamin B, magnesium, lemak yang baik untuk tubuh kita. Alpukat juga merupakan salah satu buah yang tidak mengandung gula sama sekali. 

6. Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan salah satu minyak yang mengandung lemak, dan lemak tersebut merupakan salah satu lemak terbaik untuk memicu ketosis dalam tubuh dan membantu penggunaan lemak tubuh anda untuk melakukan aktivitas. Minyak kelapa juga kaya akan serat, kalium dan sangat rendah karbohidrat.

7. Mengetahui makanan yang kita makan

Memperhatikan makanan yang sering di konsumsi, karena bisa saja makanan yang biasa anda konsumsi menjadi salah satu dari penyebab timbulnya epilepsi. Anda juga harus mengontrol asupan gula, kalori, lemak dan gram yang masuk ke dalam tubh kita setiap harinya, dengan seperti ini maka kadar gula, kalori serta lemak di tubuh anda bisa selalu terkontrol dengan baik.

8. Tidak mengkonsumsi kacang-kacangan

Kedelai adalah kacang-kacangan dan dianggap sebagai tanaman penting karena itu adalah sumber murah dari protei. Tetapi mengkonsumsi kacang kedelai bisa menyebabkan penderita epilepsi mengalami kejang secara tiba-tiba, untuk itu bagi penderita epilepsi sangat di sarankan untuk tidak mengkonsumsi kacang-kacangan terutama kacang kedelai.

9. Tidak mengkonsumsi pemanis buatan

Karena pemanis buatan akan meningkatkan sel darah dalam otak serta menyebabkan risiko timbulnya kejang-kejang dan penakit epilepsi akan menjadi lebih parah. Hal ini tidak mengherankan karena aspartame terbuat dari aspartat, asam amino yang sangat merangsang, yang cenderung mengiritasi sistem saraf dalam jumlah besar atau dalam bentuk tertentu.

10. Mengkonsumsi vitamin K

Vitamin K sangat baik bagi penderita epilepsi karena vitamin K sangat dibutuhkan untuk otak, ketika kejang-kejang anda kambuh akibat epilepsi yang diderita, maka vitamin K yang terdapat dalam tubuh akan membantu secara alami dari dalam, untuk itu kandungan vitamin K sangat penting karena bisa membantu perkembangan otak anda. Anda juga dapat mengkonsumsi Ace Max’s untuk membantu perkembangan otak menjadi lebih cepat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *