Mengetahui 6 perbedaan pada diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2

Penyakit diabetes adalah penyakit seumur hidup yang memengaruhi cara tubuh manusia untuk memproduksi glukosa yaitu sejenis gula yang terdapat dalam darah anda. Sedangkan pengertian dari insulin itu sendiri adalah hormon yang membantu glukosa dalam jaringan tubuh anda untuk bergerak. Dua jenis paling umum dari diabetes adalah diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

Pada diabetes tipe 1, tubuh memproduksi lebih sedikit insulin atau sama sekali tidak memproduksi insulin karena sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif. Jadi orang-orang dengan diabetes tipe 1 harus mengambil insulin setiap hari. Diabetes tipe 1 biasanya terjadi pada anak-anak dan orang dewasa muda, tetapi juga dapat muncul pada orang dewasa yang lebih tua.

Pada diabetes tipe 2, tubuh anda mencegah insulin itu agar tidak bekerja dengan  tepat. Tubuh anda mungkin memproduksi beberapa insulin tetapi itu tidak cukup. Kebanyakan orang sekitar 90% sampai 95% memiliki penyakit diabetes tipe 2. Ini jenis diabetes biasanya terjadi pada orang yang lebih tua, meski orang dewasa yang lebih muda juga bisa saja mengalami nya. Diabetes tipe 2 juga biasanya terjadi pada orang yang kelebihan berat badan. Bahkan, sekitar 8 dari 10 orang dengan diabetes tipe 2 kelebihan berat badan.

Perbedaan diabetes tipe satu dan tipe dua

1. Diabetes tipe 1 penyakit autoimun sedangkan diabetes tipe 2 bukan

Jika anda memiliki penyakit diabetes tipe 1, tubuh anda tidak memproduksi insulin sama sekali. Itu karena tipe 1 adalah penyakit autoimun di mana serangan sistem kekebalan tubuh dan menghancurkan sel-sel insulin dalam pankreas. Tidak ada yang tahu persis apa yang menyebabkan hal itu, tetapi jika faktor genetika mungkin bisa saja.

Orang dengan penyakit diabetes tipe 2 menghasilkan insulin, tetapi itu tidak akan cukup karena memiliki kesulitan untuk menggunakan nya secara efisien. faktor risiko utama untuk penyakit diabetes tipe 2 yaitu obesitas (terutama jika anda kelebihan berat badan di sekitar perut). Memiliki riwayat keluarga dengan penyakit diabetes juga bisa meningkatkan risiko anda.

2. Gula darah rendah akan lebih berbahaya untuk diabetes tipe 1 tapi tidak untuk tipe 2

Pada penderita diabetes tipe 1 jika gula darah sangat rendah (hipoglikemia) dapat menyebabkan kelemahan, pusing, dan berkeringat. Sedangkan diabetes tipe 2 tidak akan menyebabkan pusing atau lemah jika gula darah anda rendah. Dalam kasus yang parah, diabetes tipe 1 dapat membuat anda pingsan dan bahkan dapat mengancam jiwa. Itu alasannya kenapa anda harus berhati-hati untuk mengetahui berapa banyak insulin yang di ambil melalui suntikan berdasarkan asupan makanan anda dan tingkat aktivitas sehari-hari anda.

3. Mengkonsumsi makanan manis akan lebih berisiko untuk diabetes tipe 2

Mungkin ini akan cocok untuk penyakit diabetes tipe 1 tapi tidak untuk penyakit diabetes tipe 2 karena jika anda mengkonsumsi makanan yang manis dapat menyebabkan penambahan berat badan. Untuk itu jika anda memiliki penyakit diabetes tipe 2 maka anda harus berhati-hati dengan makanan yang manis, tetapi mengkonsumsi makanan yang manis akan sangat baik untuk penderita diabetes tipe 1 untuk mengambil insulin dan memerangi kadar gula yang rendah dalam tubuh.

4. Pengobatan diabetes tipe 2 sangat bervariasi tetapi tidak dengan diabetes tipe 1

Mungkin untuk penyakit diabetes tipe 2 lebih mudah pengobatan nya karena banyak cara yang bisa di lakukan seperti menjalani diet, mengkonsumsi vitamin bahkan berolahraga untuk menurunkan berat badan. Beda lagi dengan diabetes tipe 1 yang sangat diharuskan mengambil insulin untuk tubuh, karena jika penderita penyakit diabetes tipe 1 tidak memproduksi insulin mungkin yang akan terjadi adalah kematian.

5. Gejala yang di timbulkan

Sering ada perbedaan pada gejala yang muncul untuk diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2, meski sebenarnya ada gejala yang sama. Untuk penyakit diabetes tipe 1, biasanya gejala datang pada satu atau dua hari, sedangkan gejala diabetes tipe 2 bisa memperburuk keadaan tubuh selama bertahun tahun karena belum terdeteksi. Namun dari keduanya, terdapat juga gejala yang sama seperti rasa haus yang berlebihan, buang air kecil meningkat, infeksi meningkat, kelelahan, penurunan berat badan, dan penglihatan kabur.

6. Diabetes tipe 1 lebih sering menyerang anak-anak

Jika di bandingkan dengan penyakit diabetes tipe 2, maka diabetes tipe 1 lebih rentan untuk menyerang anak-anak, sedangkan diabetes tipe 2 lebih cenderung untuk menyerang orang dewasa. Meski diabetes tipe 1 juga mungkin saja menyerang orang dewasa. Terlepas dari ketika anda mencari tahu penyakit diabetes tipe berapa yang anda derita, tetapi sangat penting untuk menganggapnya serius.

Saran yang di anjurkan untuk penderita diabetes

Sebelumnya, orang dengan diabetes di beritahu untuk menghindari makanan dengan tambahan kadar gula yang terlalu tinggi. Ini tidak lagi diperlukan. Bisa mengambil insulin dengan menghitung dosis insulin berdasarkan jumlah karbohidrat, yang sudah termasuk kandungan gula, seperti sakarin.

Karena para ahli telah menyatakan itu sangat baik dan aman untuk di konsumsi oleh penderita diabetes dengan catatan jumlah yang tepat. Penderita diabetes juga bisa dianjurkan untuk mengkonsumsi daun sirsak sebagai obat tradisional untuk mengatasi penyakit diabetes.

Banyak orang berpikir bahwa diabetes tipe 1 lebih buruk di bandingkan dengan diabetes tipe 2, tetapi perlu anda ketahui keduanya dapat menyebabkan komplikasi serius seperti kebutaan, amputasi, dan gagal ginjal. Kesimpulan nya adalah hidup sehat akan sangat lebih baik jika terhindar dari bentuk penyakit apapun. Minum obat anda seperti yang diarahkan, sering melakukan pemantauan kadar gula darah anda, makan dengan baik, berolahraga, dan di pastikan anda tidak boleh stres.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *