Mengetahui faktor penyebab sakit di pinggang

Sakit pinggang atau Low Back Pain (LBP) adalah gangguan medis yang disebabkan oleh tubuh yang tidak mampu untuk mengangkat atau membawa kelebihan beban sehingga otot-otot dan sendi untuk bergerak akan melampaui batas.

Orang-orang yang telah memasuki usia lanjut lebih mungkin mengalami rasa sakit ini, tetapi juga dapat terjadi pada usia muda. Selain karena tubuh tidak mampu untuk mengangkut beban berat, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan sakit kembali sebagai berikut.

Faktor penyebab sakit di pinggang

Trauma
Yang dimaksud dengan trauma di sini adalah adanya benturan yang terjadi secara langsung atau tersandung pinggang seperti tertabrak kendaraan, atau konflik tidak langsung seperti jatuh dari tangga yang mengarah pada pergeseran tulang belakang, bahkan dengan patah tulang atau dihancurkan.

Kurang Bergerak

Otot akan tegang ketika jarang digunakan untuk memindahkan suatu barang atau karena kita jarang melakukan olahraga. Rasa sakit bisa timbul misalnya saat gerakan mendorong, angkat, tarik dan tikungan.

Ketegangan otot atau keseleo otot
Sakit pinggang di sini terjadi misalnya ketika melakukan olahraga seperti joging atau berenang tanpa pemanasan yang diawali dengan relaksasi otot. Bisa juga mengambil benda di lantai karena keadaan atau posisi membungkuk, menyebabkan kelambatan pada pinggang atau distorsi mekanik. Untuk itu ketika kita akan berolahraga terlebih dahulu untuk melakukan pemanasan karena ini bermanfaat untuk melenturkan otot.

Gejala rasa sakit di Pinggang

Gejala umum yang sering terjadi adalah :

  • Kesulitan bergerak yang cukup parah saat berjalan atau berdiri
  • Rasa nyeri yang berlebih di sekitar pangkal paha, pantat atau paha atas, tetapi jarang terjadi di bawah lutut
  • Otot terasa kejang

Orang dewasa muda (30 sampai 60 tahun) lebih mungkin mengalami sakit di pinggang yang di sebabkan dari cedera otot punggung atau peregangan yang berlebih pada jaringan lunak lainnya. Sedangkan orang dewasa yang lebih tua (lebih dari 60 tahun) lebih mungkin untuk menderita sakit yang terkait dengan degenerasi sendi (seperti osteoartritis atau stenosis tulang belakang).

Diagnosa adalah salah satu cara yang biasanya di lakukan untuk mengetahui berbagai penyebab lain dari rasa sakit yang terjadi di pinggang, selain  dari sebab-sebab di atas tersebut. Dan diagnosa biasanya akan mengklasifikasikan kondisi si penderita sebagai salah satu dari dua jenis rasa nyeri yang terjadi di pinggang.

  • Aksial nyeri pinggang, jenis yang paling umum dari sakit di bagian pinggang, hanya terbatas pada pinggang dan tidak berpengaruh pada bokong. Rasa sakit bisa tajam atau tumpul, dan dapat cukup parah untuk membatasi kegiatan sehari-hari, seperti berdiri dan berjalan. Biasanya memburuk dengan aktivitas tertentu yang dapat memperburuk penyakit pinggan anda, atau posisi fisik (seperti duduk untuk waktu yang lama) dan dibebaskan dengan istirahat. Kebanyakan nyeri pinggang yang akut berarti itu perlu waktu yang cukup lama untuk menyembuhkannya dan biasanya waktu yang di butuhkan adalah enam sampai 12 minggu tetapi dapat bertahan lebih lama dan menjadi kronis.
  • Lumbar radiculopathy (sciatica) adalah jenis yang paling umum kedua rasa sakit yang disebabkan oleh masalah pinggang. Disebabkan oleh kondisi yang memampatkan akar saraf dari saraf sciatic, rasa sakit yang lebih parah di kaki daripada di pinggang itu sendiri. Gejala nyeri, mati rasa dan kelemahan yang dirasakan di pinggang, dan hanya pada satu sisi tubuh bagian bawah, yang memengaruhi pantat, kaki, kaki, atau seluruh panjang kaki.

Cara mencegah sakit di pinggang

  • Hindari rokok
  • Hidup sehat dengan konsumsi makanan bergizi, diet dan latihan rutin.
  • Ketika anda berolahraga, di sarankan untuk tidak berlebihan atau memaksakan diri.
  • Jika tubuh merasa lelah, lebih baik istirahat jika sedikit lebih baik kemudian lagi melanjutkan olahraga nya.
  • Jika kebugaran anda kurang stabil, jangan angkat besi berat yang tidak dapat diangkat.
  • Ketika mengambil sesuatu yang ada  di lantai, lebih baik di lakukan dengan cara berjongkok atau membungkuk posisi horisontal lurus punggung, dan alas yang digunakan adalah otot paha dan betis.

Selain beberapa cara di atas, anda juga bisa mengobati sakit pinggang dengan beberapa bahan alami di bawah ini :

1. Daun Binahong

Tanaman ini di percaya dapat menyembuhkan rasa sakit di pinggang karena kandungan anti oksidan, asam karbonal dan fenol yang terdapat di dalamnya dapat memenuhi kebutuhan yang di perlukan oleh tubuh termasuk otot dalam tubuh.

2. Minyak astiri

minyak astiri berfungsi untuk menyembuhkan rasa sakit yang terjadi pada pinggang anda, minyak atsiri sangat cocok untuk rasa sakit, lelah, dan menyehatkan otot pada bagian pinggang. Ini cukup efektif juga untuk sesak, rematik dan kondisi rematik. Jika Anda merasa tidak nyaman atau kejang pastikan untuk memiliki jahe di tangan.

3. Akar bunga Pagoda

Ambil 4 cangkir air matang dan 30-90 gram akar bunga pagoda yang sudah kering kering kemudian rebus akar kering bunga pagoda di 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Tunggu sampai mendidih, kemudian saring airnya dan minum 2 kali sehari.

Berikut adalah beberapa bahasan seputar faktor penyebab rasa sakit di pinggang semoga artikel ini bisa bermanfaat dan berguna untuk mengobati penyakit yang terdapat di pinggang anda, nyeri pinggang dapat terjadi setiap saat. Oleh karena itu, hal terbaik yang dapat anda lakukan adalah menghindarinya. Sakit pinggang yang anda alami, bisa saja bersumber dari makanan yang anda makan, sebab itu patut untuk anda mengetahui daftar makanan yang dapat membuat persendian terluka. Anda juga harus mulai mendapatkan gaya hidup sehat dan menjauhi hal-hal yang berbahaya bagi kesehatan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *