Mengobati penyakit gondok dengan bahan tradisional

Penyakit gondok atau gondongan adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang kelenjar ludah yang memproduksi air liur sehingga mengalami pembengkakan, penyakit ini termasuk salah satu penyakit yang menular. Terdapat tiga set kelenjar ludah pada manusia diantaranya di bagian sisi wajah, di belakang telinga dan di bawah telinga. Dan gejala yang khas dari penyakit gondok ini adalah pembengkakan di bagian kelenjar.

Gejala penyakit gondok

Gejala pada penyakit gondok atau gondongan ini biasanya muncul dalam waktu dua minggu setelah anda terinfeksi oleh virus.

  • Flu
  • Mudah merasa lelah
  • Sakit kepala
  • Pegal-pegal
  • Kehilangan selera makan
  • Mulut kering
  • Mengalami nyeri pada bagian rahang belakang saat mengunyah

Demam tinggi pada penyakit gondok ini biasanya juga sering terjadi, dan di ikuti dengan pembengkakan di bagian rahang selama beberapa hari, dan lama kelamaan satu persatu kelenjar membengkak. Perlu di ketahui bahwa pembengkakan yang terjadi pada penyakit gondongan ini tidak sekaligus membengkak. Ada sebagian orang yang memang tidak menunjukkan gejala saat mengalami penyakit gondok ini, namun kebanyakan orang sering mengalami gejala.

Penyebab penyakit gondok

Penyakit gondok ini terjadi karena di sebabkan oleh virus Paramyxovirus, dan virus ini bisa menular, penyakit gondok juga bisa menyebabkan penyakit miningitis, gangguan pendengaran yang permanen selama lima hari karena terjadi kerusakan di koklea di bagian telinga, dan ini adalah suatu kondisi yang sangat fatal jika tidak segera di obati. Dan berikut adalah bagaimana cara infeksi virus dari penyakit gondok ini menular :

  1. Melalui batuk dan bersin-bersin
  2. Melalui peralatan makan yang digunakan secara bersamaan dengan orang yang terinfeksi
  3. Berbagi makanan dan minuman dengan orang yang terinfeksi
  4. Melalui berciuman atau berhubungan seks dengan orang yang terinfeksi
  5. Ketika si penderita menyentuh hidung atau mulutnya, kemudian dia menempelkan bekas sentuhan nya ke permukaan yang mudah di sentuh oleh orang lain

Gangguan penyakit ini biasanya lebih sering menyerang anak-anak yang berumur 2 sampai 14 tahun, di bandingkan dengan orang dewasa. Dan penularan paling besar biasanya terjadi di sekolah saat anak sedang beraktivitas di luar rumah. Jika penyakit gondok ini terjadi pada orang dewasa biasanya akan menyerang testis, pankreas, prostat, saraf pusat serta payudara dan organ yang lainnya. Dan sebaiknya jika anak mengalami penyakit ini maka disarankan untuk tidak masuk sekolah untuk mencegah terjadi nya penularan pada anak yang lainnya.

Komplikasi penyakit gondok

Umumnya penyakit gondok ini tidak menimbulkan komplikasi namun jika tidak ditangani dengan cepat maka ini akan sangat berbahaya. Karena penyakit gondok yang sebagian besar memengaruhi kelenjar ludah (parotis) juga akan memengaruhi organ lain dari tubuh termasuk sistem reproduksi dan otak. Pada umumnya penyakit gondok ini bisa sembuh selama dua minggu sehingga penyakit ini hanya di fokuskan pada pengurangan gejala dan keluhan yang terjadi.

Mencegah terjadinya penyakit gondok

Yang di sebut pencegahan di sini yaitu suatu tindakan untuk mengurangi dan membasmi penyakit. Mencegah penyakit gondok bisa di lakukan dengan berbagai macam upaya, salah satunya yaitu memperbaiki pola makan dengan mengkonsumsi sayuran, bawang putih, garam beryodium, dandellion, dan buah rambutan.

Sayuran

Kita semua sudah mengetahui manfaat dari sayuran bagi kesehatan tubuh untuk itu sayuran sangat penting sekali untuk di konsumsi, karena di dalam sayuran terdapat kandungan serat, vitamin dan mineral alami yang sangat baik untuk tubuh manusia. Dan bukan hanya mencegah penyakit gondok, sayuran juga dapat mengikat kolesterol jahat yang terdapat dalam tubuh manusia sehingga kolesterol jahat tersebut tidak bisa lagi di serap oleh tubuh.

Bawang putih

Bawang putih yang biasanya menjadi salah satu bumbu dapur juga bisa dijadikan bahan untuk mencegah terjadinya penyakit gondok, karena bawang putih mampu merangsang produksi glutathione yang terdapat dalam tubuh. Dan hal ini sangat penting untuk meningkatkan fungsi kelenjar ludah (tiroid).

 

Dandellion

Daun dandelion ini bisa mengurangi pembengkakan yang terjadi pada penyakit gondok, untuk itu dandelion sangat di sarankan karena bisa mencegah berkembangnya penyakit gondok tersebut. Caranya cukup mudah, anda cukup mengambil 2 sampai 3 kali dalam sehari daun dandelion kemudian membalutkan nya ke bagian kelenjar yang mengalami pembengkakan, biasanya terjadi di belakang telinga.

Buah rambutan

Buah rambutan memiliki zat amfisillin untuk mencegah terjadinya penyakit gondok, untuk itu jangan meremehkan buah yang satu ini, karena selain bentuknya yang unik, buah rambutan juga memiliki dampak yang positif bagi kesehatan tubuh manusia.

Bahan Tradisional untuk Mengobati penyakit gondok

Penyakit gondok bisa di kenali dengan mudah karena rahang dan pipi menjadi bengkak. Dan berikut ini adalah beberapa cara tradisional untuk menyembuhkan penyakit gondok tanpa melakukan operasi, selain itu pengobatan ini juga tidak menimbulkan efek samping bagi tubuh jika di konsumsi dalam jangka waktu panjang.

1. Air beras

Anda bisa menggunakan air beras untuk mengobati penyakit gondok yang anda derita. Caranya sangat mudah, anda cukup mengambil satu cangkir beras kemudian didihkan dengan dua gelas air bersih. Air beras hasil rebusan tersebut sangat berguna dan bermanfaat untuk menyembuhkan gondok karena memiliki nutrisi yang sangat di butuhkan oleh tubuh si penderita.

2. Belimbing Wuluh

Siapa yang tahu kalau belimbing wuluh ini bisa membantu anda menyembuhkan penyakit gondok yang sedang anda alami, dan cara untuk membuat ramuan dari belimbing wuluh ini sangat mudah. Anda cukup mencampurkan belimbing wuluh dengan sedikit kunyit kemudian balutkan pada leher untuk mengurangi pembengkakan.

3. Daun ara suci

Daun ara suci ini mengandung sifat anti virus di dalamnya. Untuk itu, tanaman ini sangat baik untuk mengobati penyakit gondok dan mengurangi pembengkakan pada leher serta melindungi rahang anda. Caranya bersihkan 1 sampai 2 lembar daun ara suci kemudian oleskan minyak ke atas bagian daun tersebut, jika daun ara suci sudah diolesi oleh minyak, anda bisa menempelkan nya pada bagian leher untuk mengurangi bengkak yang terjadi dan lakukan kegiatan ini sebanyak 2 kali dalam sehari untuk hasil yang lebih baik.


Anda juga bisa menggunakan cara yang lebih praktis dengan menggunakan Qnc Jelly Gamat. Mau tahu apa saja khasiatnya? Banyak sekali khasiat yang bisa anda dapatkan, untuk itu sebaiknya anda segera mengetahui informasinya. Berbagai jenis penyakit bisa diatasi dengan Qnc Jelly Gamat.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *