Menghilangkan Dismenore saat menstruasi

Kram pada saat menstruasi dan nyeri atau yang biasa di sebut dismenore adalah hal yang paling di anggap umum karena memengaruhi jutaan wanita setiap bulan. Diperkirakan bahwa 60% dari semua wanita menderita nyeri haid atau kram setidaknya sekali dalam seumur hidup mereka.

Sebagian besar dari wanita ini mengalami kram parah yang berulang kembali setiap bulan. Nyeri haid atau dysmenorrhea  disebabkan oleh zat hormon seperti prostaglandin.

Setiap bulan, zat ini dilepaskan ketika membran dalam rahim wanita (endometrium) mulai mogok. Sementara prostaglandin mutlak diperlukan untuk aliran menstruasi normal (mereka membantu kontrak otot rahim, meremas jaringan lama dan cairan melalui leher rahim dan keluar dari tubuh wanita).

Jumlah yang berlebihan dari prostaglandin dapat menyebabkan kontraksi otot yang berlebihan  dan merasa kram saat menstruasi. Selain itu, leukotrien (zat inflamasi) yang dihasilkan oleh tubuh manusia akan berpikir untuk memainkan peran dalam pengembangan dismenore (kram menstruasi).

Jenis-jenis Dismenore

Ada dua jenis utama dari periode ini  yang menyakitkan :

  • Dismenore primer adalah jenis yang paling umum dan ditandai dengan nyeri di perut bagian bawah dan nyeri punggung bawah yang dimulai 1-2 hari sebelum periode dan berlangsung dari 2-4 hari. Tidak ada masalah mendasar yang menyebabkan rasa sakit
  • Dismenore sekunder ditandai dengan kram nyeri yang disebabkan oleh masalah medis yang teridentifikasi seperti endometriosis, fibroid rahim, atau penyakit radang panggul

Kram menstruasi, juga dikenal sebagai dismenore atau periode nyeri, sensasi menyakitkan dirasakan di perut bagian bawah yang dapat terjadi baik sebelum dan selama periode menstruasi wanita. Kram menstruasi cenderung dimulai setelah telur dilepaskan dari ovarium dan berjalan turun melewati tuba fallopi (ovulasi).

Gejala Dismenore

Gejala umum yang termasuk Disminore adalah :

  1. Sakit kepala
  2. kembung
  3. Nyeri payudara
  4. Bengkak di wajah, kaki, dan tangan
  5. Sakit di pinggang
  6. Sensitif terhadap cahaya dan kebisingan
  7. Timbul jerawat pada wajah
  8. Sembelit
  9. Kejang otot

Penyebab Dismenore

Ada lima penyebab yang paling umum saat kram menstruasi terjadi,ke 5 penyebab tersebut adalah :

  1. Endometriosis  ini adalah jaringan yang melapisi rahim berkembang di luar rahim
  2. Fibroid rahim yaitu tumor non-kanker dan pertumbuhan dalam dinding rahim
  3. Adenomiosis adalah jaringan yang melapisi rahim tumbuh ke dalam dinding otot rahim
  4. Penyakit radang panggul atau infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri
  5. Serviks stenosis yaitu pembukaan serviks kecil dan batas haid aliran

Dalam beberapa kasus, ketidaknyamanan menstruasi disebabkan atau diperburuk oleh kondisi yang mendasarinya seperti kram yang sering terjadi pada sebagian wanita. Dalam kasus tersebut, pengobatan biasanya melibatkan mengatasi penyebab yang mendasari masalah. Jika kram tidak terkait dengan kondisi medis lainnya, dokter mungkin meresepkan obat anti-prostaglandin atau obat antiinflamasi lainnya untuk meringankan rasa sakit.

Pencegahan Dismenore

Anda mungkin dapat mencegah kram menstruasi. Langkah-langkah pencegahan yang di sarankan antara lain :

  • Makan buah-buahan dan sayuran dan membatasi asupan lemak, alkohol, kafein, garam, dan permen
  • Olahraga secara teratur
  • Mengurangi stres
  • Berhenti merokok jika anda seorang perokok
  • Yoga atau relaksasi terapi

Makanan sehat untuk Dismenore

Konsumsi Air Putih

Anda mendengarnya di mana-mana, tetapi minum air yang cukup dapat memecahkan banyak masalah sendiri. Air dapat mencegah jerawat, menjauhkan diri dari kram, dan terutama dapat membantu anda terhindar dari kembung. Jika anda mendapatkan cukup air, tubuh anda tidak akan mempertahankan cairan, dan akan menjaga anda agar tetap nyaman.

Perbanyak asupan Kalsium

Mendapatkan beberapa kalsium dalam makan sehat anda, dapat menjadi bantuan besar dalam mengatasi kram. Namun, anda tidak di perbolehkan untuk mendapatkan kalsium anda dari produk susu, karena kalsium yang terdapat pada susu benar-benar dapat memicu kram. Sumber lain kalsium termasuk almon, biji wijen, dan sayuran berdaun hijau.

Minum Teh

Anda harus menghindari kafein selama menstruasi anda berlangsung, karena dapat membuat anda cemas dan menahan air, sehingga  anda bisa menggantinya dengan teh. Berbagai jenis teh dapat membantu dengan gejala yang berbeda. Misalnya, teh hijau dapat membantu dengan kram, sedangkan teh hangat biasa hanya dapat menenangkan sakit perut.

Gunakan Jahe

Dalam pengobatan tradisional Cina, jahe telah banyak digunakan sebagai obat untuk kram menstruasi, jahe segar, yang dikatakan bentuk jahe yang bagus itu adalah ciri dari jahe yang baik untuk mengatasi kram menstruasi anda.

Nikmati Bayam

Anda bisa mengkonsumsi bayam ketika sedang mengalami kram menstruasi, karena gizi bayam membuatnya menjadi makanan kesehatan yang sangat baik dan sayur penting bagi perempuan yang menderita menstruasi yang menyakitkan. Ini memberikan banyak nutrisi yang telah terbukti untuk melawan kram menstruasi, termasuk vitamin E, vitamin B6, dan magnesium.

Makan Peterseli

Peterseli juga dapat digunakan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan, termasuk kram menstruasi. Peterseli ini memiliki kandungan apiol, yaitu senyawa yang telah terbukti sangat efektif untuk merangsang proses menstruasi dan menghilangkan kram menstruasi.

Berikut adalah informasi mengenai bagaimana menghilangkan dismenore saat menstruasi semoga bisa bermanfaat untuk pembaca dan bisa menjadi salah satu cara alternatif untuk menghilangkan kram pada saat anda sedang mengalami menstruasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *