Mengobati penyakit Myoma (uteri fibroid) pada wanita

Penyakit myoma adalah penyakit yang terjadi pada bagian uterus atau di sekitar rahim wanita. Penyakit myoma ini juga bukan tumor ganas dan bukan juga bersifat kanker. Myoma terbentuk dari sel-sel yang tidak lagi membagi dengan benar. Sel-sel ini kemudian mulai berkembang biak secara berlebihan. Sekitar 75% wanita indonesia pernah memiliki penyakit myoma tersebut dan rata-rata dari penyakit myoma tidak menimbulkan gejala. Meski menimbulkan gejala, kemungkinan beberapa gejala berikut ini yang akan muncul.

Gejala Penyakit Myoma

Penyakit myoma juga merupakan gangguan yang terdapat pada sistem reproduksi wanita yang sangat berbahaya dan memang tidak terdeteksi secara langsung karena awal dari penyakit ini tidak menimbulkan gejala, tetapi untuk pasangan yang baru menikah sangat di sarankan untuk memastikan adanya penyakit myoma atau tidak dengan cara USG. Dan berikut beberapa gejala yang mungkin terjadi .

  • Gangguan menstruasi. Gangguan pada saat menstruasi ini bisa terjadi karena di sebabkan oleh┬ánodul pada dinding rahim, gangguan mekanisme hemostatik.
  • Sulit mendapatkan kehamilan, akibat dari adanya penekanan di saluran indung telur.
  • Pembuluh darah vena mengalami pelebaran di dalam panggul, serta gangguan sakit ginjal akibat adanya pembengkakan dari penyakit myoma tersebut.
  • Pendarahan berat selama periode menstruasi (menorrhagia).
  • Menstruasi lebih lama dari periode menstruasi yang normal.
  • Nyeri selama hubungan seksual.

Ketika myoma menempatkan tekanan pada panggul, fungsi kantung kemih akan terganggu dan urgensi kemih dapat terjadi. Dan jika myoma menempatkan tekanan pada rektum, maka dapat mengakibatkan sembelit. Pertumbuhan myoma yang terjadi di punggung bawah akan menyebabkan nyeri punggung.

Penyebab munculnya Penyakit Myoma

Para ahli belum mengetahui kenapa bisa terjadi fibroid berkembang, namun beberapa faktor di bawah ini dapat memengaruhi pembentukan fibroid tersebut, diantaranya adalah :

  • Hormon. Estrogen dan progesteron adalah hormon yang di produksi oleh indung telur. Mereka menyebabkan lapisan rahim untuk menumbuhkan selama setiap siklus menstruasi dan dapat merangsang pertumbuhan fibroid.
  • Faktor genetika. Fibroid dapat berkembang alam keluarga. Jika ibu anda, adik, atau nenek memiliki sejarah kondisi ini, anda juga mungkin bisa mengembangkannya.
  • Kehamilan. Kehamilan meningkatkan produksi estrogen dan progesteron dalam tubuh Anda. Fibroid dapat tumbuh dan berkembang pesat saat Anda sedang hamil.

Hal yang perlu anda ketahui adalah penyakit myoma ini memiliki tiga jenis fibroid berdasarkan letaknya, dan ketiga fibroid tersebut adalah :

  • Fibroid intramural. Ini adalah jenis fibroid yang tumbuh di bagian jaringan otot rahim dan jenis fibroid ini adalah jenis yang paling umum dimana penyakit myoma tersebut timbul.
  • Fibroid subserous. Jenis fibroid yang kedua ini adalah fibroid yang tumbuh di dinding rahim dan biasanya fibroid ini selalu berkembang dan tumbuh lebih besar dari bentuk semula.
  • Fibroid submucous. Yang terakhir ini adalah fibroid yang tumbuh di lapisan otot bagian dalam dinding rahim.

Cara Mengobati Penyakit Myoma

1. Minyak jarak

Menerapkan paket minyak jarak di perut membantu merangsang limfatik dan sistem peredaran darah, dan meningkatkan limfosit (sel pelawan penyakit) untuk menghilangkan racun penyebab penyakit dari tubuh. Minyak jarak juga mengandung asam risinoleat dengan sifat anti-inflamasi. Obat berikut ini dapat membantu mengecilkan fibroid dan juga membantu dalam menghilangkan rasa sakit.

2. Chasteberry

Chasteberry, juga dikenal sebagai Vitex agnus-castus, Ini adalah solusi herbal yang sangat baik untuk menjaga keseimbangan hormonal, tingkat estrogen yang lebih rendah dan mengurangi peradangan. Hanya mengambil 25 sampai 30 tetes Chasteberry dua sampai empat kali sehari.

3.Susu thistle

Obat herbal ini membantu metabolisme dan menyingkirkan kelebihan estrogen. Estrogen adalah hormon reproduksi yang merangsang sel-sel untuk melepaskan faktor pertumbuhan, yang pada gilirannya memberikan kontribusi untuk pertumbuhan fibroid.

4. Teh hijau

Studi menunjukkan bahwa teh hijau mengandung senyawa yang disebut epigallocatechin gallate yang dapat menghambat pertumbuhan sel fibroid. Epigallocatechin gallate juga menawarkan anti-inflamasi, antiproliferatif dan efek antioksidan. Para peneliti telah menemukan bahwa selain mengurangi ukuran fibroid, teh hijau dapat mengurangi keparahan gejala fibroid. Minum dua atau tiga cangkir teh hijau atau mengambil 400 mg kapsul teh hijau setiap hari selama beberapa bulan.

5. Susu

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology pada tahun 2009, para peneliti di Boston University School of Medicine menemukan bahwa perempuan kulit hitam yang mengkonsumsi empat porsi atau lebih susu setiap hari memiliki 30 persen mengurangi kejadian fibroid rahim dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi kurang dari satu porsi sehari. para peneliti percaya bahwa kalsium dalam susu dapat membantu mengurangi proliferasi sel pada fibroid.

6. Cuka sari apel

Cuka sari apel dapat membantu dalam mengurangi gejala fibroid selain itu juga bisa di jadikan sebagai salah satu cara alami untuk mengatasi penyakit lipoma karena membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan mempromosikan kehilangan lemak. Meskipun tidak terbukti secara ilmiah, diyakini untuk membantu mengecilkan tumor fibroid juga. Tambahkan satu sendok teh cuka sari apel untuk segelas air. Anda juga dapat menambahkan satu sendok makan sirup gula molasses atau pemanis alami. Minum setiap hari secara teratur.

7. Buah-buahan dan sayur-sayuran

Sebuah sumber alami dari serat berasal dari buah-buahan dan sayuran. Selain serat, buah-buahan dan sayuran juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang dapat menyembuhkan tubuh dan membantu mencegah dari berbagai penyakit.

Hal ini penting untuk dicatat karena penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang tidak mengkonsumsi sayur dan buah dapat menimbulkan risiko mengembangkan fibroid rahim tetapi jika anda mengkonsumsi buah dan sayur, maka tubuh dan kesehatan anda akan sangat baik.

Di tambah lagi jika anda membuat biji-bijian seperti gandum, beras merah, gandum dan lain-lain. Juga makan kacang, kacang-kacangan, biji-bijian dan banyak sayuran hijau. Makan makanan tinggi serat membantu mengurangi estrogen, yang pada gilirannya membantu mengecilkan fibroid. Makanan berserat tinggi juga diyakini dapat melindungi wanita dari mengembangkan fibroid.


Terlepas dari cara-cara pengobatan alami ini anda bisa konsultasi dengan dokter untuk diagnosis yang tepat, terutama jika anda mengalami gejala yang terlalu berat atau menyakitkan seperti perdarahan, nyeri panggul yang terus-menerus, nyeri selama hubungan seksual, atau rahim dan perut yang membesar.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *