Meningkatkan ketajaman dan kesehatan mata

Seperti yang kita tahu bahwa mata adalah salah satu organ tubuh manusia yang sangat berperan penting sebagai penglihatan manusia. Tanpa adanya mata kita tidak dapat melihat apa yang ada di sekitar kita, banyak penyakit yang mungkin bisa saja mengancam kesehatan mata kita.

Apalagi di zaman sekarang ini lingkungan sudah tidak lagi sejuk karena tercampur dengan polusi udara yang kotor, sangat sulit sekali saat sekarang ini menemukan lingkungan yang terbebas dari polusi udara dan asap rokok. Untuk tetap menjaga dan meningkatkan ketajaman mata, anda bisa mencoba beberapa hal di bawah ini.

Cara meningkatkan ketajaman mata

Sering mengedipkan mata

Cara ini adalah cara yang sangat sederhana untuk tetap menjaga ketajaman mata anda, biasanya pengguna komputer cenderung sangat kurang mengedipkan mata mereka, mereka terlalu fokus dengan pekerjaan yang sedang mereka kerjakan, padahal sebenarnya mengedipkan mata secara rutin dapat meminimalkan terjadinya kerusakan pada mata. Pengguna komputer sangat di anjurkan untuk mengedipkan mata mereka selama 3 menit sekali untuk tetap menjaga ketajaman mata mereka.

Menghangatkan mata

Menghangatkan mata menggunakan tangan juga bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata agar tetap segar, anda bisa melakukannya selama 5 menit sekali, caranya gosok kan kedua telapak tangan anda kemudian telapak tangan tersebut bisa anda tempatkan di mata anda, ulang selama beberapa kali.

Mencuci mata

Jika anda merasa mata anda lelah dan dalam suatu kondisi yang sangat tegang, anda di sarankan untuk mencuci mata anda, hal ini dapat membantu mata anda terhindar dari stres yang berlebihan pada mata. Jadikan hal ini menjadi kebiasaan sehari hari anda.

Waktu yang cukup untuk mata

Anda bisa memberikan waktu untuk mata agar bisa beristirahat, karena dengan cara mengistirahatkan mata dapat membantu anda untuk tetap menjaga kesehatan mata. Seperti waktu tidur yang cukup, karena dengan cara tertidur mata bisa sepenuhnya beristirahat dan memulihkan kembali.

Menatap dari kejauhan

Jika anda sudah terkena rabun jauh akibat dari radiasi yang di timbulkan oleh komputer, anda bisa melakukan cara ini, misalnya anda menatap suatu benda dari jarak yang jauh selama 5 menit tapi anda juga harus tetap fokus pada benda tersebut. Cara ini bisa membantu meningkatkan fokus anda pada benda yang berjarak jauh.

Makanan sehat untuk mata

Selain anda bisa menjaga mata dengan beberapa cara di atas, anda juga harus menjaga kesehatan mata anda dengan makanan yang baik untuk kesehatan mata seperti beberapa makanan di bawah ini yang baik untuk meningkatkan kesehatan mata anda.

  • Brokoli

Sayuran hijau yang satu ini sangat baik untuk mata karena vitamin C yang merupakan antioksidan penting untuk pengobatan katarak dan degenerasi makula yang sering terjadi pada mata.

  • Wortel

Anda mungkin pernah mendengar bahwa wortel dan buah-buahan berwarna oranye dan sayuran meningkatkan kesehatan mata dan melindungi visi, dan itu benar: Beta-karoten, tipe vitamin A yang memberikan makanan ini warna oranye mereka, membantu retina dan bagian lain dari mata untuk berfungsi dengan lancar.

  • Telur

Kuning telur merupakan sumber utama lutein dan zeaxanthin-plus seng, yang juga membantu mengurangi risiko degenerasi makula anda, menurut Paul Dougherty, MD, direktur medis dari Dougherty Laser Vision di Los Angeles.

  • Jeruk Lada

     

Menurut salah satu studi 1998 di British Journal of Ophthalmology  jeruk lada memiliki jumlah tertinggi zeaxanthin dari 33 buah-buahan dan sayuran.6 Zeaxanthin tidak dapat dibuat oleh tubuh Anda, sehingga Anda harus mendapatkannya dari diet Anda.

  • Ikan salmon

Kaya omega-3, omega-3 lemak DHA terkonsentrasi di retina mata anda. Ini menyediakan dukungan struktural untuk membran sel yang meningkatkan kesehatan mata dan melindungi fungsi retina, dan penelitian menunjukkan makan lebih banyak makanan kaya lemak ini dapat memperlambat degenerasi makula.

  • Kismis Hitam

Kismis hitam mengandung beberapa tingkat tertinggi anthocyanin yang ditemukan di alam, sekitar 190 sampai 270 miligram per 100 gram yang jauh lebih daripada yang ditemukan dalam bahkan bilberry. Mereka juga kaya asam lemak esensial, memberikan dukungan ditambahkan ke sifat anti inflamasi.

  • Kacang kacangan

Kacang-kacangan dari semua jenis, termasuk kacang polong, kacang merah, kacang lima, dan kacang tanah mengandung seng, jejak mineral penting yang ditemukan dalam konsentrasi tinggi di mata. Zinc dapat membantu melindungi mata Anda dari efek merusak dari sinar. Makanan lain yang tinggi seng termasuk tiram, daging merah tanpa lemak, unggas dan sereal.

Faktor rusaknya ketajaman mata

Sebenarnya banyak faktor yang dapat mempengaruhi rusaknya ketajaman mata, salah satu diantaranya adalah rokok, rokok termasuk satu dari sekian banyak faktor penting yang bisa merusak mata, karena rokok dapat mempengaruhi pusat retina, yang bertanggung jawab untuk tajam, penglihatan sentral diperlukan untuk tugas-tugas sehari-hari seperti membaca dan mengemudi.

Degenerasi makula menyebabkan “blind spot” dan sering sangat mengganggu penglihatan sentral. Rokok juga bisa menyebabkan mata menjadi kering, sindrom mata yang kering menggambarkan air mata tidak cukup di permukaan mata, yang dibutuhkan untuk menjaga mata dilumasi dan sehat. Penderita mata kering dapat mengalami kemerahan pada mata, gatal pada mata , sensasi “benda asing” dan bahkan mata berair.

Dampak rusaknya ketajaman mata

Rusaknya ketajaman mata manusia bisa menyebabkan terjadinya uveitis anterior yaitu peradangan lapisan tengah mata. Lapisan ini termasuk iris (bagian berwarna dari mata) dan jaringan yang berdekatan, yang dikenal sebagai badan siliaris. Jika tidak diobati, dapat menyebabkan kerusakan permanen dan kehilangan visi dari pengembangan glaukoma, katarak atau edema retina.

Uveitis anterior biasanya merespon dengan baik terhadap pengobatan; Namun, kondisi ini cenderung kambuh. Pengobatan biasanya meliputi tetes mata resep, yang melebarkan pupil, dalam kombinasi dengan obat anti-inflamasi. Pengobatan biasanya memakan waktu beberapa hari atau, dalam beberapa kasus, beberapa minggu.

Uveitis anterior berasal dari trauma pada mata, seperti dipukul atau memiliki benda asing di mata. Hal ini juga dapat menjadi komplikasi dari penyakit mata lainnya, atau dapat dikaitkan dengan masalah kesehatan umum seperti rheumatoid arthritis, rubella dan gondok. Untuk itu tetaplah jaga mata kita dengan baik dan jangan lupa juga konsumsi Walatra Mata Sehat karena mata sangat berperan penting dalam keseharian kita. Terima kasih – TokoacepInfo

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *